Logo Daihatsu
Menu

Cara Menambah Watt Power Amplifier Mobil agar Audio Jadi Lebih Berkualitas

Otomotif

2020-11-28

cara menambah watt power amplifier mobil

Selama berada dalam perjalanan kurang lengkap rasanya jika tidak mendengarkan musik dari audio. Berkat adanya speaker pada mobil, menjadi sebuah solusi terbaik. 

Namun, jika audio yang dihasilkan tidak maksimal, tentunya akan membuat pengendara merasa kurang nyaman. Lantas bagaimana caranya? Berikut akan diulas cara menambah watt power amplifier mobil agar lebih optimal.

1. Memperbesar Nilai Tegangan Power Supply

Sebenarnya langkah untuk meningkatkan daya power pada amplifier mobil tidak terlalu susah. Apalagi bagi Anda  yang paham betul dengan prinsip kerja dari rangkaian amplifier mobil. 

Namun untuk yang masih awam tak perlu berkecil hati, karena proses penambahan daya power amplifier juga bisa diterapkan sendiri dengan mudah.

Anda hanya perlu memperbesar nilai dari tegangan power supply pada amplifier. Misalnya Anda menggunakan power amplifier dengan rangkaian suply +47v, CT, -47v yang mewujudkan daya sebesar 250 Watt rms tiap pasang transistor final di outputnya, dan catu dayanya +32v, CT, -32v di power OCL. 

Rangkaian tersebut ada baiknya jika tidak terlalu dipaksakan untuk men-drive speaker ukuran 15 inchi. Cara menambah watt power amplifier mobil seperti ini dianggap masih kurang maksimal. 

Anda lebih disarankan untuk menggunakan transformator arus setengah dari tegangan sekunder, seperti trafo dengan tegangan sekundernya 30v ct dan arus nominalnya 15 Ampere. Pastikan antara rangkaian supply dan catu daya memiliki besar daya yang seimbang untuk menghasilkan audio lebih maksimal.

Baca juga: Mengenal Istilah Racun Modifikasi

2. Menggunakan Minimal Dua Rail Transistor Final

Jika Anda merasa kesulitan menggunakan cara sebelumnya, maka cara yang kedua ini bisa Anda terapkan untuk tingkatkan kualitas audio di mobil. Dengan memanfaatkan minimal dua buah rail transistor final (satu rail sama dengan satu pasang) akan berfungsi untuk mengakomodasi pengurangan panas, serta berguna mengentengkan kerja dari transistor.

Untuk bisa meraih suara bass yang sesuai dengan keinginan, hendaknya gunakan pengeras suara khusus untuk cara menambah watt power amplifier mobil.

Contohnya, pengeras suara atau speaker dengan ukuran 12 inchi akan jauh lebih cocok menyuguhkan suara hentakan atau kick drum serta treble yang maksimal. Sementara pengeras suara 15 inchi lebih cenderung ke suara bass-mid dan gitar.

3. Menaikkan Watt Power Amplifier dengan Sistem Bridge

Umumnya pada tape mobil atau amplifier kendaraan roda empat disuguhkan sistem output dari power amplifier menuju speaker melalui dua cara, yaitu cara biasa dengan pemisahan channel L dan R, serta sistem bridge

Pada konfigurasi speaker channel L dan R yang terpasang menghasilkan empat saluran pada masing masing channel.

Tatkala Anda memasang pengeras suara dengan memadukan antara empat saluran pada channel L maupun R menjadi dua saluran saja, maka power atau daya yang dihasilkan akan meningkat. 

Cara menambah watt power amplifier mobil inilah disebut dengan istilah bridge amplifier, yang bisa Anda terapkan sendiri dengan mudah di rumah. Meningkatkan daya power amplifier pada kendaraan roda empat kesayangan Anda, bisa jadi alternatif terbaik untuk meningkatkan kualitas audio mobil. 

Pastikan pula amplifier pada kendaraan roda empat Anda berada dalam kondisi yang terawat, agar bisa menciptakan musik dengan kualitas terbaik demi memberikan kenyamanan ketika berkendara.

Baca juga: 4 Fungsi Televisi Head Unit Din yang Perlu Kamu Ketahui!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Fungsi Noken As pada Mobil, Komponen dan Cara Kerjanya

2023-10-04

Di dalam sistem kerja mesin, ada beragam komponen penting yang membantu kinerja sistem tersebut, termasuk noken as. Komponen ini dalam dunia otomotif sendiri dikenal

thumbnail

Rem Mobil Bunyi Berdecit? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

2022-09-13

Pernahkah Anda mendengar suara rem mobil berdecit ketika sedang mengendarai mobil? Jika Anda pernah pasti sangat mengganggu telinga Anda saat mendengarnya. Jika hal tersebut terjadi sesekali saja A

thumbnail

Coating Kaca Mobil Bisa Bertahan Berapa Lama dengan Kondisi Musim di Indonesia?

2022-01-30

Coating merupakan suatu tindakan untuk memberi perlindungan lebih pada

thumbnail

Di Musim Hujan,Ini Bagian Terpenting Dalam Mobil yang Membutuhkan Perhatian Ekstra

2021-02-18

Hayo siapa di sini yang sayang banget sama mobilnya? Meskipun hanya sebuah benda, tentunya sahabat sangat menyayangi mobil dong, apalagi mobil hasil kerja keras sendiri,