Logo Daihatsu
Menu

Efek Negatif Bearing Roda Terendam Air dan Alasannya Harus Segera Diganti yang Baru

Otomotif

2022-05-22

bearing roda terendam air

Mengendarai kendaraan saat musim hujan cukuplah berbahaya. Apalagi jika curah hujannya yang tinggi, bisa saja rawan mengalami kecelakaan. Hal ini bisa terjadi karena air hujan bisa menyebabkan jalanan licin, selain itu hujan deras bisa mengganggu pandangan saat berkendara. Untuk itu Anda perlu selalu waspada apabila berkendara saat hujan.

Hujan yang sangat deras juga bisa menyebabkan banyak genangan air yang berada di jalanan. Bahkan memungkinkan mengalami banjir. Pada saat Anda melewati banjir seperti ini memungkinkan bearing roda terendam air. Jika hal ini terjadi maka bisa menyebabkan kerusakan pada bearing roda Anda.

Efek Bearing Roda Terendam Air 

Komponen kendaraan apabila terkena air memang bisa menyebabkan berbagai kerusakan. Apalagi jika komponen tersebut adalah salah satu komponen penting pada kendaraan. Sudah pasti kendaraan bisa mengalami kerusakan dan tidak bisa digunakan sebelum diperbaiki oleh orang yang ahli terlebih dahulu.

Untuk itu, berkendara melewati genangan air terdapat banyak resikonya. Jika dipaksakan melewati genangan air dalam waktu yang lama. Bisa pastikan kendaraan Anda akan mengalami masalah tertentu. Khususnya pada bagian bearing roda yang terendam air. Bisa kerusakan yang Anda alami berdampak buruk dan perlu diganti baru.

Adanya bearing roda ini memiliki fungsi penting yaitu sebagai bantalan poros as roda saat berputar. Bearing yang terkena tetesan air sedikit saja, bisa menyebabkan kerusakan. Apalagi jika terkena air banjir. Bisa dipastikan bearing ini mengalami kerusakan. Namun kerusakan ini tidak bisa langsung terjadi begitu saja.

Melainkan dalam jangka waktu tertentu, maka tanda kerusakan bearing roda akan mulai Anda alami. Jika bearing roda terendam air dalam jangka waktu yang lama, maka bisa menyebabkan efek negatif. Air yang masuk ke bearing roda dalam jangka waktu yang lama bisa menjadikan komponen ini mengalami karatan.

Apabila sudah berkarat seperti ini maka bisa menyebabkan roda mobil akan oblak dan nantinya bisa mengganggu stabilitas kendaraan Anda. Sudah pasti hal ini mampu menjadikan Anda kurang nyaman saat berkendara. Bahkan juga bisa membahayakan Anda saat mengendarai mobil dengan kondisi bearing roda yang mengalami kerusakan akibat terendam air.

Tanda Bearing Roda Mengalami Kerusakan Setelah Terendam Air 

Bearing roda yang mengalami kerusakan bisa ditandai dengan adanya bunyi kasar di sekitar roda kendaraan Anda. Bunyi ini akan lebih terasa saat Anda menggunakan kendaraan dan melewati jalan rusak. Jika sudah ditandai dengan hal ini, maka sudah seharusnya Anda mengganti roda dengan yang baru.

Untuk menghindari kerusakan bearing roda yang semakin parah. Anda bisa mulai melakukan pengecekan secara langsung saat melewati air tergenang. Ini dilakukan Anda bisa segera melakukan perbaikan agar kerusakan bearing roda tidak semakin parah. Apabila hal ini tidak Anda lakukan, maka bisa saja kerusakan semakin parah.

Bahkan bisa saja berimbas hingga rumah bearing. Tentunya kondisi kerusakan yang sangat parah membutuhkan biaya yang juga tidak sedikit. Untuk itu sebelum semakin parah pastikan mengecek dengan baik dan segera lakukan perbaikan. Jangan sampai Anda lupa melakukan pemeriksaan setelah melewati genangan air agar kerusakan tidak bertambah parah.

Apabila bearing roda terendam air dan mulai terdapat tanda kerusakan. Anda bisa langsung memperbaikinya melalui dealer resmi dari Daihatsu dan akan diperbaiki secara profesional. Dengan begitu kendaraan Anda bisa digunakan kembali dalam kondisi yang terbaik. Temukan informasi-informasi lainnya seputar otomotif, service Daihatsu, produk terbaru Daihatsu di lama berikut secara lebih lengkap. 


Tag

Otomotif

Share This