Logo Daihatsu
Menu

Alasan Pedal Rem Harus Diinjak Saat Akan Menjalankan Mobil Matic

Otomotif

2022-05-20

Pedal Rem Harus Diinjak saat Mobil Matic akan Jalan

Mobil matic saat ini banyak diincar sebagai kendaraan yang mampu memberikan sensasi mengemudi yang nyaman dan santai bagi pengemudinya. Tentu saja pada mobil matic tidak ada kopling yang perlu digunakan untuk mulai memasukkan gigi mobil, sehingga berbeda dengan mobil manual.

Sistem perpindahan gigi pada mobil matic pun bisa terjadi secara otomatis menggunakan gearbox sebagai alat bantunya. Akan tetapi ada beberapa orang yang masih mengalami kesalahan dalam mengendarai mobil matic, seperti halnya tidak menginjak pedal rem saat akan menjalankan mobil matic. 

Padahal hal ini bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Maka, berikut adalah alasan pedal rem harus diinjak saat mobil matic akan jalan :

1. Menghindari Kerusakan

Alasan pertama yang perlu Anda perhatikan jika Anda tidak menginjak pedal rem saat menjalankan mobil matic adalah untuk menghindari kerusakan. Mengapa demikian?

Mobil matic memiliki pengoperasian tuas transmisi yang lebih praktis sehingga bisa memberikan kenyamanan saat berkendara. Hal ini bukan berarti tuas transmisi mobil matic bisa asal digeser seperti saat hendak jalan dari posisi diam.

Jika tuas digeser tanpa menginjak pedal rem terlebih dahulu, maka akan terjadi hentakan pada mekanikal girboks. Hal ini disebabkan oleh torque converter dan set clutch yang masih bergerak bebas langsung mendapatkan beban torsi untuk bergerak.

Jadi, jika dari posisi maju ingin mundur, maka aka nada gerak berlawanan terhadap mekanikal girboks jika tidak injak pedal rem sehingga dapat memicu beban stress pada girboks. Jika terus-menerus hal ini bisa menimbulkan kerusakan pada mobil matic Anda.

Untuk itu, Anda perlu menginjak pedal rem terlebih dahulu sebelum menggeser tuas transmisi terutama dari posisi diam ke bergerak maupun gerak yang berlawanan.

2. Menjaga Keselamatan Pengemudi

Saat mengendarai mobil matic, maka menginjak pedal rem sebenarnya merupakan prosedur keselamatan yang harus dijalankan. Tujuannya agar mobil Anda tidak langsung bergerak atau jalan saat masih hidup.

Diinjaknya pedal rem membuat mobil diam Ketika mesin dinyalakan untuk mengantisipasi mobil bergeser secara tiba-tiba saat mesin dinyalakan sehingga bisa memastikan keamanan di pengemudi dan kendaraannya.

3. Menjaga Performa Kendaraan

Alasan pedal rem harus diinjak saat akan menjalankan mobil matic selanjutnya adalah untuk menjaga performa kendaraan Anda.

Untuk memulai mengendarai mobil matic, maka Anda perlu membiasakan untuk menginjak pedal rem terlebih dahulu sebelum memindahkan tuas dari posisi parking ke drive.

Meskipun terlihat remeh, tips ini wajib Anda terapkan untuk mencegah efek buruk pada transmisi mobil di masa mendatang sehingga performa kendaraan Anda tetap dalam kondisi baik.

Dengan terbiasa menginjak rem sebelum pindah ke posisi berjalan, maka performa mobil matic yang Anda kendarai bisa lebih terjaga dan tetap baik dalam jangka waktu yang panjang.

Bagaimana Cara Injak Pedal Rem Mobil Matic yang Tepat?

Bagi pemilik mobil matic, tentu sudah paham jika mobil matic hanya memiliki dua pedal sehingga berbeda dengan mobil manual. Meskipun demikian, bukan berarti Anda bisa menggunakan dua kaki sekaligus untuk mengoperasikan pedalnya. Kebiasaan tersebut ternyata bisa merusak kampas rem hingga berbahaya bagi pengemudi.

Bahkan kebiasaan menggunakan kaki kiri untuk menginjak pedal rem saat menjalankan mobil matic juga termasuk kebiasaan yang kurang baik. Mengapa demikian?

Hal ini karena bisa menimbulkan missed feeling dan berbahaya bagi keselamatan Anda. Menginjak pedal rem dan gas saat bersamaan juga bisa merusak transmisi matic mobil Anda karena kopling dalam kondisi berputar tapi daya geraknya masih ditahan. 

Baca Juga:  Mitos atau Fakta: Rem Blong pada Mobil Matic Lebih Rawan Terjadi? Jangan Panik, Ini Cara Mengatasinya!

Oleh karenanya, pengemudi mobil matic disarankan untuk selalu menggunakan kaki kanan saja untuk menekan pedal gas maupun pedal rem sehingga perlu dilakukan secara bergantian tanpa melibatkan kaki kiri.

Kebiasaan ini biasanya terjadi jika Anda awalnya memiliki mobil manual kemudian beralih ke mobil matic. Hal ini membuat Anda perlu beradaptasi kembali agar mendapatkan feel yang tepat untuk mengendarai mobil matic Anda. 

Temukan mobil impian Anda melalui dealer resmi Daihatsu terdekat di kota Anda sekarang juga! Dapatkan beragam penawaran terbaik lainnya dengan mengunjungi website resmi kami ini!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail
New

Perbedaan Spooring Balancing Serta Biaya Perawatannnya

2022-05-20

Melakukan perawatan pada kendaraan kesayangan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena bila tidak dirawat dengan benar, bisa saja mobil Anda akan cepat me

thumbnail
New

5 Tips Merawat AC Mobil Agar Tidak Mudah Kolaps

2022-05-20

Produk kendaraan roda 4 seperti mobil pastinya dilengkapi dengan unit pendingin atau AC mobil. Terutama untuk merek Daihatsu, mobil yang kami jual pastinya dilengkapi de

thumbnail
New

Manfaat Pasang Peredam di Pintu Mobil Saat Modifikasi Audio

2022-05-20

Peredam audio di dalam mobil memang sangat penting untuk mengurangi kebisingan sehingga suasana kabin menjadi lebih senyap. Dengan adanya peredam audio di pintu mobil, t

thumbnail
New

Peran Penting Ring Piston Mobil hingga Tips Jitu Perawatannya

2022-05-20

Ring piston mobil merupakan salah satu bagian mesin sebagai komponen slow moving. Menjadi salah satu sparepart yang berada di dalam sehingga tidak bisa dil