Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Apa itu Drain Plug? Ini Fungsi dan Cara Merawatnya
03 Oktober 2023
Apa itu Drain Plug? Ini Fungsi dan Cara Merawatnya

Memahami fungsi drain plug dan cara merawatnya dengan benar dapat membuat kondisi mobil semakin prima. Meski hal tersebut sangat penting, faktanya tidak semua pemilik mobil memahami apa itu drain plug? Apalagi fungsi dan cara merawatnya? Agar Anda lebih memahami komponen penting ini, yuk perhatikan pembahasan selengkapnya seperti berikut.

Apa Itu Drain Plug?

Drain plug merupakan komponen mobil yang berbentuk baut atau sekrup. Komponen ini biasanya terletak pada bagian transmisi, karter mesin bagian dasar, hingga sumber daya lainnya pada mobil. Bagi sebagian orang, drain plug dianggap sebagai segel penutup yang tertera di antara baut dan lubang pembuangan oli. Oleh karena itu, drain plug sering dikenal dengan istilah washer drain atau gasket oil drain plug. 

Fungsi Drain Plug

Drain plug sendiri memiliki fungsi utama, yakni mengeluarkan cairan pada mobil. Mulai dari cairan pendingin, hingga oli mesin. Adapun pembahasan fungsi selengkapnya sebagai berikut.

1. Mengeluarkan oli mesin

Drain plug berfungsi mengeluarkan oli dari mesin, khususnya oli yang sudah pekat atau oli yang sudah lama tidak diganti. Oli yang sudah terkontaminasi kotoran tersebut nantinya akan dibuang saat Anda melakukan penggantian oli secara berkala di bengkel. 

2. Mengeluarkan oli transmisi

Selain oli mesin, drain plug juga berguna mengeluarkan oli transmisi ketika proses penggantian cairan transmisi. Dengan begitu, usia keausan transmisi mobil bisa lebih panjang.

3. Mengeluarkan cairan pendingin

Selain itu, drain plug juga memudahkan proses pengeluaran cairan pendingin pada sistem pendinginan mobil ketika servis berkala. 

4. Membersihkan karter mesin

Drain plug juga memiliki fungsi lain, yakni mampu membersihkan kotoran dan kerak yang menempel pada karter mesin. Kotoran tersebut akan mudah terbuang ketika Anda membuka bagian drain plug.

Cara Merawat Drain Plug yang Baik dan Benar

Meski berukuran kecil, drain plug memiliki fungsi yang sangat penting. Oleh karena itu, Anda perlu merawatnya dengan baik. Adapun cara perawatannya sebagai berikut.

1. Memeriksa dan membersihkan drain plug secara rutin

Agar drain plug tidak mudah rusak, Anda perlu melakukan pengecekan kondisi drain plug secara rutin. Apabila drain plug dalam kondisi kotor, Anda bisa segera membersihkannya. Gunakan lap bersih untuk membersihkannya dan jangan lupa gosok secara perlahan hingga bersih.

2. Mengencangkan drain plug secara hati-hati

Agar drain plug tidak cepat aus, Anda perlu memperhatikan torsi (kekuatan) saat mengencangkan drain plug. Pastikan Anda tidak terlalu ketat karena dapat merusak ulir drain plug ketika proses pembukaan kembali. Pastikan juga tidak terlalu longgar sehingga tidak menyebabkan kebocoran.

3. Mengganti seal secara rutin dan berkala

Seperti diketahui, drain plug memiliki karet penutup untuk mencegah kebocoran cairan. Karet penutup tersebut tentunya memiliki masa kedaluwarsa seiring lamanya waktu penggunaan. Karet tersebut bisa saja mengeras dan getas. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan penggantian karet penutup secara rutin dan berkala sesuai dengan buku petunjuk pabrikan.

4. Menggunakan grease yang tepat

Agar drain plug selalu terjaga, Anda perlu melumuri drain plug dengan grease (pelumas khusus drain plug). Pastikan grease yang Anda gunakan merupakan produk asli dan berkualitas agar drain plug mudah dibuka.

5. Memperhatikan frekuensi penggantian oli

Penggantian oli secara teratur, tidak hanya membuat performa mesin menjadi optimal. Namun, hal tersebut dapat memperpanjang usia keausan drain plug. Mengapa bisa begitu? Sebab, penggantian oli secara berkala dapat mengurangi kontaminasi kotoran pada mesin dan drain plug.

Apabila cara-cara tersebut belum bisa mengatasi kerusakan drain plug, sebaiknya Anda lakukan penggantian di bengkel Daihatsu. Di bengkel ini, Anda akan mendapatkan pelayanan dari mekanik terbaik dan suku cadang yang digunakan dijamin orisinil. 

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku