Logo Daihatsu
Menu

Apa itu Gasket Mobil? Ini Fungsi, Jenis & Bahaya Kerusakannya

Otomotif

2023-01-03

Apa itu Gasket Mobil? Ini Fungsi, Jenis & Bahaya Kerusakannya

Di dunia otomotif, tidak ada bagian yang tidak memegang peranan. Bahkan komponen kecil seperti gasket pun punya fungsi yang sangat penting. Jika dia tidak ada, maka akan banyak masalah yang bakal dialami oleh pemilik mobil.

Berikut ini akan dibahas lengkap mengenai apa itu gasket mobil, fungsi gasket, hingga beberapa bahaya yang terjadi jika gasket rusak. Simak dibawah ini!

Apa itu Gasket Mobil?

Mendengar namanya, mungkin Anda tidak paham apa itu gasket. Namun, ketika diberi tahu dan ditunjukkan bendanya langsung, Anda pasti paham, pernah Anda temui di mana, dan tahu fungsinya.

Gasket adalah komponen dalam mobil yang biasanya berbentuk lempengan yang menyambungkan antara tutup atau kepala silinder dengan tabung silinder. Fungsi yang paling sering Anda ketahui dari gasket adalah mencegah agar cairan dalam sebuah silinder tidak bocor.

Fungsi Gasket Mobil

Ada beberapa fungsi gasket pada mobil. Berikut ini adalah rinciannya.

1. Mencegah kebocoran

Gasket ini sering kali digunakan untuk membuat silinder berisi cairan agar tidak bocor saat ditutup. Pasalnya memang jika blok silinder dan kepala silinder saja tanpa gasket, maka cairan masih bisa merembes. 

Dalam dunia otomotif, merembesnya suatu cairan bisa berakibat fatal. Hal ini karena banyaknya komponen mobil yang saling berdekatan. Jika ada cairan merembes, maka bisa merusak komponen lain di sebelahnya.

2. Menjaga kompresi

Selain menghindari cairan dari kebocoran, gasket juga memiliki fungsi dalam menjaga kompresi dalam sebuah blok silinder. Pasalnya jika kompresi dalam silinder berubah, bisa mengurangi tarikan sebuah mesin. Jika tarikan tidak maksimal, akan berakibat pada borosnya bahan bakar. 

3. Menyambung blok mesin dan kepala silinder

Fungsi lainnya adalah menyambung blok mesin dan kepala silinder. Dengan adanya gasket, tidak ada celah antara blok mesin dan kepala silinder. Gasket juga bisa digunakan sebagai penyalur panas.

Baca Juga : Mengintip Jenis Komponen Kepala Silinder Pada Mesin Mobil

Jenis Gasket Mobil

Setelah mengetahui fungsi gasket, Anda pasti penasaran dengan jenis-jenis gasket yang ada pada mobil. Berikut ini adalah jenis-jenisnya.

1. Flat gasket

Gasket yang digunakan pada bidang yang datar.

2. Spiral wound gasket

Gasket yang hanya bisa digunakan sekali saja. Biasanya ditemukan pada kasus temperatur atau tekanan yang tinggi.

3. Metal C-ring gasket

Digunakan pada tekanan yang rendah. Cocok digunakan untuk media yang kecil.

4. Metal U-ring gasket

Digunakan pada tekanan yang tinggi, sekitar 12 ribu Psi.

5. Metal O-ring gasket

Jenis gasket ini bisa diisi dengan tekanan dan temperatur tinggi.

6. Metal Spring-energizing ring

Jenis gasket ini digunakan untuk media yang besar.

Baca Juga : Jenis-Jenis Bearing Pada Mobil dan Fungsinya Terlengkap

Bahaya yang Terjadi Saat Gasket Rusak

Mengingat peran penting gasket ini, jika ternyata gasket rusak maka bisa berakibat cukup fatal pada mobil Anda. Berikut ini adalah beberapa bahayanya.

  1. Kebocoran pada pendingin bisa merembet ke mesin yang bisa menyebabkan mesin berkarat. Tak hanya itu, ketika pendingin bocor maka fungsi pendingin tidak akan bekerja dengan optimal.
  2. Kebocoran cairan oli bisa menyebabkan pelumasan tidak sempurna. Ketika kondisi oli semakin sedikit karena bocor, biasanya juga akan merusak komponen yang dilumasi.
  3. Kebocoran kompresi karena gasket rusak bisa menyebabkan performa mesin tidak maksimal karena bahan bakar tidak bisa dimampatkan dengan sempurna.

Selain bahaya diatas, masih banyak bahaya lainnya yang bisa terjadi akibat gasket yang rusak. Untuk mengontrol kondisi gasket mobil di berbagai lokasi, Anda bisa menggunakan bantuan teknisi yang profesional di bengkel resmi Daihatsu.

Anda bisa mengeceknya sendiri, namun tentu saja tidak sesempurna pengecekan yang dilakukan teknisi, karena biasanya mereka dilengkapi dengan peralatan pengecekan yang canggih dan bisa mendeteksi kebocoran dengan mudah.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bisakah Klaim Asuransi Mobil Baru Yang Tiba-tiba Berkarat?

2021-12-20

Apakah bisa mobil baru berkarat klaim asuransi. Bila Anda ingin mengetahui informasi tentang hal ini maka jangan alihkan perhatian pada hal lain. Anda harus menyimak inf

thumbnail

5 Cara Membersihkan Karburator Mobil dengan Mudah

2020-12-30

Bagi Anda pemilik kendaraan bermotor mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah karburator. Karburator merupakan salah satu komponen yang penting pada mobil, yang san

thumbnail

Letak dan Fungsi Intake Air Temperature Sensor pada Mobil

2022-08-23

Mobil yang menggunakan sistem injeksi biasanya mempunyai sejumlah sensor. Salah satunya ialah Intake Air Temperature Sensor atau sering disebut dengan IATS. Sensor ini bekerja agar dapat mendeteksi

thumbnail

Cara Meringankan Setir Mobil Manual

2020-11-14

Memiliki mobil yang dilengkapi sistem berkendara manual hingga kini banyak dinikmati, karena pengendara dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.