Logo Daihatsu
Menu

AC Mobil Bunyi Mendesis? Ini Penyebabnya & Cara Mengatasinya

Otomotif

2023-05-09

AC Mobil Bunyi Mendesis? Ini Penyebabnya & Cara Mengatasinya

AC mobil bunyi mendesis dapat terjadi secara tiba-tiba. Bahkan permasalahan ini sering membuat banyak pemilik mobil kebingungan. Kondisi tersebut tentunya membuat AC mobil tidak dapat mendinginkan suhu di dalam mobil sama sekali. 

Lantas mengapa hal tersebut bisa terjadi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari perhatikan ulasan berikut ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi AC Mobil Bunyi Mendesis

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan AC mobil mendesis yang perlu diketahui. Berikut penyebab selengkapnya beserta cara mengatasinya.

1. Pemasangan komponen AC yang kurang tepat

Penyebab AC mobil bunyi mendesis, biasanya disebabkan pemasangan komponen AC mobil yang kurang tepat. Hal ini biasanya terjadi karena pemilik mobil melakukan pemasangan AC secara mandiri tanpa memiliki keahlian. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu meminta bantuan teknisi AC yang sudah kompeten di bidangnya.

2. Ada masalah pada bagian magnetic clutch

Penyebab selanjutnya, bisa saja disebabkan oleh magnetic clutch yang bermasalah. Biasanya masalah ini terjadi akibat kualitas magnetic clutch yang kurang baik atau KW, hingga faktor usia pemakaian. Seperti diketahui, magnetic clutch merupakan komponen yang berfungsi menghubungkan bagian mesin dengan kompresor AC. Apabila komponen ini rusak, bisa dipastikan AC tidak dapat mendinginkan suhu kabin mobil dan mendesis.

3. Freon berkurang atau kondisi habis

Kapasitas freon yang sudah mulai berkurang atau habis, juga menjadi salah satu penyebab AC mobil bunyi mendesis. Seperti diketahui freon AC bisa dibilang merupakan sumber energi utama agar AC dapat mendinginkan suhu di dalam mobil. Penggunaan AC yang terus menerus, tentu akan membuat kapasitas freon berkurang bahkan habis. 

Jika freon habis maka komponen AC lainnya akan bekerja lebih keras, sehingga menimbulkan bunyi desis. Selain itu, kondisi ini dapat mempercepat usia keausan komponen AC lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu mengecek kapasitas freon AC secara rutin sehingga Anda dapat mengisi freon tidak sampai dalam kondisi habis.

4. Evaporator kotor

Penyebab selanjutnya, bisa disebabkan oleh kondisi evaporator yang jarang dibersihkan sehingga banyak kotoran dan debu menempel. Kondisi ini dapat mengurangi performa AC sehingga AC terasa kurang dingin dan menyebabkan komponen lainnya seperti thermostat dan kompresor untuk bekerja lebih keras. 

Kondisi ini dapat menyebabkan kecepatan aliran freon semakin meningkat dengan cepat. Hal inilah yang menyebabkan AC mengeluarkan bunyi seperti mendesis. Untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu melakukan pengecekan komponen ini secara rutin. Jika kotor, Anda perlu membersihkan dengan segera.

5. Katup ekspansi mampet

Penyebab selanjutnya, bisa disebabkan oleh katup ekspansi yang mampet. Seperti diketahui di dalam komponen ini terdapat lubang kecil yang berfungsi sebagai tempat keluarnya freon (dalam wujud cair). 

Ketika freon ini melewati lubang pada katup ekspansi, biasanya akan timbul bunyi mendesis. Ketika katup ekspansi kotor maka proses pengeluaran freon akan tersumbat sehingga mempercepat aliran kecepatan freon. Semakin cepat aliran freon mengalir maka bunyi desis tersebut semakin kuat bahkan bunyi tersebut bisa Anda dengarkan di bagian kisi-kisi AC. 

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu mengecek komponen ini secara rutin. Jika kotor, Anda bisa membersihkannya.

6. Puli tensioner bermasalah

Puli tensioner yang bermasalah juga dapat menyebabkan AC mobil mengeluarkan bunyi mendesis. Komponen puli tensioner sendiri akan mudah rusak apabila Anda sering menggunakan AC pada mode full cold. Mengapa bisa begitu? Karena ketika Anda menggunakan mode tersebut, maka membuat puli bekerja lebih keras. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengganti komponen ini dengan yang baru. 

Demikian beberapa penyebab dan mengatasi AC mobil menjadi mendesis. Jika Anda dirasa kurang ahli dalam mengatasinya. Anda perlu menggunakan jasa teknisi AC profesional atau kunjungi bengkel Daihatsu terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Plat P Daerah Mana? Temukan Informasinya di Sini!

2024-01-15

Apakah Anda pernah menemui kendaraan plat P ketika sedang melakukan perjalanan? Lantas dari daerah mana kendaraan dengan plat tersebut berasal? Anda tentu penasaran

thumbnail

3 Cara Cek Tilang Elektronik, Mudah dan Simple!

2023-11-22

Dengan diberlakukannya aturan tilang elektronik di beberapa wilayah Indonesia, kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas menjadi semakin krusial. Pada tahun 2023, kebijakan ini dijadwalkan akan dite

thumbnail

Smart SIM – Cara Daftar, Biaya, Top Up, Kelebihan

2020-10-28

Untuk mendukung kualitas kinerja Korlantas Polri yang lebih baik, diluncurkanlah smart SIM yang merupakan inovasi dari Korlantas Polri. Diharapkan keberadaan SIM pintar