Logo Daihatsu
Menu

Kebut-kebutan di Jalan? Hati-hati! 5 Komponen Ini Akan Rusak

Otomotif

2021-02-18

mobil kebut

Pernahkah Sahabat mengendarai mobilmu dengan kecepatan tinggi? Atau justru kamu menyukai hal yang demikian alias suka kebut-kebutan di jalan? Apapun alasannya, kebut-kebutan di jalan akan berdampak buruk, bagi keselamatan nyawamu dalam berkendara. Tidak hanya itu, komponen mobilmu juga akan terkena dampaknya.

Sahabat perlu tahu, komponen apa saja yang terancam rusak akibat kebut-kebutan. Simak, ya, Sahabat. Supaya kamu berpikir dua kali kalau mau kebut-kebutan.

Ball joint

Ball joint adalah komponen pada kaki mobil yang berfungsi untuk menghubungkan arm (sayap) dengan knuckle roda. Meskipun letaknya menempel langsung pada sayap, namun ball joint tidak dipasang menggunakan baut. Ball joint juga berfungsi sebagai sumbu roda saat berbelok ke kanan dan ke kiri. Nah, nggak heran kan Sahabat jika ball joint akan menjadi cepat rusak, terutama jika kamu mengendarai mobil dengan kebut-kebutan.

Salah satu gejala rusaknya ball joint adalah munculnya bunyi-bunyi menganggu di bagian bawah mobil. Untuk mengeceknya pun cukup mudah. Dongkraklah roda depan lalu goyangkan roda ke atas dan ke bawah dengan posisi yang agak menyerong. Rasakan apakah ball joint-nya masih menempel utuh, jika tidak maka itu pertanda bahwa ball joint pada mobilmu rusak.

Tie Rod

Tie rod merupakan salah satu komponen yang penting pada mobil. Tie rod berfungsi untuk menghubungkan roda dengan rack end stir. Masing-masing roda depan memiliki satu tie rod, namun ada beberapa tipe mobil yang menggunakan dua buah tie rod dalam satu roda.

Gejala rusaknya tie rod akan dapat mudah dirasakan pada pergerakan stir mobilmu. Hal tersebut ditandai dengan stir mobil yang sulit dikendalikan atau tidak stabil bahkan oleng.

Gejala lainnya yang bisa kamu rasakan yang menjadi penanda rusaknya tie rod adalah stir yang akan terasa bergetar dan menimbulkan bunyi saat sedang berbelok.

Untuk memastikan rusak atau tidaknya tie rod pada mobilmu, kamu harus mendongkrak roda depan, lalu menggoyangkannya ke kanan dan ke kiri. Jika terdengar bunyi aneh, maka bisa dipastikan bahwa tie rod mobilmu rusak.

Rack end

Rack end merupakan komponen pada kaki mobil yang berpotensi mengalami kerusakan lebih cepat dibanding dengan komponen lainnya. rack end berfungsi untuk mengatur tingkat kelurusan roda saat mobil berjalan lurus. Bila rack end pada mobilmu mengalami gangguan, sudah bisa dipastikan mobilmu akan mengalami ketidakseimbangan. Beberapa hal yang menyebabkan rack end menjadi mudah rusak, di antaranya berkendara dengan kecepatan tinggi, sering melewati jalanan berlubang, dan kurangnya perawatan secara berkala.

Koil

Koil berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik pada mobil. Saat kamu kebut-kebutan sama saja kamu berkendara dengan kecepatan tinggi alias kecepatan yang tidak diperhitungkan. Kecepatan yang tidak diperhitungkan akan menganggu proses perapian dan rusaknya koil sebagai pembangkit tenaga listrik.

Karburator

Karburator berfungsi sebagai mekanis manual yang memasok bensin ke silinder. Tentu, karburator juga memiliki peran penting dalam mengatur laju mobil. Apabila setelan idle katup terlalu tinggi, katup karburator tidak dapat menutup secara sempurna. Hal tersebut menyebabkan supply bahan bakar ke silinder terlalu banyak dan berpotensi menyebabkan mobil kamu mogok.

Nah itulah 5 komponen mobil yang terancam rusak jika kamu kebut-kebutan. Selain membahayakan diri sendiri, kebut-kebutan di jalan juga membahayakan kondisi dompet, loh, Sahabat. Perfoma mobil yang baik akan membuat aktivitas berkendaramu menjadi lebih nyaman dan aman. Salah satu menjaga perfoma mobil adalah kehati-hatian dalam berkendara, yaitu dengan tidak kebut-kebutan.

Jadi, berkendaralah dengan aman, patuhi lalu lintas, dan utamakan keselamatan, ya, Sahabat. Sayangi nyawamu dan juga isi dompetmu.

Baca juga : Cara Kerja Karburator Mobil 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail
New

Cara Memperbaiki Electric Power Steering yang Berat

2021-02-18

EPS (Electric Power Steering) merupakan suatu sistem yang didesain khusus untuk menggantikan hidrolik power steering. Kedua sistem tersebut terlihat serupa

thumbnail
New

5 Komponen Sistem Bahan Bakar Pada Mobil serta Fungsinya

2021-02-18

Seiring perkembangan teknologi, komponen kendaraan terus diperbarui demi meningkatkan performanya. Baik mobil yang menerapkan sistem EFI maupun karburator, kedua sama-sama memiliki komponen sistem

thumbnail
New

Tips Merawat Aki Mobil Agar Awet

2021-02-18

Salah satu komponen terpenting pada mobil adalah aki, fungsi utama dari aki yaitu untuk menyuplai daya listrik kepada komponen-komponen mobil lainnya. Agar aki tidak mud

thumbnail
New

Bagi yang Belum Tahu, Ini Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa

2021-02-18

Seringkali orang-orang sulit membedakan ban tubeless dan biasa. Hal ini wajar karena kedua ban tersebut terlihat sama bila dilihat dari kejauhan. Pada artikel ini, kami