Logo Daihatsu
Menu

Alasan Dilakukan Kalibrasi Setelah Membersihkan Throttle Body Mobil

Otomotif

2022-05-22

kalibrasi setelah membersihkan throttle body mobil

Kalibrasi setelah membersihkan throttle body mobil sangat diperlukan dan tidak bisa dilupakan. Proses ini diperlukan supaya performa mesin mobil bisa kembali bekerja lagi dengan sempurna.

Pentingnya Kalibrasi Setelah Membersihkan Bagian Throttle Body Mobil

Bagian throttle body mobil perlu dibersihkan secara rutin supaya kinerjanya bisa selalu maksimal. Beberapa alasan yang mendasarinya adalah karena komposisi udara dan bahan bakar yang lama-kelamaan tidak sempurna lagi atau bagian kupu-kupu yang kotor.

Selain itu, pada bagian dalam throttle body juga rawan terbentuk lapisan karbon akibat uap oli dan bahan bakar yang masuk ke bagian atas mesin dan terkumpul di throttle body yang memiliki suhu lebih rendah.

Lapisan karbon ini bisa mengurangi volume ruang antara throttle bore dan throttle value. Ini bisa membuat aliran udara berkurang dan rasio campuran antara bahan bakar dan udara menjadi lebih tipis. 

Sebenarnya ada sistem otomatis yang bisa merespon kurangnya udara ini dengan membuka bagian throttle valve jadi lebih lebar. Tetapi, jika lapisan karbon yang terbentuk sudah terlalu banyak, maka pembukaan throttle valve juga tidak akan berpengaruh lagi.

Jika kondisi ini dibiarkan terlalu lama, maka putaran idle mesin akan menjadi kasar, tersendat, atau bahkan jadi sering mati. Inilah sebabnya Anda perlu membersihkan bagian throttle mobil secara rutin.

Supaya pembersihannya bisa dilakukan secara lebih menyeluruh, biasanya bagian dari throttle body akan dibuka atau dilepas terlebih dulu sebelum dibersihkan. Proses pembersihannya bisa menggunakan cairan pembersih khusus yang disemprotkan pada kain lap bersih sebelum diusapkan untuk membersihkan bagian throttle body.

Alasan Dilakukan Kalibrasi Setelah Membersihkan Throttle Body Mobil

Seperti yang Anda ketahui, perubahan timing dan fuel bisa berubah-ubah berdasarkan sensor TPS atau IAP-nya. TPS adalah Throttle Position Sensor dan IAP adalah Intake Air Pressure. Proses pembersihan bagian throttle body mobil akan mempengaruhi kedua sensor tersebut. Ini karena untuk pembersihan yang menyeluruh biasanya throttle body akan dibuka sebelum dipasang kembali.

Jika tidak dilakukan kalibrasi ulang setelah throttle mobil dibersihkan, maka timing bukaannya bisa berubah dan menjadi tidak selaras seperti pemakaian ketika sebelum dibersihkan. 

Bacaan sinyal TPS untuk membuka kupu-kupu pun akhirnya bisa berbeda dan berisiko menyebabkan kupu-kupu jadi bergetar atau tergantung. Ini bisa membuat putaran mesin mobil menjadi tidak stabil seperti sebelumnya.

Untuk melakukan kalibrasi bisa menggunakan alat scanner khusus. Caranya adalah dengan menyesuaikan bukaan kupu-kupu dan bukaan pedal gas supaya bisa kembali selaras dan stabil.

Menjaga Performa Throttle Body Dengan Servis Rutin

Mengingat pentingnya peran komponen throttle body dalam kinerja mesin mobil, Anda perlu menjaga performanya supaya tetap prima. Salah satu cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan rajin melakukan servis rutin sesuai jadwal.

Untuk Anda para pengguna Daihatsu, Anda bisa melakukan servis rutin dengan berbagai fasilitas dan pelayanan terbaik hanya di bengkel resmi Daihatsu. Untuk Anda yang sebelumnya sering terlambat servis karena malas atau tidak sempat, sekarang sudah ada fasilitas Booking Service yang bisa menyesuaikan waktu servis dengan waktu luang Anda.

Baca Juga: Mengenal Pengertian dan Fungsi Fungsi Throttle Position Sensor

Layanan Booking Service ini juga bisa sangat menghemat waktu karena Anda jadi tidak perlu mengantri lagi. Ditambah lagi, bengkel resmi Daihatsu juga menawarkan garansi servis dengan kualitas terbaik selama 15 hari kerja atau 1000 km.

Tunggu apalagi, tidak perlu cari bengkel servis yang lain dan langsung saja servis di bengkel resmi Daihatsu. Anda bisa mengunjungi laman Daihatsu untuk informasi lebih lengkapnya.


Tag

Otomotif

Share This