Logo Daihatsu
Menu

Apa Itu Kickdown pada Mobil Matic dan Bahayanya

Otomotif

2021-12-10

kickdown mobil matic

Kickdown mobil matic sering dilakukan sehingga transmisi secara otomatis berpindah ke gigi yang lebih rendah. Apakah hal ini berbahaya?

Sebagian orang menilai bahwa mengendarai mobil matic jauh lebih mudah dibanding manual. Namun nyatanya perlu teknik khusus sehingga performa kendaraan tetap prima dalam segala medan.

Apa Itu Kickdown Mobil Matic dan Bahayanya

Istilah kickdown sering didengar ketika seseorang mengendarai mobil. Dalam keadaan menanjak yang cukup tajam atau tiba-tiba harus mendahului kendaraan di depannya, membutuhkan tenaga yang full.

Saat berkendara, seseorang harus gesit dan cepat mengambil tindakan ketika menghadapi situasi tertentu. Ini dilakukan agar laju kendaraan tetap seperti keinginan. 

Ketika mengendarai mobil matic, kickdown dilakukan dengan menginjak gas secara penuh dan mendadak. Tujuannya adalah agar transmisi berpindah satu tingkat di bawahnya dan mempercepat akselerasi.

Jika mobil matic digas penuh maka torsinya akan naik. Secara otomatis akan terjadi penurunan gigi pada transmisi dan akan naik lagi. Hal ini harus dilakukan dengan benar.

Teknik kickdown sering dilakukan agar bisa mendapatkan tenaga yang besar secara mendadak. Apakah cara ini aman bagi kendaraan? Saat melakukannya, gigi persneling akan turun satu tingkat dan putaran mesin lebih cepat.

Tindakan ini membuat gesekan kampas kopling semakin besar. Untuk mendapatkan torsi maksimal, pada kondisi ini kampas kopling dibuat slip. Lama-lama akan menipis. 

Cara melakukan Kickdown yang benar

Lantas, bagaimana cara melakukan kickdown yang benar?  Ternyata tidak sulit. Sebelumnya pastikan tuas pada posisi D. Kendurkan gas, kemudian injak Kembali secara cepat dan mendalam. 

Ketika melakukan kickdown, pastikan pengemudi memegang kemudi dengan benar untuk mengantisipasi tenaga yang tiba-tiba besar. Setelah melalui tanjakan atau menyalip kendaraan di depan, turunkan kembali gas agar transmisi pindah ke tingkat lebih tinggi.

Untuk mengantisipasi kurangnya tenaga karena transmisi tidak berpindah, posisikan persneling dari D ke posisi 2 atau 3. Bisa juga dengan mematikan overdrive. Tujuannya agar putaran mesin meningkat sehingga torsi naik.

Bahaya Kickdown Pada Mobil Matic

Teknik kickdown sebenarnya tidak direkomendasikan. Lakukan hanya jika dalam kondisi terpaksa. Jika terlalu sering dilakukan maka dapat berdampak buruk pada kendaraan matic. 

Resiko dilakukannya kickdown mobil matic adalah mobil menjadi lebih boros. Posisi memaksa mesin untuk bekerja maksimal secara mendadak perlu bahan bakar yang lebih banyak dari biasanya.

Tindakan ini, jika terlalu sering dilakukan dapat merusak mesin. Meskipun hal ini jarang terjadi. Namun antisipasi dengan meminimalkan kickdown adalah cara yang tepat.

Sebaiknya kickdown hanya dilakukan pada kondisi darurat seperti menghadapi tanjakan curam atau tiba-tiba harus mendahului kendaraan di depannya. Lakukan dengan benar untuk meminimalkan kemungkinan terjadi kerusakan sparepart.

Kickdown secara langsung dapat menyebabkan kampas kopling cepat habis. Proses kerja dengan membuatnya selip dan memaksa mesin berputar lebih cepat dapat menyebabkan sparepart aus.

Ketika melakukan kickdown, pengemudi harus benar-benar berkonsentrasi dan fokus. Perhatikan jarak aman dan karena mobil bisa tiba-tiba melaju dengan cepat. Bersiap untuk segera menginjak rem jika hal ini terjadi.

Tenaga yang tiba-tiba besar dapat membuat pengemudi kaget. Jika tidak bisa mengendalikan kemudi, akibatnya fatal. Saran untuk sebaiknya tidak melakukan kickdown memang sangat tepat.

Baca Juga: Penyebab Perseneling Mobil Tidak Bisa Pindah Gigi

Meski demikian, semua hal dapat terjadi di jalan. Sebaiknya gunakan kendaraan  handal dan berkualitas untuk mengantisipasi semua keadaan, seperti produk dari Daihatsu. Brand ini selalu menghadirkan mobil yang siap dengan semua medan. 

Kickdown mobil matic merupakan alternatif terakhir ketika harus mendapatkan tenaga besar dalam waktu cepat. Jangan terlalu sering melakukannya karena dapat menimbulkan kerusakan dan bahaya bagi pengendara.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bahan untuk Cutting Sticker Mobil

2020-12-03

Penambahan stiker pada mobil banyak dipilih oleh mereka yang ingin mobilnya tampil beda dan lebih bergaya. Kini telah banyak hadir tempat yang menerima pemesanan berbaga

thumbnail

Biaya Penyeberangan Mobil di Merak Bakauheni Terbaru 2023

2023-11-22

Ketika Anda hendak melakukan perjalanan menggunakan mobil dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera, maka Anda perlu melakukan penyeberangan antar Pulau menggunakan bantuan

thumbnail

4 Perbedaan Timing Belt dan Fan Belt Pada Mobil, Yuk Pahami!

2024-02-09

Bagi pemilik mobil, pemahaman tentang perbedaan antara timing belt dan fan belt menjadi suatu hal yang penting. Kedua komponen ini memegang peranan vital dalam kinerja kendaraan. Perbedaan keduanya

thumbnail

12 Aksesoris Interior Mobil, Bikin Tampilan Keren dan Trendy

2023-10-30

Untuk mempercantik dan menambah kesan keren di dalam mobil, tidak harus melakukan modifikasi secara besar-besaran. Namun, bisa dengan cara menambahkan beberapa akses