Logo Daihatsu
Menu

Dampak Negatif Isi Freon AC Mobil Terlalu Banyak

Otomotif

2022-06-24

Isi Freon Terlalu Banyak

Freon atau refrigerant adalah komponen yang penting dalam menjaga sistem AC, termasuk pada AC mobil. Akan tetapi isi freon terlalu banyak pada AC justru akan menimbulkan kondisi fatal pada mobil Anda.

Saat pengisian freon, Ada perlu memperhatikan bagaimana tekanannya sehingga perlu teknisi khusus yang ahli di bidangnya agar pengisian freon sesuai dengan standar tipe mobil Anda. Apabila freon terlalu banyak bisa menimbulkan dampak negatif yang tak terduga.

Apa Dampak Negatif Isi Freon Terlalu Banyak di AC Mobil?

Keberadaan AC pada mobil memiliki peran khusus untuk membuat kabin lebih nyaman dan tidak panas, terutama pada siang hari. Jika AC dirasa kurang dingin, Anda perlu mengisi freon AC kembali agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Bukan berarti Anda bisa mengisi AC mobil dengan isi freon terlalu banyak, lho! Hal ini justru akan membuat sistem pendingin pada mobil Anda mengalami permasalahan baru.

Maka berikut adalah dampak negatif isi freon mobil terlalu banyak :

1. Terjadi masalah pada arus listrik

Dampak negatif pertama yang ditimbulkan oleh isis freon terlalu banyak adalah terjadi masalah pada arus listrik.

Hal ini dapat terjadi karena tekanan freon yang terlalu tinggi dan berdampak pada arus listrik yang mengarah pada magnet clutch. Arus listriknya akan langsung terputus saat pipa AC mengalami tekanan yang tinggi.

2. Beban mesin bertambah

Dampak lain yang dapat terjadi adalah beban mesin yang semakin bertambah karena tekanan terlalu tinggi pada AC. Anda akan merasakan bahwa mesin menjadi sangat berat saat  AC mulai dinyalakan.

Hal ini disebabkan oleh kompresor sistem AC yang bekerja keras akibat tekanan yang terlalu tinggi.

3. Suhu tidak dingin

Isi freon terlalu banyak justru tidak akan membuat AC mobil Anda semakin dingin karena hal ini akan membuat suhu menjadi tidak dingin.

Hal ini bisa terjadi karena saat freon keluar dari kondensor seharusnya sudah dalam bentuk kabut, akan tetapi karena isi terlalu banyak, refrigerant yang keluar dari kondensor justru masih tetap dalam wujud gas sehingga AC pun tidak dingin sebagaimana mestinya.

4. Kondensor mudah panas

Dampak negatif dari pengisian freon AC terlalu berlebihan adalah kondensor yang mudah panas karena kinerjanya semakin berat. Apabila kondisi ini dibiarkan, lama-kelamaan dapat menimbulkan kerusakan pada kondensor maupun komponen lainnya.

5. Peningkatan tekanan freon

Isi freon terlalu banyak bisa berakibat buruk pada kondisi AC mobil Anda, sepert terjadinya peningkatan tekanan freon pada sistem AC. Tekanan yang terlalu tinggi inilah yang bisa menyebabkan kerusakan pad sambungan-sambungan komponen mekanis AC mobil, terutama pada sambungan selang dan pipanya.

Hal ini juga berbahaya jika pressure switch AC mobil tidak bekerja. Pressure switch itu sendiri akan mendeteksi setiap tekanan yang dibawa oleh refrigerant sehingga jika tekanan terlalu tinggi, pressure switch akan menghentikan aliran arus listrik yang menuju magnetic clutch.

6. Temperatur freon tinggi

Akibat kelebihan freon pada AC mobil juga berakibat pada naiknya temperatur freon itu sendiri bahkan lebih dari biasanya. Hal ini bisa mengakibatkan freon yang masuk ke dalam kondensor akan lebih panas dari biasanya. AC mobil pun tidak dapat bekerja dengan baik sebagaimana mestinya.

Jadi, mengisi freon terlalu berlebihan pada AC mobil memiliki dampak yang buruk untuk berbagai komponen sistem AC mobil Anda. Meskipun pada sistem AC mobil telah dipasang pressure switch untuk mengontrol tekanan pada sistem AC pada mobil, tentu saja akan berbahaya jika isi freon terlalu banyak.

Baca Juga: Cara Melakukan Perawatan Freon AC Mobil yang Aman dan Praktis!

Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu mengisi freon AC mobil sesuai dengan kapasitas tipe mobil Anda. Jika hal ini dilakukan berulang-ulang justru bisa menyebabkan kerusakan yang nantinya dapat memakan biaya yang lebih besar.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengandalkan teknisi bengkel Daihatsu resmi untuk melakukan pengisian freon pada AC mobil Anda. Dengan pengisian freon yang tepat, sistem AC pun dapat bekerja dengan baik sehingga tidak akan berdampak buruk pada komponen lain.

Dapatkan fasilitas service mobil terbaik hanya di bengkel Daihatsu resmi terdekat di kota Anda! Cek bengkel Daihatsu di kota Anda melalui link ini!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ban Mobil Wajib Diganti Bila Empat Indikator Ini Tampak!

2022-06-24

Ban merupakan komponen mobil yang bersentuhan langsung dengan jalan. Kondisi ban sangat mempengaruhi pengalaman berkendara. Maka jangan sekali-sekali meremehkan fungsi b

thumbnail

Cara Kerja Evaporator AC Mobil & Kenali Penyebab Kebocoran

2022-06-24

Evaporator merupakan sebuah komponen yang bekerja di sistem pendingin AC mobil. Umumnya, evaporator berada di katup ekspansi serta kompresor AC. Lantas, bagaimana cara kerja evaporator ini?P

thumbnail

Komponen Kaki-kaki Mobil Ini yang Wajib Diperhatikan

2022-06-24

Hampir semua orang menganggap bahwa bagian terpenting dari sebuah mobil adalah bagian mesin. Hal itu memang benar, tanpa mesin, mobil tidak akan menyala. Mesin yang seha

thumbnail

Mengapa Sangat Berbahaya Menghidupkan Mesin Mobil dalam Garasi Tertutup

2022-06-24

Berkendara merupakan salah satu aktivitas utama yang dilakukan oleh banyak orang di dunia. Namun, kebiasaan dalam berkendara seperti mengendarai mobil yang dilakukan ole