Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Magnet Clutch AC Mobil dan Ciri-Ciri Kerusakannya

Otomotif

2022-12-05

Fungsi Magnet Clutch AC Mobil dan Ciri-ciri Kerusakannya

AC mobil pada dasarnya mempunyai sejumlah komponen yaitu komponen utama serta komponen pendukung. Dari begitu banyaknya komponen pada AC, magnet clutch AC menjadi komponen yang sangat penting. 

Magnet clutch ini dapat dikatakan seperti katrol yang berputar secara terus menerus mengikuti mesin. Bila komponen ini mengalami kerusakan, performa AC akan sangat berpengaruh. Lantas, apa fungsi dan ciri kerusakannya?

Pengertian Magnet Clutch AC

Menjadi bagian dari AC, magnet clutch merupakan komponen yang terdiri dari spull magnet, pulley dan clutch. Bagian pulley nantinya akan berputar secara terus menerus mengikuti putaran mesin yang terhubung dari fan belt. Komponen ini juga sering disebut sebagai pengaktif serta penonaktif kerja kompresor. 

Fungsi Magnet Clutch AC

Magnet clutch berfungsi sebagai penghubung kompresor dengan putaran mesin. Bukan hanya itu, magnet clutch juga berfungsi memutus hubungan kompresor dengan putaran mesin. Fungsi utama dari magnet clutch adalah sebagai pengatur kerja kompresor. 

Komponen ini nantinya akan mengatur kapan waktu yang tepat agar kompresor tetap bekerja walaupun pulley berputar di mesin. Saat kompresor sudah mulai bekerja, tekanan di bagian Freon akan mengalami peningkatan. 

Bila tekanan menjadi semakin tinggi, magnetic akan menghentikan tekanan Freon tersebut. Cara kerja magnet clutch sendiri, adalah ketika mesin mobil bekerja, pulley akan berputar mengikuti putaran mesin dan menghasilkan arus listrik di spull magnet. 

Inilah yang akan menyebabkan kompresor ikut berputar dan Freon akan disalurkan pada AC. Sedangkan saat mesin tidak bekerja, pulley akan berhenti bekerja karena tidak terdapat putaran mesin. Bila tidak terdapat arus listrik pada spull magnet dan kompresor tidak bekerja, fungsi dari komponen ini juga tidak bisa bekerja dengan normal saat terjadi kerusakan. 

Baca Juga : Dampak Negatif Isi Freon AC Mobil Terlalu Banyak

Ciri Kerusakan Magnet Clutch AC

Ada berbagai ciri kerusakan pada komponen magnet clutch ini, seperti:

1. Kinerja AC mobil menurun

Salah satu ciri kerusakan magnet clutch yang paling mencolok adalah kinerja AC menurun. Sehingga, AC hanya mengeluarkan angin dan tidak mengeluarkan hawa dingin. 

2. Muncul bunyi yang berasal dari magnetic kalt

Suara yang muncul oleh kopling magnet bisa terjadi ketika AC menyala dan mati. Saat AC mati, akan keluar bunyi, umumnya hal ini disebabkan karena putaran pulley yang terus menerus bergesekan. 

Baca Juga : Seperti Apa Ciri Kompresor AC Mobil Rusak? Cek Disini!

3. Warna pulley mengalami perubahan

Indikasi lainnya adalah terdapat warna merah atau gosong di bagian pulley. Hal tersebut menunjukkan adanya keausan yang disebabkan karena slip berulang kali. Akibatnya, pinggiran menjadi merah karena panas. 

Anda dapat mengecek serta memastikan kerusakan kopling ini dengan memposisikan kunci kontak serta tombol AC dalam keadaan hidup. Nantinya, magnet clutch akan teraliri listrik yang berasal dari aki mobil. 

Kemudian, Anda dapat mengecek arus listrik. jika pusat kopling tidak tertarik saat dialiri arus listrik, dapat dipastikan magnetic clutch sedang mengalami masalah. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan test pen. 

Test pen ini digunakan untuk memeriksa arus listrik yang nantinya mengalir di kopling magnet. Jika terdapat gaya tapi kopling tidak bekerja, Anda dapat sesegera mungkin memeriksakan mobil ke bengkel terdekat. 

Selain mengenal komponen magnet clutch AC, Anda juga harus mengetahui ciri kerusakannya dengan baik. Ketika terjadi kerusakan, sesegera mungkin bawa mobil ke bengkel resmi Daihatsu. Memiliki teknisi berpengalaman, segala masalah yang terjadi pada mobil Anda dapat diselesaikan dengan baik. Bukan hanya itu, Anda juga dapat melakukan booking service online agar tidak menunggu lama.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Alasan Radiator Mobil Bocor Harus Ganti Baru, Bukan Diperbaiki

2022-05-06

Radiator pada mobil memiliki fungsi yang sangat penting. Apabila radiator mengalami kerusakan, sudah bisa dipastikan kinerja mobil menjadi kurang maksimal. Bahkan jika k

thumbnail

13 Komponen Transmisi Manual Mobil dan Fungsinya

2022-08-18

Ada berbagai macam komponen transmisi manual. Sebenarnya, transmisi merupakan pedal atau tuas yang dimiliki kendaraan. Untuk kendaraan mobil, transmisi terbagi dalam 2 jenis yakni

thumbnail

4 Fungsi Filter Bahan Bakar Mobil dan Cara Membersihkannya

2022-12-15

Filter bahan bakar mobil  merupakan salah satu

thumbnail

5 Faktor Penyebab Mobil Injeksi Tidak Bisa Hidup dan Cara Memperbaikinya

2021-01-06

Mesin mobil dengan tipe injeksi sudah banyak ditemukan di pasaran. Namun sayangnya masih banyak yang cukup awam dengan masalah mesin yang mungkin saja terjadi.