Logo Daihatsu
Menu

Jenis-jenis Alarm pada Mobil

Otomotif

2021-02-19

alarm mobil

Di kota-kota besar, pencurian atau pembobolan mobil sudah bukan hal yang asing lagi, Sahabat. Banyak orang yang ingin mencuri mobil, merampas piranti-piranti seperti kaca spion, atau menuri barang-barang di dalam mobil. Oleh karena itu, alarm adalah salah satu penunjang keamanan pada mobil yang bisa mencegah atau menangkap orang-orang jahat tersebut.

Seperti pada umumnya, alarm bakal berbunyi nyaring kalau ada hal-hal yang mencurigakan, yang dideteksi oleh mobil. Alarm bisa membaca guncangan, sinyal, bahkan sensor yang kiranya mencurigakan, lho.

Beberapa produsen mobil sekarang sudah memasang alarm satu paket dengan produk. Hal ini dinamakan alarm khusus karena alarm tersebut memiliki merk yang sama dengan mobil. Namun, ada juga beberapa pengemudi yang harus membeli/memasang sendiri alarm pada mobilnya. Bedasarkan jenis produksinya, alarm ini disebut alarm universal, yakni alarm yang bisa dipasang pada setiap mobil.

Jenis-jenis Alarm Mobil 

Berdasarkan cara kerjanya, alarm mempunyai banyak jenis. Yuk kita lihat beberapa cara kerja alarm mobil kamu.

Auto Lock / Unlock

Jenis ini bekerja sesuai dengan sensor mesin. Saat Sahabat berada di dalam mobil, pintu akan mengunci dengan otomatis setelah mesin dihidupkan. Pintu juga akan terbuka kembali ketika mesin telah dimatikan.

Remote Controlled Sensor Bypass

Nah, alarm ini adalah hasil pengembangan Auto Lock / Unlock. Sahabat bisa mengatur sendiri kapan pintu mobil harus dikunci atau dibuka dengan remote.

Anti Scan / Anti Grab Prevention / Anti Code Grabbing

Biasanya pencuri mobil akan memindai kode keamanan mobil, membajak, dan mengubahnya sehingga dia bisa membobol sistem keamanan mobil. Dengan Anti Scan ini, sistem keamanan akan mencegah pencuri untuk membajak nomor kode atau frekuensi.

Two Stage Shock Sensor / Dual Zone Shock Sensor

Jenis ini adalah alarm yang responsif terhadap guncangan. Alarm akan bunyi jika ada guncangan pertama. Apabila guncangan pertama diabaikan dan guncangan/gesekan terus terjadi, alarm akan berbunyi lebih nyaring lagi.

Automatic Disable Sensor / Starter Disable Output

Alarm ini adalah zirah terakhir pada mobil. Ketika pencuri nekat menyalakan mesin mobil dengan paksa, relay auto starter akan memutus aliran listrik pada pengapian mobil sehingga mobil tidak bisa dibawa lari.

LED System Status Indicator

Alarm ini akan memberikan laporan kepada pengemudi dalam bentuk kode yang berkedip. Kode bisa berkedip sebanyak satu kali, dua kali, dan seterusnya. Setiap kedipan mengartikan tingkatan gangguan yang dialami oleh mobil.

GPS Car Alarm

Nah, GPS Car Alarm adalah jenis alarm yang terakhir yang dapat dibilang sangat mutakhir alias canggih. Alarm ini tidak akan berbunyi ketika seorang pencuri membobol mobil. Ketika mobil dibawa kabur, Sahabat bisa melacak lokasi keberadaan mobil.

Setelah membaca jenis-jenis alarm mobil, Sahabat mungkin jadi bingung alarm mana yang ingin kamu gunakan pada mobil. Setiap alarm punya kelebihannya masing-masing, maka dari itu, sebaiknya Sahabat mengombinasikan beberapa alarm agar mobil tetap aman.

Misalnya, Sahabat menggunakan alarm Two Stage Shock Sensor dan Automatic Disable Sensor. Keduanya cukup untuk melindungi kamu dari pencuri yang ingin merampas harta di dalam mobil atau pencuri yang ingin membawa kabur mobil.

Jangan remehkan sistem keamanan pada mobil kamu, Sahabat. Alarm, punya banyak kegunaan. Meskipun masih banyak juga kekurangan dan makin bertambah pintarnya para pencuri, Sahabat bisa konsultasi sama orang-orang/teknisi yang lebih ahli di bengkel. Intinya, tingkatkan sistem pengamanan pada mobil, salah satunya dengan menggunakan alarm!

Baca juga : Daftar Merk Alarm Mobil Rekomendasi Terbaik 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

3 Fungsi Kampas Ganda Mobil, Cara Kerja & Tips Perawatannya

2023-04-10

Fungsi kampas ganda mobil terbilang cukup penting terhadap manuver mobil. Oleh karena itu, perlu dirawat secara rutin dan berkala. Berikut akan dijelaskan mengenai f

thumbnail

Penyebab Mesin Mobil Mati Saat Hujan dan Cara Mengatasinya

2024-02-22

Mengetahui penyebab mesin mobil mati saat hujan beserta cara mengatasinya merupakan hal yang perlu. Terutama di saat musim hujan seperti saat ini. Lantas apa saja pe

thumbnail

Field Coil Pada Mobil: Fungsi, Cara Kerjanya & Komponennya

2023-03-20

Fungsi field coil sangatlah penting karena komponen ini berperan besar terhadap proses menyalakan mesin. Field coil juga memiliki cara kerjanya sendiri agar mesin mo

thumbnail

Mandalika Racing Team Indonesia Siap Bikin Industri Otomotif Maju

2020-11-03

Sambut kemeriahan MotoGP 2021, Indonesia tak mau jadi penonton di rumah sendiri. Untuk itu dibentuk Mandalika Racing Team Indonesia yang merupakan tim balap asal Indonesia yang siap unjuk gigi di k