Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Apa itu BBNKB? Ini Syarat, Biaya & Cara Menghitungnya
18 November 2022
Apa itu BBNKB? Ini Syarat, Biaya & Cara Menghitungnya

Saat ini, pembelian kendaraan bekas menjadi opsi yang diminati oleh masyarakat Indonesia, terutama karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil baru. Dalam proses membeli mobil bekas, BBNKB menjadi salah satu aspek yang perlu mendapat perhatian serius. 

Informasi mengenai besaran BBNKB umumnya dapat ditemukan di dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) mobil atau motor. Jika kendaraan tersebut pernah diperjualbelikan sebelumnya, jumlah BBNKB biasanya tertera dengan jelas.

Namun, apabila kendaraan belum pernah berganti kepemilikan, informasi mengenai BBNKB bisa saja masih kosong. Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana untuk membeli mobil bekas, sangat penting untuk memahami pengertian BBNKBs, yarat-syaratnya,  serta cara menghitung sebelum melakukan transaksi. Berikut informasi lengkapnya.

Pengertian BBNKB

Melansir dari situs resmi Bapenda, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atau BBNKB adalah biaya yang telah ditetapkan ketika melakukan perubahan kepemilikan kendaraan, sehingga bila Anda membeli serta menjual mobil bekas, akan ada biaya balik nama mobil yang harus dibayar sehingga kendaraan mempunyai nama sesuai dengan pemilik. 

Mengurus BBNKB ini menjadi hal yang penting karena masalah BBNKB sendiri sudah diatur serta merujuk di pasal 1 angka 11 Undang Undang mengenai Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Syarat BBNKB

Untuk melakukan BBNKB ini, sejumlah syarat harus dipenuhi. Proses BBNKB ini akan langsung dilakukan di Samsat induk, Samsat keliling dan Samsat outlet sesuai dengan tempat tinggal Anda. Anda nantinya juga harus menyiapkan kendaraan dengan keadaan prima karena melakukan pengecekan. 

Syarat mengajukan BBNKB adalah:

  1. KTP asli serta fotocopy pemilik sebelumnya
  2. BPKB asli dan fotocopy, bila Anda sedang mencicil kendaraan tersebut, Anda dapat meminta salinan ke leasing
  3. STNK asli dan fotocopy
  4. Kwitansi pembelian kendaraan asli serta fotocopy
  5. Hasil cek fisik yang berasal dari Samsat. 
  6. Bila semua syarat sudah lengkap, Anda dapat datang ke Samsat sesuai jam operasional. Pastikan datang saat pagi hari agar tidak mengantre terlalu banyak. 

Baca Juga : Cara Cek Biaya Balik Nama Mobil Online, Sangat Mudah!

Berapa Biaya BBNKB?

Lantas, berapa tarif yang dikenakan? Sesuai dengan pasal 12 ayat 1 dan 2, penyerahan BBNKB pertama adalah 12,5% kemudian di penyerahan kedua 1%. Lantas, apa yang dimaksud dengan penyerahan pertama?

Penyerahan pertama adalah langsung dari dealer saat pemilik kendaraan membeli mobil baru. Sedangkan penyerahan kedua adalah saat melakukan jual beli, warisan, hibah atau yang lainnya. oleh sebab itu  dapat dikatakan bila melakukan jual beli kendaraan bekas, besaran BBNKB tidak begitu besar, bila dibandingkan dengan membeli mobil baru. 

Bagaimana Cara Menghitung BBNKB?

Berikut cara menghitung BBNKB secara lengkap, antara lain:

  • BBNKB mobil: Rp300 juta X 1% = Rp3 juta
  • Biaya pajak kendaraan Rp 100 juta X 2% = Rp2 juta
  • SWDKLLJ: Rp143 ribu
  • Biaya admin STNK: Rp50 ribu
  • Biaya penerbitan STNK: Rp200 ribu
  • Biaya penerbitan NKB: Rp100 ribu
  • Biaya penerbitan BPKB: Rp375 ribu
  • Biaya pendaftaran Rp100 ribu. 
  • Bila ditotal, keseluruhan biaya menjadi Rp5 jutaan. Biaya ini harus disiapkan untuk melakukan balik nama kendaraan bekas. Bila ingin membeli mobil baru, Anda hanya perlu mengalikan harga beli dengan 12.5%.

Baca Juga : Begini Cara Hitung Pajak Mobil Tahunan dan 5 Tahunan

Apakah motor baru harus bayar BBN?

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) harus diselesaikan pada tahap awal saat pembelian mobil atau motor baru, dan setelah itu harus diperbarui setiap interval 5 tahun. Sementara itu, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) merupakan kewajiban pajak yang timbul sebagai konsekuensi dari perjanjian jual-beli, tukar-menukar, hibah, warisan, dan situasi serupa terkait serah terima hak milik kendaraan bermotor.

BBNKB Ditanggung Siapa?

Pungutan Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) merupakan kewajiban pajak yang harus dipenuhi oleh pemilik saat mengakuisisi kendaraan bermotor. Saat ini, regulasi terkait BBNKB diatur dalam Pasal 12–16 Undang-Undang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (UU HKPD).

Biaya balik nama motor gratis sampai kapan?

Program ini berlaku hingga akhir tahun 2023. Untuk memperoleh keringanan Bebas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) secara gratis, pengurusannya dapat dilakukan dengan mengunjungi Kantor Samsat induk atau Samsat yang terletak di wilayah sesuai dengan lokasi pendaftaran kendaraan tersebut.

Tahapan melakukan balik nama kendaraan ini sebenarnya mudah dilakukan, sayangnya tidak sedikit pemilik yang belum melakukannya sesudah membeli mobil bekas. Alasannya, biaya balik nama yang cukup tinggi, padahal jika tidak melakukan balik nama, Anda akan kerepotan saat waktu perpanjangan STNK tiba. 

Selain mengetahui pengertian BBNKB adalah biaya untuk balik nama kendaraan, Anda juga harus melakukan perawatan kendaraan secara berkala. Pastikan merawat kendaraan di bengkel resmi Daihatsu, agar memperoleh perawatan maksimal.

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku