Logo Daihatsu
Menu

Apa itu BBNKB? Ini Syarat, Biaya & Cara Menghitungnya

Tips & Trick

2022-11-18

Apa itu BBNKB? Ini Syarat, Biaya & Cara Menghitungnya

Sekarang ini, membeli kendaraan bekas memang menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Salah satu alasannya adalah harga yang lebih murah dibandingkan dengan mobil baru. Ketika membeli mobil bekas, BBNKB menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. BBNKB adalah biaya yang telah ditetapkan ketika melakukan perubahan kepemilikan kendaraan. 

BBNKB umumnya tertulis di dalam STNK mobil atau motor. bila sudah pernah diperjualbelikan, biasanya akan muncul besaran nilainya. Tetapi, jika belum pernah, jumlah BBNKB ini masih kosong. Jika Anda memiliki rencana membeli mobil bekas, ketahui syarat hingga cara menghitung BBNKB ini. 

Pengertian BBNKB

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, BBNKB adalah biaya yang telah ditetapkan ketika melakukan perubahan kepemilikan kendaraan. Sehingga bila Anda membeli serta menjual mobil bekas, akan ada biaya balik nama mobil yang harus dibayar sehingga kendaraan mempunyai nama sesuai dengan pemilik. 

Mengurus BBNKB ini menjadi hal yang penting karena masalah BBNKB sendiri sudah diatur serta merujuk di pasal 1 angka 11 Undang Undang mengenai Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Syarat BBNKB

Untuk melakukan BBNKB ini, sejumlah syarat harus dipenuhi. Proses BBNKB ini akan langsung dilakukan di Samsat induk, Samsat keliling dan Samsat outlet sesuai dengan tempat tinggal Anda. Anda nantinya juga harus menyiapkan kendaraan dengan keadaan prima karena melakukan pengecekan. 

Syarat mengajukan BBNKB adalah:

  1. KTP asli serta fotocopy pemilik sebelumnya
  2. BPKB asli dan fotocopy, bila Anda sedang mencicil kendaraan tersebut, Anda dapat meminta salinan ke leasing
  3. STNK asli dan fotocopy
  4. Kwitansi pembelian kendaraan asli serta fotocopy
  5. Hasil cek fisik yang berasal dari Samsat. 
  6. Bila semua syarat sudah lengkap, Anda dapat datang ke Samsat sesuai jam operasional. Pastikan datang saat pagi hari agar tidak mengantre terlalu banyak. 

Baca Juga : Cara Cek Biaya Balik Nama Mobil Online 2022, Sangat Mudah!

Biaya BBNKB

Lantas, berapa tarif yang dikenakan? Sesuai dengan pasal 12 ayat 1 dan 2, penyerahan BBNKB pertama adalah 12,5% kemudian di penyerahan kedua 1%. Lantas, apa yang dimaksud dengan penyerahan pertama?

Penyerahan pertama adalah langsung dari dealer saat pemilik kendaraan membeli mobil baru. Sedangkan penyerahan kedua adalah saat melakukan jual beli, warisan, hibah atau yang lainnya. oleh sebab itu  dapat dikatakan bila melakukan jual beli kendaraan bekas, besaran BBNKB tidak begitu besar, bila dibandingkan dengan membeli mobil baru. 

Cara Menghitung BBNKB

Berikut cara menghitung BBNKB secara lengkap, antara lain:

  • BBNKB mobil: Rp300 juta X 1% = Rp3 juta
  • Biaya pajak kendaraan Rp 100 juta X 2% = Rp2 juta
  • SWDKLLJ: Rp143 ribu
  • Biaya admin STNK: Rp50 ribu
  • Biaya penerbitan STNK: Rp200 ribu
  • Biaya penerbitan NKB: Rp100 ribu
  • Biaya penerbitan BPKB: Rp375 ribu
  • Biaya pendaftaran Rp100 ribu. 
  • Bila ditotal, keseluruhan biaya menjadi Rp5 jutaan. Biaya ini harus disiapkan untuk melakukan balik nama kendaraan bekas. Bila ingin membeli mobil baru, Anda hanya perlu mengalikan harga beli dengan 12.5%.

Baca Juga : Begini Cara Hitung Pajak Mobil Tahunan dan 5 Tahunan

Tahapan melakukan balik nama kendaraan ini sebenarnya mudah dilakukan, sayangnya tidak sedikit pemilik yang belum melakukannya sesudah membeli mobil bekas. Alasannya, biaya balik nama yang cukup tinggi, padahal jika tidak melakukan balik nama, Anda akan kerepotan saat waktu perpanjangan STNK tiba. 

Selain mengetahui pengertian BBNKB adalah biaya untuk balik nama kendaraan, Anda juga harus melakukan perawatan kendaraan secara berkala. Pastikan merawat kendaraan di bengkel resmi Daihatsu, agar memperoleh perawatan maksimal.


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Lakukan Tips dan Cara Perawatan Daihatsu Xenia Ini Sendiri di Rumah

2021-08-31

Mobil Daihatsu Xenia yang jarang digunakan harus tetap dilakukan perawatan rutin. Perawatan terhadap mobil bertujuan untuk menghindari permasalahan yang muncul pada mobil. Selain itu untuk menjaga

thumbnail

4 Hal yang Mesti Diperhatikan Saat Mencuci Mobil Kesayangan

2020-10-02

Saat berkendara seharian dapat dipastikan saat dijalan akan berpapasan dengan debu dan kotoran, serta menghadapi segala cuaca sehingga mobil akan terlihat kotor. Oleh ka

thumbnail

7 Universtas yang Bisa Kuliah Sambil Kerja di Jakarta

2020-12-15

Tidak sedikit orang yang memutuskan untuk bekerja sebelum lulus kuliah. Alasannya juga beragam, bisa saja kesempatan kerja memang datang saat baru lulus SMA. Namun, bela

thumbnail

Tips Membeli Mobil Baru Secara CASH

2020-11-24

Ada dua cara untuk membeli mobil yakni secara tunai atau cash maupun secara kredit. Metode pembelian cash atau tunai dinilai lebih menguntungkan dari nilai ekonomi karen