Logo Daihatsu
Menu

Apa Itu Parkir Paralel? Simak Pengertian & Tipsnya

Otomotif

2022-08-10

parkir paralel adalah

Parkir paralel adalah sebuah metode parkir mobil dimana seorang pengemudi diharuskan menempatkan mobil sejajar dengan jalan. 

Bicara soal parkir mobil ada beberapa teknik yang harus Anda kuasai baik seri atau paralel. Namun kali ini yang akan dibahas adalah jenis paralel.

Parkir jenis ini kerap kali dianggap sulit terutama bagi para pemula. Meski di zaman sekarang sudah banyak produsen mobil yang memberikan fitur kamera parkir dan sensor untuk mempermudah pengguna mobil.

Namun sebagai pengemudi harus mawas diri dan harus jeli ketika ingin melakukan teknik parkir. Lantas bagaimana cara parkir paralel yang benar? Simak beberapa tips dibawah ini.

Sekilas Tentang Parkir Paralel

Terdapat 2 jenis parkir mobil, yaitu parkir seri dan paralel. Nmun, kali ini kami akan berikan pembahasan lengkap mengenai parkir paralel.

Apa yang dimaksud dengan parkir paralel?

Parkir paralel adalah jenis parkir yang digunakan di tempat parkir yang tidak memiliki lahan luas. Biasanya bisa Anda temukan di parkiran pinggir jalan, atau parkiran mall. Sehingga mobil harus berjajar menjadi satu untuk bisa berhenti sekaligus memberikan akses jalan yang cukup kepada pengemudi mobil lainnya.

Parkir paralel biasa dilakukan oleh mobil matic, namun tidak jarang juga mobil manual yang menggunakan teknik ini.

Tips Parkir Paralel Mobil yang Benar

Berikut tips parkir paralel yang bisa Anda perhatikan sebelum melakukan parkir :

1. Sejajarkan Posisi Mobil

Langkah parkir paralel yang pertama Anda adalah posisikan mobil Anda sejajar atau lurus dengan mobil pengemudi lainnya yang sudah dulu terparkir.

Pastikan jarak antara mobil Anda dengan mobil lain berjarak kurang lebih setengah meter agar tidak boros lahan parkir.

Setelah itu, pindahkan tuas persneling ke posisi R atau mundur dan segera putar setir ke arah kiri hingga mentok. 

2. Pastikan Mobil Membentuk Sudut 45 Derajat Ketika Mundur

Langkah selanjutnya, mundurkan mobil Anda secara pelan-pelan, hingga membentuk sudut 45 derajat. Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa mobil sudah mundur dengan posisi membentuk sudut 45 derajat dengan tepat?

Nah, Anda bisa perhatikan bagian kaca spion kiri mobil Anda pada saat memundurkan mobil. Mundurkan pelan-pelan hingga bagian tengah dan belakang mobil sudah tampak dengan jelas dari kaca spion mobil. 

Baca Juga : Cara Parkir Seri dan Paralel Berbeda, Lho! Ini Penjelasannya

3. Luruskan Setir

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menentukan apakah mobil sudah membentuk sudut 45 derajat dengan tepat adalah dengan menggunakan fitur kamera belakang mobil yang berada pada bagian head unit.

Aktifkan fitur kamera tersebut, pantau pergerakan mobil Anda dan apabila posisi sudah pas, maka Anda bisa segera memutar setir mobil dan mundurkan mobil Anda secara perlahan hingga posisi roda lurus.

4. Perhatikan Bagian Depan dan Belakang Mobil

Ketika mobil sudah Anda mundurkan dengan posisi lurus ke belakang dengan sudut kemiringan 45 derajat, saatnya Anda perhatikan bagian depan dan belakang mobil Anda, apakah sudah sejajar dengan bagian belakang mobil lain yang sudah lebih dulu terparkir di depan mobil Anda.

5. Putar Setir Kemudi Mentok ke Kiri

Ketika posisi mobil Anda sudah sejajar dengan mobil lain yang terparkir di depan mobil Ada, itu tandanya Anda harus segera memutar setir kemudi mobil Anda ke arah kiri secara penuh atau mentok.

Kemudian, mundurkan lagi mobil Anda secara pelan-pelan hingga semua bagian body mobil masuk ke area parkir paralel yang sudah disediakan. Pastikan Anda selalu memperhatikan kaca spion saat memundurkan mobil.

Baca Juga : 5 Cara Menetralkan Mobil Matic Saat Parkir Paralel

6. Luruskan Roda Depan

Langkah terakhir adalah meluruskan roda bagian depan. Ketika seluruh bagian mobil sudah sejajar dengan mobil lain yang terparkir di depan mobil Anda, saatnya Anda atur kembali posisi setir untuk meluruskan bagian posisi roda mobil.

Apabila posisi mobil masih kurang pas, putar setir secukupnya ke arah kanan, kemudian majukan mobil lalu putar setir ke arah kiri dan mundurkan secara perlahan hingga posisi mobil lurus sejajar. Maka mobil sudah terparkir dengan rapi.

Itulah pengertian mengenai parkir paralel adalah dan tipsnya. Semoga tips di atas bermanfaat. Dapatkan juga tips menarik lainnya seputar otomotif di website Daihatsu ini.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bahaya Nggak Sih Knalpot Mobil Keluar Air?

2022-08-10

Lagi manasin mobil tiba-tiba lihat ada air yang menetes dari knalpot? Knalpot mobil keluar air merupakan satu fenomena biasa yang dialami sebagian pemilik mobil. Kondisi ini terkadang memang bikin

thumbnail

Begini Cara Kerja Sistem Kelistrikan Mobil Diesel

2022-08-10

Bicara soal mobil diesel, tentu memiliki sistem kelistrikan yang berbeda dengan mobil bensin. Sistem

thumbnail

Beberapa Etika yang Harus Dilakukan Saat Mobil Melewati Jalan Sempit

2022-08-10

Sebagai pengguna jalan, penting bagi Anda untuk selalu memahami bahwa jalan adalah milik umum sehingga setiap pengguna jalan memiliki hak yang sama. Untuk itu, sebagai p

thumbnail

4 Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak dan Penyebabnya

2022-08-10

Ciri ciri dinamo starter mobil rusak merupakan satu hal yang perlu diwaspadai bagi pemilik mobil. Dengan mengetahui gejala tersebut maka bisa menghindari kerusakan mobil yang lebih luas.