Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Expansion Valve: Jenis, Cara Kerja dan Komponennya

Otomotif

2022-11-07

Fungsi Expansion Valve: Jenis, Cara Kerja dan Komponennya

Expansion valve adalah salah satu komponen sistem AC mobil. Meski banyak orang sudah mengenali komponen tersebut. Tetapi tidak banyak orang yang memahami fungsi expansion valve tersebut. Di bawah ini akan dijelaskan secara terperinci mengenai fungsi, jenis, dan cara kerja expansion valve. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini!

Fungsi Expansion Valve

Secara umum fungsi expansion valve adalah untuk menyalurkan freon pada AC mobil yang nantinya akan dikeluarkan melalui evaporator. Namun, masih ada fungsi lain yang dimiliki oleh komponen ini. Berikut beberapa fungsi komponen expansion valve, antara lain :

  1. Bertanggung jawab untuk mendinginkan temperatur refrigerant atau freon. Expansion valve dapat menurunkan suhu hingga -30 derajat.
  2. Bertanggung jawab atas banyaknya jumlah freon yang disalurkan menuju evaporator. Banyaknya jumlah freon yang disalurkan tergantung dengan kondisi sensor panas pada sensing tube. Semakin panas bagian sensor, maka semakin banyak freon yang disalurkan.
  3. Bertanggung jawab menurunkan tekanan pada freon. Hal tersebut karena expansion valve membantu proses mengabutkan freon yang berasal dari kompresor. Tujuan mengabutkan freon tersebut agar evaporator dapat menghasilkan udara dingin lebih efektif. 

Baca Juga : Dampak Negatif Isi Freon AC Mobil Terlalu Banyak

Jenis dan Cara Kerja Expansion Valve

Hingga saat ini, expansion valve dibagi menjadi 3 jenis, berikut jenis sekaligus cara kerjanya :

1. Expansion Valve dengan Kontrol Temperatur

Jenis expansion valve ini, memiliki cara kerja menggunakan orifice dalam mengatur freon yang disalurkan.

Freon tersebut akan disalurkan menuju evaporator melalui katup ekspansi. Pada jenis expansion ini, jumlah freon yang mengalir selalu sesuai dengan ukuran orifice.

2. Expansion Valve Tipe Pipa Kapiler

Jenis ini memiliki heat sensing tube yang berfungsi mengukur suhu freon yang dikeluarkan dari evaporator. Berikut cara kerja expansion valve tipe pipa kapiler:

  • Freon atau refrigerant akan dialirkan dari receiver dryer menuju katup ekspansi. Hal tersebut terjadi karena adanya tekanan dari kompresor. Namun freon tersebut tidak dialirkan ke evaporator terlebih dahulu karena kondisi katup masih tertutup.
  • Selanjutnya, freon yang keluar dari evaporator menghasilkan suhu panas. Suhu tersebut nantinya akan dideteksi oleh bagian heat sensing tube.
  • Suhu panas yang dideteksi oleh heat sensing tube akan diteruskan menuju membran katup melalui pipa kapiler. Kondisi membran dalam katup ekspansi akan terus melengkung sesuai dengan tingginya suhu panas.
  • Lengkungan tersebut menyebabkan adanya perlawanan jarum (ball) terhadap pegas.
  • Jarum yang terus terdorong akan membuat bagian katup ekspansi terbuka.

3. Expansion Valve Tipe Box

Jenis ini banyak digunakan pada kendaraan keluaran terbaru seperti saat ini. Cara kerja expansion valve tipe box menggunakan tekanan dan sensor temperatur untuk mengatur jumlah freon. Selanjutnya, freon akan dialirkan menuju evaporator melalui katup ekspansi. 

Komponen-Komponen dalam Expansion Valve

Di dalam expansion valve terdapat komponen-komponen berikut di dalamnya:

  1. Saluran Inlet : Berfungsi sebagai pintu masuk freon dari dryer.
  2. Saluran outlet : Berfungsi sebagai pintu keluar freon dari expansion valve menuju evaporator.
  3. Membran : Berfungsi meneruskan panas yang sudah terdeteksi oleh heat sensing tube, untuk menimbulkan perlawanan antara jarum dengan pegas. Perlawanan tersebut akan membuka katup ekspansi.
  4. Pressure spring : Berfungsi mengembalikan posisi membran agar katup tertutup kembali dengan sempurna apabila expansion valve tidak bekerja dengan baik.
  5. Jarum : Berfungsi melawan pegas agar katup terbuka.
  6. Bodi : Berfungsi sebagai rumah dari katup ekspansi.
  7. Heat Sensing Tube : Berfungsi sebagai sensor panas freon.
  8. Capiler Tube : Berfungsi sebagai penyalur panas heat sensing tube, yang kemudian disalurkan menuju membran.

Demikian ulasan mengenai fungsi expansion valve, beserta jenis dan cara kerjanya. Pastikan Anda selalu memperhatikan kondisi expansion valve, agar AC mobil Anda tidak bermasalah. Apabila dibiarkan terus menerus, kondisi kabin akan terasa panas. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengenal Lebih Dalam Tentang Sistem EFI Pada Mobil

2021-01-06

Perkembangan teknologi di bidang otomotif terbilang cukup pesat dan berhasil meningkatkan performa kendaraan baik dari segi mesin atau komponen lainnya.

thumbnail

Mesin Mobil Bunyi Klotok-Klotok, Ternyata Ini Penyebabnya!

2021-01-04

Mesin mobil bunyi klotok-klotok merupakan satu pertanda kalau ada yang nggak beres pada mesin dan gejala ini tidak bisa dianggap sepele. Kondisi ini sering kali bikin pe

thumbnail

Efek Buruk Ketika Pulley CVT Tergerus

2022-05-27

Gejala ketika pulley CVT tergerus akan terasa adanya lompatan gerak kendaraan yang tidak stabil dan getaran yang tinggi. Hal ini tentu memicu kerja ekstra dari komponen

thumbnail

Mengenal Engine Mounting: Mulai dari Fungsi Sampai Cara Menggantinya

2021-02-05

Salah satu komponen penting yang ada pada mesin mobil adalah engine mounting. Komponen satu ini sangat penting lantaran kemampuannya yang mampu menahan getaran mesin. De