Logo Daihatsu
Menu

Jenis-Jenis Bearing Pada Mobil dan Fungsinya Terlengkap

Otomotif

2022-10-17

Jenis-Jenis Bearing Pada Mobil dan Fungsinya Terlengkap

Di pasaran terdapat beragam macam bearing. Lantas apa saja jenis-jenis bearing mobil yang wajib diketahui? Berikut akan diulas secara lengkap jenis bearing beserta fungsinya. 

Bearing merupakan komponen mobil yang memiliki peran vital terhadap usia komponen mobil lainnya. Bearing mampu mengurangi besaran gesekan antara kedua komponen mobil yang saling bergerak.

Lantas, apa sebenarnya bearing itu? Jadi, bearing adalah suatu komponen dalam mesin yang digunakan untuk membatasi gerak ralatif yang ada pada 2 komponen atau lebih dalam mesin, sehingga mesin bisa digerakkan ke arah yang diinginkan.

Jenis-Jenis Bearing pada Mobil dan Fungsinya

Saat ini di pasaran bearing terbagi menjadi 6 jenis, berikut jenis-jenis bearing dan fungsinya lengkap :

1. Ball Bearing

Ball Bearing

Jenis bearing mobil ball bearing ini mudah Anda jumpai bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena bearing ini selain digunakan di dunia otomotif, juga digunakan pada mesin, dan peralatan-peralatan rumah tangga lainnya.

Sesuai dengan bentuknya yang menyerupai bola, bearing ini memiliki fungsi dapat menahan beban tekan dari samping bahkan beban putaran dengan sempurna.

Meski memiliki gerak putar yang efisien, bearing ini tidak boleh Anda gunakan untuk menahan beban yang terlalu berat seperti beban yang mampu ditahan oleh bearing lainnya.

Baca Juga : Penyebab Bearing Roda Mobil Cepat Rusak

2. Ball Thrust Bearing

Jenis Jenis Bearing Dan Gambarnya

Bagi Anda yang sedang membutuhkan bearing untuk digunakan menahan beban ringan dengan putaran yang rendah. Anda bisa menggunakan ball thrust bearing sebagai pilihannya.

Biasanya bearing ini digunakan pada gearbox atau transmisi mobil. Namun, Anda juga dapat menemukan bearing ini di beberapa perabotan rumah tangga seperti kursi, lemari kecil, meja putar, dan lainnya.

3. Roller Bearing

Roller Bearing

Roller bearing memiliki bentuk silinder panjang yang bekerja dengan bagian inner race (bagian dalam) dan bagian outer race (bagian luar). Selain itu juga memiliki tumpuan lebih dari satu titik, tidak seperti ball bearing.

Dilihat dari bentuknya, roller bearing berfungsi dapat menahan beban dengan baik, baik itu secara horizontal atau vertikal.

Baca Juga : Efek Negatif Bearing Roda Terendam Air dan Alasannya Harus Segera Diganti yang Baru

4. Roller Thrust Bearing

Roller Thrust Bearing

Jika Anda perhatikan sekilas, roller thrust bearing memiliki desain yang hampir mirip dengan bearing roller. Namun, pada proses penggunaannya roller thrust bearing digunakan pada bagian gearbox mobil yang butuh house rotating shaft atau rotating shaft.

Bearing ini diklaim mampu menahan beban yang terbilang berat. Bearing ini juga digunakan pada bagian gigi flywheel mobil.

5. Tapered Roller Bearing

Tapered Roller Bearing

Bearing selanjutnya adalah tapered roller bearing. Komponen ini biasanya digunakan oleh mobil angkutan berat seperti Daihatsu Terios.

Komponen ini biasanya diletakkan di bagian axle shaft mobil. Fungsinya yang mampu menahan beban begitu berat, baik itu beban berat atau beban tekan samping kendaraan baik dari arah dalam atau luar sekaligus, membuat bearing ini juga digunakan pada bus dan truk.

6. Magnetic Bearing

Magnetic Bearing

Sesuai namanya, dalam proses pengoperasiannya, magnetic bearing menggunakan magnet sebagai bagian materialnya. Dengan memanfaatkan medan magnet tersebut membuat daya putar bearing menjadi tinggi dan tangguh. Kondisi tersebut yang menyebabkan bearing ini digunakan pada flywheel mobil. 

Bahkan bearing ini diklaim mampu membuat flywheel berputar dalam kecepatan lebih dari 50.000 RPM dengan stabil dan tanpa menimbulkan permasalahan lainnya, seperti bearing meleleh atau putaran flywheel tidak stabil. 

Demikian ulasan mengenai jenis-jenis bearing pada mobil beserta fungsinya. Semoga ulasan di atas dapat menambah pemahaman Anda terhadap komponen-komponen penting mobil. 

Apabila komponen tersebut bermasalah atau rusak, Anda dapat segera melakukan penanganan yang tepat seperti memperbaikinya secara mandiri atau membawanya ke dealer Daihatsu atau bengkel terdekat untuk melakukan servis atau perawatan mobil secara berkala. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Begini Cara Hitung Pajak Mobil Tahunan dan 5 Tahunan

2020-11-17

Saat ingin membayar pajak, menghitung besaran pajak mobil tahunan dan 5 tahunan adalah langkah terbaik. Selain nggak bikin bingung harus menyiapkan dana berapa, Sahabat juga bisa melihat rinci biay

thumbnail

Mengenal Kopling Mobil, Cara Kerja hingga Perawatannya

2020-12-03

Kopling mobil adalah salah satu bagian penting dalam mobil. Apalagi, jika mobil Sahabat memakai transmisi manual. Fungsi kopling sendiri adalah untuk menghubungkan antara poros engkol dengan gigi t

thumbnail

7 Rekomendasi Merek Ban Mobil Terbaik di Indonesia

2021-12-03

Seiring perkembangan zaman, ban mobil semakin ditingkatkan performanya demi alasan keamanan dan keselamatan saat berkendara. Karena itu memilih merek ban mobil terbaik merupakan satu hal penting un

thumbnail

5 Manfaat BBM Oktan Tinggi, Salah Satunya Supaya Mesin Panjang Umur

2021-01-20

BBM beroktan tinggi adalah pilihan bijak supaya mesin kendaraan tetap awet. Biasanya, jika kendaraan menggunakan bahan bakar beroktan rendah akan menimbulkan asap dari k