Logo Daihatsu
Menu

Akibat Fatal dari Malas Ganti Minyak Rem Mobil

Otomotif

2021-10-28

ganti minyak rem

Minyak rem adalah salah satu komponen yang paling penting untuk menjamin keamanan kendaraan. Meskipun begitu, pasti masih banyak di antara Anda yang bertanya-tanya, “Kenapa harus ganti minyak rem mobil secara rutin?”. Alasannya ada hubungannya dengan performa pengereman, berikut adalah penjelasan lengkapnya!

Akibat Fatal jika Tidak Ganti Minyak Rem Mobil

Direkomendasikan untuk mengganti rem mobil setiap 2 tahun sekali atau tergantung pada pola pengereman. Misalnya, jika Anda terbiasa berkendara di jalan tol dan jarang melakukan pengereman, maka Anda bisa mengganti rem setiap 2 tahun sekali. 

Tapi jika Anda sering berkendara di jalanan yang lebih padat, Anda mungkin harus mengganti minyak rem lebih cepat dari itu. 

Tahun, pembuatan, dan model kendaraan juga bisa mempengaruhi kapan waktu untuk ganti minyak rem mobil. Anda bisa mengecek buku panduan kendaraan untuk lebih detailnya. 

Minyak rem mobil perlu diganti secara rutin karena jika tidak, akan muncul 3 masalah utama yang bisa mempengaruhi sistem pengereman mobil:

  1. Panas yang timbul dari proses pengereman bisa merusak minyak rem
  2. Seiring berjalannya waktu, berbagai rangkaian selang di sistem pengereman akan mengeluarkan kotoran, partikel kecil karet, atau bahkan partikel besi jika berkarat. Semua ini bisa mengontaminasi minyak rem dan membuatnya tidak bisa berfungsi sempurna
  3. Kelembapan yang diakibatkan oleh proses pengereman bisa membuat rem mobil berkarat dan titik didih minyak rem menurun

Semua masalah ini jika dibiarkan akan mengurangi performa pengereman dan bahkan mengakibatkan rem blong atau gagal berfungsi. Biasanya Anda akan bisa merasakan ketika minyak rem memang sudah waktunya diganti. 

Misalnya karena pedal rem yang terasa berbeda saat diinjak atau karena mobil yang terasa lebih lama dan sulit untuk diberhentikan.

Pada saat mengganti minyak rem, pastikan juga Anda menggunakan jenis rem yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Hindari mencampur jenis minyak rem yang berbeda atau menggantinya tanpa arahan dari teknisi ahli. 

Ini bisa membuat kualitas minyak rem menurun, atau bahkan sistem pengereman mobil Anda yang rusak.

Penggantian minyak rem membutuhkan keahlian dan kehati-hatian ekstra, sehingga sebaiknya dilakukan oleh mekanik yang sudah ahli dan berpengalaman supaya prosesnya lebih cepat dan efektif. 

Gunakan Produk Daihatsu, Yuk!

Saat ganti rem mobil, mekanik biasanya akan menguras minyak rem yang lama, membersihkan sistem pengereman dari kotoran sampai bersih, dan mengecek karat di komponen pengereman. 

Jika Anda terlambat melakukan ganti rem, komponen pengereman mobil Anda mungkin sudah tidak bisa lagi dibersihkan dari karat dan harus diganti. 

Proses yang terakhir adalah memasukkan minyak rem baru ke dalam sistem pengereman Anda. Minyak rem baru ini akan memperbaiki performa pengereman mobil dan melindungi mobil Anda dari segala masalah pengereman yang berbahaya.

Untuk memastikan jenis minyak rem, kapan waktu ganti minyak rem mobil, dan masalah komponen mobil lainnya, sebaiknya Anda mengkonsultasikan dengan dealer resmi mobil Anda. Salah satu dealer resmi Daihatsu yang sudah berpengalaman adalah PT Kharisma Sentosa, Surabaya.

Kami siap membantu proses pembelian mobil Daihatsu Anda, baik secara kredit maupun cash. Kami juga akan membantu mempersiapkan segala proses pemberkasan dan penjelasan spesifikasi mobil sampai tuntas secara mudah, cepat, dan tanpa biaya tambahan. Anda bisa menghubungi kami di sahabatdaihatsu.co.id untuk detail spesifikasi dan harga dari berbagai produk unggulan Daihatsu seperti Sirion, Sigra, Luxio, Gran Max, Ayla, Terios, dan Xenia.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Yuk Simak Cara Memasang Aki Mobil yang Aman

2021-01-14

Cadangan listrik utama pada kendaraan terdapat dalam Aki. Komponen tersebut bekerja untuk memenuhi semua kebutuhan listrik pada mobil. Jika Aki tidak berfungsi secara op

thumbnail

Tips Merawat Pengunci Kap Mesin Mobil

2022-04-28

Bagian kap mesin mobil ternyata juga perlu dirawat dengan baik. Khususnya pada bagian pengunci kap mesin mobil. Jika tidak dirawat dengan baik penguncingnya, maka bisa m

thumbnail

Apa Bedanya Wiper Hybrid dan Wiper Frameless?

2022-04-23

Beda wiper hybrid dan wiper frameless menjadi pembicaraan yang sering dipertanyakan oleh pemilik kendaraan mobil. Mengapa? Karena kedua hal tersebut memiliki kemampuan y

thumbnail

Plat I Daerah Mana? Yuk Simak di Sini Informasinya!

2024-03-03

Mengetahui daerah asal plat nomor kendaraan, seperti plat i dapat menambah wawasan Anda. Apalagi jika Anda berniat membeli kendaraan dengan kode plat tersebut. Denga