Logo Daihatsu
Menu

Tanpa Ribet! Berikut Cara Memasang Tape Mobil Langsung Ke Aki

Modifikasi

2021-03-22

memasang audio tape pada mobil

Head unit atau tape merupakan salah satu alat yang ada di mobil untuk menambah kenyamanan berkendara. Alat ini akan bekerja jika dipasangkan ke aki kendaraan roda empat dengan benar. Namun, sebagian orang masih kurang familiar dengan hal tersebut. Daripada penasaran, yuk simak cara memasang tape mobil langsung ke aki berikut ini!

Mengenal Apa Itu Tape Mobil 

Sebelum membahas cara memasangnya, ada baiknya untuk mengenal tape mobil. Sebab, alat ini bisa mendukung kenyamanan pengemudi dan dan penumpang ketika mengendarai kendaraan roda empat. 

Tape mobil atau head unit ini akan menjadi alat yang membuat perjalanan tidak merasa jenuh dengan fitur fitur yang disematkan dalam alat tersebut. 

Mengapa demikian? Head unit memiliki perangkat sumber audio yang dalam mengeluarkan suara dalam instalasi audio di mobil. Ada banyak fitur di dalamnya, misalnya saja pengontrol kualitas suara, pengontrol bass audio, dan kombinasi lainnya. 

Selain itu, perangkat ini juga memiliki bermacam macam jenis dari kelas Hi-end, Low-end, dan Mid-end

Semakin tinggi kualitasnya, maka semakin lengkap pula fitur yang dibawanya. Tentu cara memasang tape mobil langsung ke aki juga kian kompleks karena komponen yang di dalamnya. 

Tetapi secara umum, perangkat audio kendaraan roda empat terdiri dari sumber suara, penghasil suara atau yang dikenal dengan loud speaker, dan penguat atau amplifier. 

Baca Juga: Cara Menambah Watt Power Amplifier Mobil agar Audio Jadi Lebih Berkualitas

Tips Memasang Head Unit

Bagi Anda yang memiliki kendaraan roda empat baru, biasanya memiliki head unit atau tape dengan jenis standar. Secara sederhana fitur yang disematkan pada tape tersebut terdiri dari amplifier, loudspeaker, dan head unitnya. 

Selain itu ada juga pengatur kualitas suara dengan tiga macam jenis aliran SQ sound, SQL sound, dan SPL sound untuk kombinasi antara SQ dan SQL. 

Namun bagi Anda yang ingin lebih upgrade dengan tape yang ada di mobil, maka bisa menggantinya dengan fitur yang lebih canggih. Selain itu, perangkat ini harus disambung dengan aki untuk dapat bekerja sebagaimana mestinya. 

Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam memasang perangkat ini, maka bisa dengan mudah mempraktekkan cara memasang tape mobil langsung ke aki. 

Sebelumnya, Anda harus menyiapkan perangkat yang ingin dipasang. Kemudian, siapkan peralatan untuk mendukung pemasangan tape mobil. Alat yang dapat memudahkan Anda nantinya yaitu avometer, obeng, isolasi, insulok, dan tang potong. 

Baca juga: 4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Untuk Audio Mobil Kece!

Jika sudah, maka langkah berikutnya adalah membuka dashboard kendaraan roda empat Anda. Lepaskan dulu baut yang ada di dashboardnya, lalu ambil head unit asli pada mobil Anda.

Kemudian potong semua kabel satu persatu agar tidak terjadi hubungan arus singkat. Di sini Anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan kabel yang berbeda warna. Jadi harus berhati hati. Warna merah arusnya akan lewat kontak, kuning berupa arus langsung, dan hitam ground massa body. 

Untuk mengganti dengan unit baru, Anda bisa menelusuri arus ACC dan Backup dengan menggunakan Avometer. Kemudian sambunglah kabel sesuai dengan masukannya dan sambung ke tegangannya dulu. 

Cara memasang tape mobil langsung ke aki harus dilapisi dengan solasi agar kabel tidak konslet. Lalu hidupkan semua speaker untuk mengetes pemasangan berhasil. 

Itulah beberapa informasi mengenai pemasangan head unit pada kendaraan roda empat. Caranya pun sangat mudah karena Anda hanya perlu menyiapkan beberapa peralatan, misalnya saja obeng, avometer, isolasi, tang kabel dan insulok. 

Jika sudah, Anda hanya perlu memasangkan sesuai dengan warna kabel dan mengetesnya menggunakan arus agar berhasil. 


Tag

Modifikasi

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Modifikasi Mobil Ayla Agar Tampak Lebih Menawan

2020-11-01

Modifikasi mobil Ayla? Yang pasti cocok untuk Sahabat yang stylish! Tampilan eksterior sebuah mobil adalah hal terpenting untuk bisa memikat siapapun yang melihatnya. Pa

thumbnail

Modifikasi Velg Mobil, Ini Untung dan Ruginya

2020-11-01

Melakukan modifikasi mobil tentu bukan tanpa tujuan. Selain untuk membuat tampilan mobil menjadi lebih menarik, modifikasi mobil tentu akan memberikan nilai kepuasan ter

thumbnail

Beberapa Hal yang Patut Dipertimbangkan Jika Hendak Modifikasi Mobil Pick Up

2020-12-15

Modifikasi mobil pick up adalah kegiatan yang bisa bikin Sahabat menghasilkan pick up yang sesuai dengan selera. Jika Sahabat tertarik melakukannya, ada beberapa hal yan

thumbnail

Modifikasi Interior Mobil Pick Up Untuk Pemula

2020-11-01

Memodifikasi mobil kesayangan kadang tidak cukup hanya pada bagian eksteriornya saja tapi juga bagian interior. Bahkan terkadang bagian interior mobil dimodifikasi total