Logo Daihatsu
Menu

Apa Itu Aux? Ini Fungsi dan Cara Menggunakannya di Mobil

Tips & Trick

2022-11-18

aux adalah

Di dalam sebuah mobil sudah pasti tersedia fitur multimedia sebagai pusat hiburan pengendara seperti tape, head unit dan sebagainya. Fitur multimedia tersebut bisa Anda gunakan untuk mendengarkan radio, atau musik. Cara menggunakannya cukup mudah bisa melalui bluetooth atau aux. Aux adalah perangkat kabel yang digunakan sebagai penghubung antara handphone dan tape, pada kedua ujungnya berbentuk jack.

Lalu apa fungsi aux sebenarnya? Dan bagaimana cara menggunakannya? Agar Anda tidak penasaran, perhatikan ulasan berikut.

Apa Itu Aux? 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aux adalah kabel penghubung untuk fitur multimedia mobil seperti tape. Aux memiliki kedua ujung berbentuk jack, yang dapat digunakan sebagai penghubung antara handphone ke tape atau head unit. 

Aux digunakan sebelum adanya teknologi koneksi pemindahan file melalui udara seperti bluetooth. Meski bluetooth sekarang sudah tersedia, tidak sedikit orang yang masih menggunakan aux. Lantas apa fungsi aux sebenarnya? Untuk selengkapnya perhatikan ulasan berikut.

Baca Juga : Tanpa Ribet! Berikut Cara Memasang Tape Mobil Langsung Ke Aki

Fungsi Aux

Fungsi utama aux sebenarnya sebagai penghubung antara perangkat eksternal mobil dengan perangkat pusat hiburan mobil untuk mengirimkan sinyal audio.

Di mana perangkat eksternal yang dimaksud seperti handphone, laptop, ataupun audio player seperti pemutar MP3 atau MP4 dihubungkan ke bagian port aux pada head unit atau head unit mobil. 

Selain itu, aux juga dapat digunakan sebagai media penghubung atau kabel jack penghubung handphone ke tape mobil. Fungsinya untuk mengakomodasi sinyal yang diperuntukkan untuk:

  1. Mikrofon
  2. Speaker
  3. Headphone atau headset
  4. Pemutar MP4 atau MP3 dan perangkat audio lainnya baik tradisional atau modern.
  5. Selain itu, aux dapat digunakan pada mobil yang belum menyediakan fitur bluetooth pada tape atau head unit. Biasanya terjadi pada mobil-mobil klasik atau mobil lawas.

Hingga saat ini penggunaan aux masih sering digunakan oleh sebagian besar orang. Aux dinilai lebih baik dalam mengirimkan sinyal audio karena kualitas suara stabil dan tidak distorsi.

Aux juga dinilai lebih praktis karena mudah diperbaiki saat terjadi kerusakan, mudah dijumpai di toko elektronik atau counter HP, dan mendukung banyak perangkat lainnya meski ukuran jack kabel mencapai 3.5 mm.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil? Ikuti Langkah Ini!

Cara Menggunakan Aux pada Tape atau Head Unit Mobil

Cara menggunakan aux terbilang lebih sederhana dan mudah dibandingkan penggunaan bluetooth. Berikut beberapa cara yang bisa Anda contoh, apabila Anda belum sama sekali menggunakan aux pada tape mobil.

  1. Siapkan terlebih dahulu perangkat eksternal seperti perangkat audio player (pemutar MP3&MP4), HP, atau laptop, dan perangkat lainnya.
  2. Kemudian siapkan aux, dan colok bagian lubang HP atau perangkat pemutar audio player lainnya yang berukuran 3.5 mm dengan kabel jack (male) aux.
  3. Selanjutnya colok bagian input tape atau head unit dengan ujung kabel aux (kabel jack) lainnya.
  4. Bila sudah terpasang, putar lagu dari Hp atau perangkat audio player lainnya dan lagu siap Anda dengarkan.

Dengan aux Anda tidak perlu khawatir dengan masalah baterai mudah habis atau masalah sinyal lainnya. Namun, jika Anda ingin memiliki mobil dengan fitur modern seperti bluetooth pada bagian head unit, Anda bisa berkunjung ke dealer Daihatsu terdekat. Di sini Anda akan dipandu oleh sales untuk mendapatkan mobil dengan fitur terbaik sesuai kebutuhan Anda. 


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tidak Perlu Panik, Begini Alur Proses Sidang Tilang

2020-09-27

Operasi zebra memang kerap kali dilakukan, apalagi ditambah dengan hadirnya

thumbnail

Syarat Kredit Mobil dan Aturan yang Perlu Dipahami

2022-10-25

Sekarang ini, syarat kredit mobil semakin lama menjadi semakin ketat. Dengan meningkatnya pasar mobil yang berada di Indonesia, kebutuhan serta daya beli juga semaki

thumbnail

Mau Membuat Infused Water Rempah Sendiri? Yuk Ikuti Langkah-Langkah Ini!

2021-02-04

Infused water bisa dibuat dari bahan apa saja. Termasuk

thumbnail

Cara Menjaga Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi, Mudah Kok!

2021-08-03

Di masa pandemi, ada banyak orang yang terjangkit wabah dan penyakit. Mereka adalah orang-orang yang memiliki gaya hidup kurang sehat. Itulah mengapa kita disarankan unt