Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Tips Memeriksa Mobil Sebelum Liburan
02 Oktober 2018
periksa mobil

Dalam hidup, tentunya Sahabat pernah merasakan penat atau jenuh. Rutinitas sehari-hari dan tumpukan deadline bisa membuat Sahabat jadi stres, lho. Kita membutuhkan rehat atau refreshing sejenak supaya produktivitas tetap terjaga. Oleh karena itu, setiap orang membutuhkan liburan.

Liburan adalah momen yang selalu ditunggu-tunggu. Sahabat bisa pergi ke suatu tempat dengan keluarga, teman-teman, atau kekasih tersayang. Melalui liburan, pikiran dapat segar kembali.

Persiapan yang Harus Diperhatikan Pada Mobil Sebelum Liburan 

Supaya liburan bisa berjalan lancar, Sahabat perlu melakukan persiapan. Persiapan dapat dimulai lewat barang-barang yang akan dibawa, pendaftaran tempat-tempat yang bakal dikunjungi, dan yang terpenting adalah pengecekan kendaraan sebelum berangkat.

Pastinya, Sahabat pasti tidak mau ada hal-hal yang mengganggu di tengah perjalanan. Oleh karena itu, kita harus memeriksa keadaan mobil sebelum melakukan perjalanan liburan. Apa saja sih yang sebaiknya diperiksa? Yuk simak!

1. Ban

Hal yang paling mudah untuk diperiksa pertama kali adalah kondisi ban. Masalah ban yang kempes karena kekurangan angin atau bocor harus segera diatasi. Tekanan ban yang normal sekitar 30 ? 34 psi. Kalau ban Sahabat bermasalah di tengah jalan, mobil jadi tidak akan berjalan dengan maksimal. Liburan kamu bisa jadi ngaret, lho. Nah, untuk mengatasinya, Sahabat bisa menelepon montir atau pergi ke bengkel kesayangan.

2. Bensin

Sahabat juga perlu memeriksa bensin. Bensin jadi tenaga mobil kamu untuk menempuh perjalanan. Kebayang, ?kan, bagaimana mobil Sahabat tanpa bensin? Liburan bisa-bisa jadi angan belaka! Selain itu, Sahabat pun perlu memeriksa selang dan filter bensin. Selang jangan sampai bocor atau retak. Kemudian, filter bensin juga harus berada dalam kondisi bersih atau tidak tersumbat.

3. Air Radiator dan Reservoir

Sahabat perlu memastikan air radiator berada dalam kondisi yang penuh. Sementara itu, air reservoir juga perlu kamu periksa, tidak harus terlalu penuh, cukup sampai batas level. Sahabat juga dianjurkan untuk memeriksa selang radiator dan reservoir. Jangan sampai ada yang retak, menggelembung, bocor, dan tidak kencang.

4. Oli

Nah, kondisi oli mesin juga faktor penting dalam kendaraan. Kamu harus memastikan oli mesin berada dalam volume yang cukup. Pada stik oli, level oli harus berada di antara tanda L dan F. Bahkan, sebaiknya berada sedikit di bawah tanda F. Jika kurang, Sahabat perlu menambahkannya.

5. Rem

Minyak rem wajib kamu periksa. Mobil yang punya masalah dengan rem sangatlah rawan celaka, Sahabat. Kamu perlu memastikan bahwa rem mobil bekerja dengan baik. Jangan sampai terdapat kebocoran pada selang rem.

6. Aki

Sahabat harus memeriksa baut kutub aki dan membersihkannya dari kotoran. Selanjutnya, air aki juga harus diperiksa. Jangan menambahkan aki dengan air zuur (H2SO4) supaya kualitas aki tetap terjaga.

7. Lampu

Jangan meremehkan lampu, Sahabat! Kalau lampu mobil mati, kamu tidak dapat melihat jalanan waktu malam hari. Terus, kendaraan lainnya juga tidak bisa melihat mobil kamu yang sedang melaju, lho. Sahabat perlu memeriksa seluruh lampu yang ada pada mobil. Mulai dari lampu sen, lampu dekat, lampu jauh, lampu rem, lampu mundur, sampai lampu penerang di dalam mobil.

8. Wiper

Nah, wiper mobil juga perlu kamu periksa. Pastikan kalau wiper berfungsi dengan baik karena alat ini sangat berguna ketika hujan melanda. Kalau tidak ada wiper, pengemudi mobil bakal kesulitan menyetir saat hujan.

9. AC

Salah satu penunjang kenyamanan di dalam mobil adalah air conditioner atau AC. AC bisa membuat kamu dan keluarga tidak pengap di dalam mobil. Sahabat perlu memastikan kipas pendingin dalam kondisi yang bersih, air freon yang cukup, dan saluran freon yang terjaga dengan baik.

Nah, selain hal-hal di atas, yang perlu Sahabat periksa kembali adalah air filter, kualitas audio mobil, stang setir, dan seat belt. Memeriksa mobil sebelum liburan bisa membuat perjalanan Sahabat lebih aman dan nyaman. Tentu saja, dengan kondisi mobil yang prima, liburan Sahabat akan terlaksana dengan lancar!

Baca juga : 7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Solo Traveling 

Tips Sahabat Lainnya
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku