Logo Daihatsu
Menu

Amankah Mesin Turbo Pakai Oli Biasa?

Otomotif

2022-02-21

Mesin Turbo Pakai Oli Biasa

Saat ini banyak pabrik mobil yang menawarkan kendaraannya dengan mesin turbo. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga yang lebih optimal meskipun kapasitas mesinnya kecil. Akan tetapi sering menjadi pertanyaan, bagaimana jika mesin turbo pakai oli biasa?

Sebenarnya mesin turbo dan tidak turbo sama-sama memiliki cara kerja yang sama, hanya saja sebagian oli mesin disalurkan ke pipa turbo sebagai pelumasan. Akan tetapi bolehkan mesin turbo memakai oli biasa atau non turbo? Dapatkan jawabannya pada penjelasan berikut ini!

Bagaimana Jika Mesin Turbo Pakai Oli Biasa?

Sering menjadi pertanyaan bagi pemilik mobil turbo tentang penggunaan oli mesin pada mobilnya.

Anda tahu bahwa mobil bermesin turbo memiliki teknologi yang lebih canggih sehingga perawatan mesinnya juga memerlukan perhatian khusus seperti halnya oli mesin yang digunakan.

Di pasaran telah tersedia oli mesin biasa maupun oli mesin turbo dengan berbagai merk. Lalu, bolehkan mesin turbo memakai oli biasa?

Jadi, selama viskositas oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan berarti bisa saja Anda memakainya. Oli mesin biasa juga tetap dapat melumasi komponen yang mengalami friksi secara menyeluruh pada mobil turbo Anda.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa oli mesin turbo memiliki ketahanan suhu panas yang lebih tinggi dibandingkan dengan oli mesin biasa sehingga penggunaan oli mesin biasa pada mobil mesin turbo tentu saja memiliki kelemahan.

Akibatnya, oli mesin akan mudah mengalami penguapan, terlebih jika Anda memiliki mobilitas yang padat sehingga harus menggunakan mobil Anda setiap hari. Untuk itu, Anda harus lebih sering memeriksa kondisi oli melalui dipstick mesin.

Jika sudah kotor atau volumenya sudah semakin berkurang, maka Anda harus segera menggantinya meskipun belum waktunya penggantian oli. Sehingga akan lebih aman dan nyaman jika Anda memakai oli mesin turbo untuk mobil turbo Anda sehingga mampu memenuhi kebutuhan mobil Anda dengan optimal.

Cara  Mudah Merawat Mobil Mesin Turbo

Untuk mendapatkan pengalaman berkendara dengan mobil mesin turbo secara optimal, maka Anda perlu melakukan perawatan secara berkala. Untuk perawatan mesin turbo sendiri juga tidak jauh berbeda dengan mesin non turbo.

Berikut adalah cara mudah merawat mobil mesin turbo agar tetap awet.

1. Menggunakan oli turbo

Oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga kinerja mesin, begitu pula pada mesin turbo. Sistem turbocharge memiliki komponen-komponen yang bergerak dan berputar dengan kecepatan tinggi serta bekerja dalam kondisi mesin bersuhu tinggi.

Oleh karenanya, perlu aliran oli mesin berkualitas yang secara konstan dapat melumasi katup kompresi dan intake agar tidak mudah aus dan mesin bekerja secara optimal.

Setiap pabrikan mobil telah memberikan rekomendasi jenis oli yang cocok dan sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda sehingga Anda bisa menyesuaikan oli yang digunakan sesuai dengan jenis dan kebutuhan mesin Anda.

Selain itu, pengisian oli juga perlu dilakukan dengan takaran yang tepat karena jika tidak sesuai bisa mempengaruhi kinerja turbocharger pada mesin Anda.

2. Rutin menghangatkan mesin

Tips merawat selanjutnya adalah dengan rutin menghangatkan mesin kendaraan Anda. Hal ini karena mesin yang dalam keadaan dingin biasanya membuat oli mesin mengental sehingga oli akan susah mengalir dan melumasi ruang mesin.

Oleh karenanya, panaskan mesin kendaraan Anda secara berkala untuk menjaga keseimbangan konsentrasi oli agar dapat melumasi mesin secara optimal.

Jika Anda mengemudikan mobil dengan mesin dalam keadaan dingin, maka memanaskan mobil bisa mengurangi tekanan pedal gas pada sepuluh menit pertama saat berkendara yang nantinya dapat mencegah keausan pada sistem turbo.

3. Perhatikan penggunaan bahan bakar

Tips selanjutnya adalah penggunaan bahan bakar yang sesuai. Hal ini karena penggunaan bahan bakar berpengaruh terhadap kinerja mesin mobil turbo Anda.

Semakin tinggi kompresi udara pada ruang bakar, maka semakin tinggi pula angka oktan bahan bakar yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, hindarilah penggunaan bahan bakar dengan angka oktan yang terlalu rendah untuk meminimalisasi kerusakan pada mesin.

Dengan menggunakan bahan bakar yang berkualitas, maka pembakaran di ruang mesin akan lebih sempurna sehingga gas buangnya tidak menempel pada turbin. Sisa gas buang yang menempel pada turbin dapat menyebabkan komponennya mudah terbakar atau rusak.

4. Mengganti filter udara secara berkala

Perawatan selanjutnya yang bisa Anda lakukan pada mesin turbo Anda adalah dengan rutin mengganti filter udara secara berkala. Filter udara ini mampu menyaring udara sebelum dialirkan ke dalam turbo.

Jika filter yang digunakan tidak dapat menyaring udara dengan optimal, maka kinerja mesin turbo pada mobil Anda juga tidak dapat berjalan sempurna.

Ganti Oli Mesin Turbo Anda di Bengkel Daihatsu Resmi

Bagi Anda yang ingin mengganti oli mesin mobil Anda, maka sebaiknya sesuaikanlah dengan kondisi mesinnya. Jika mobil Anda menggunakan mesin turbo, maka Anda bisa menggunakan oli mesin turbo untuk mengoptimalkan kinerja mesin mobil Anda.

Selain dengan rutin mengganti oli mesin, Anda juga perlu melakukan beberapa cara lain untuk merawat mesin turbo Anda agar bekerja optimal. Hal ini untuk menghindari terjadinya kerusakan pada mesin mobil Anda.

Melalui kami di bengkel Daihatsu, Anda bisa melakukan perawatan mobil secara berkala termasuk ganti oli mesin turbo atau non turbo sesuai dengan kebutuhan mesin mobil Anda.
Baca Juga:  Ini Cara Merawat Mesin Turbo Daihatsu Rocky Agar Makin Awet

Bengkel Daihatsu kami didukung oleh mekanik yang profesional dan berpengalaman sehingga dapat mengatasi berbagai permasalahan yang ada pada mobil Anda dengan mudah.

Kami menyediakan fasilitas booking service untuk memudahkan Anda yang akan melakukan perawatan service tanpa harus antri panjang.

Jadi, tunggu apa lagi? Mari sayangi mobil Anda dengan melakukan service berkala! Dapatkan informasi selengkapnya melalui laman website kami hanya di Daihatsu.co.id


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Efek Buruk Cuci Mobil Menggunakan Sabun Colek

2022-02-21

Mencuci mobil terkadang menjadi suatu hal yang bisa dilakukan sendiri di rumah sambil menghabiskan waktu luang. Akan tetapi Anda tidak bisa mencuci mobil sendiri secara

thumbnail

9 Cara Efektif Mengatur Barang di Bagasi Mobil Belakang

2022-02-21

Ketika Anda berencana untuk melakukan perjalanan jauh bersama anggota keluarga misalnya berlibur atau mudik akan lebih nyaman bila Anda menggunakan mobil, apalagi mobil pribadi. Anda bisa berhenti

thumbnail

Mengapa Sangat Berbahaya Menghidupkan Mesin Mobil dalam Garasi Tertutup

2022-02-21

Berkendara merupakan salah satu aktivitas utama yang dilakukan oleh banyak orang di dunia. Namun, kebiasaan dalam berkendara seperti mengendarai mobil yang dilakukan ole

thumbnail

Tiga Cara Beli Mobil Bekas dari Jepang

2022-02-21

Setiap orang memiliki selera berbeda soal mobil pilihan. Ada yang suka mobil lawas, sedan, city car, SUV, MPV sampai mobil mewah. Bahkan tak heran jika model mobil yang ada di Indonesia nggak memua