Logo Daihatsu
Menu

Cara Parkir Seri dan Paralel Berbeda, Lho! Ini Penjelasannya

Otomotif

2022-08-03

Cara Parkir Seri dan Paralel Berbeda, Lho! Ini Penjelasannya

Cara parkir seri dan paralel menjadi salah satu pengetahuan yang harus dimiliki pengemudi. Parkir mobil dapat menjadi musuh besar bagi pengemudi. Walaupun terlihat sepele, tetapi hal tersebut dapat menjadi masalah bila pengemudi kurang mahir. 

Hal ini berlaku untuk pengemudi yang baru saja belajar mengendarai mobil. Umumnya mereka akan kesulitan saat parkir kendaraan, terutama bila dihadapkan dengan keadaan parkir seri dan dua mobil menghimpit ruang parkir. 

Berikut ini kami sajikan informasi cara parkir mobil yang aman, baik seri maupun paralel dan perbedaanya.

Perbedaan Parkir Seri dan Paralel

Jenis parkir mobil ada 2, yaitu parkir seri dan paralel. Keduanya mempunyai perbedaan masing-masing. Untuk mengetahui bagaimana cara parkir mobil seri maupun paralel, lihat pembahasan berikut ini.

Cara Parkir Seri Mobil

Gambar Parkir Seri

Sebelum mengetahui cara parkir seri, Anda harus paham dulu definisnya. Apa itu parkir seri?

Parkir seri adalah cara parkir tegak lurus dengan sudut 90 derajat dari jalan utama. Jadi, posisi parkir tidak sejajar lurus ke depan belakang tapi berjajar ke samping.

Pengemudi harus mempunyai kemampuan spesial agar dapat mengemudikan kendaraan dengan baik, terutama ketika parkir.

Cara parkir seri, diwajibkan posisi kepala menghadap ke arah jalan atau parkir mundur. 

Karena, ketika berada dalam keadaan darurat seperti gempa bumi, kendaraan yang diparkir mundur bisa lebih mudah keluar dibandingkan dengan kendaraan yang parkir maju. Tips memarkirkan mobil seri, antara lain:

  1. Sejajarkan pilar B di garis parkir sebelah kanan, belokan kemudian menjauh dari ruang parkir, berikutnya majukan mobil ke depan sampai pilar D sejajar garis parkir di kanan.
  2. Putar kemudi di arah kanan, kemudian mundurkan kendaraan di arah ruang parkir. Hentikan kendaraan ketika bodi mobil sudah lurus, kemudian luruskan arah kemudi, mundurkan kendaraan dengan perlahan di ruang parkir.
  3. Ketika memarkirkan mobil seri, Anda harus memperhatikan spion kiri serta kanan. Jangan ragu mengulang maju serta mundur, bila posisi parkir terlihat lurus.
  4. Jangan sungkan untuk turun dari mobil agar bisa memastikan situasi belakang aman. Dengan melihat langsung, Anda akan mempunyai patokan yang pas untuk mengukur lebar kanan dan kiri di belakang mobil.

Baca Juga : Alasan Mengapa Parkir Mobil Ban Harus Lurus untuk Kenyamanan Berkendara

Cara Parkir Pararel Mobil

Gambar Parkir Paralel

Parkir paralel adalah teknik parkir mobil dengan posisi berjajar memanjang yang ada dipinggir jalan, biasanya sering kita jumpai di perkotaan atau kawasan ramai yang tidak mempunyai garasi.

Parkir paralel juga menjadi jenis yang harus Anda perhatikan. Pada jenis parkir ini, Anda harus memarkir dengan posisi berjajar memanjang seperti ketika masuk ke gerbang tol.

Memang, bila melihat parkir paralel, terlihat sangat mudah. Padahal parkir ini memerlukan teknik sendiri, karena posisi bisa menjadi sulit, bila jarak mobil di depan serta belakang berdekatan. Kemungkinan mobil tergores akan tinggi.

Sehingga, Anda harus memarkirkannya dengan hati-hati. Lantas, bagaimana cara parkir paralel pada mobil?

Berikut tips mudah parkir mobil paralel, antara lain:

1. Kenali Arah Belok Terlebih Dulu

Salah satu kesalahan ketika memarkirkan mobil secara paralel adalah tidak mengetahui arah belok, sehingga pengemudi keliru membelokkan stir mobil dan mobil tidak bisa diparkir ke arah yang sama. 

Pengemudi harus mengetahui radius putar agar saat membelokkan setir tidak kesulitan, dan menjaga jarak dengan kendaraan lain yang terparkir. Bila Anda membelokkan stir terlebih dulu radius putar akan semakin singkat. 

2. Kenali Area Parkir

Ketika parkir, pengemudi bukan hanya harus mencari area yang kosong agar bisa menempatkan mobil. Tetapi, pengemudi juga harus mengetahui area mana yang kosong dengan cermat.

Untuk memperhatikannya, bisa dengan memposisikan titik tengah di area parkir. Titik tengah ini merupakan posisi di belakang pintu atau sejajar dengan safety belt.  Bila proses ini sejajar dengan bumper di belakang mobil depan Anda hanya perlu parkir di area tersebut.

Baca Juga : 5 Cara Menetralkan Mobil Matic Saat Parkir Paralel

3. Kendalikan Rem Ketika Parkir

Baik gas dan rem harus dikendalikan dengan hati-hati karena area parkirnya sangat sempit.

Selain mengetahui cara parkir seri dan paralel, hal lain yang harus Anda perhatikan adalah kondisi mobil. Pastikan melakukan service mobil di bengkel resmi Daihatsu. Memiliki mekanik yang berpengalaman, Anda juga dapat melakukan booking service. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Begini Efek Membiarkan Tutup Radiator Rusak

2021-12-20

Radiator memiliki fungsi yang penting untuk menjaga agar suhu mesin tidak overheat. Sistem pada pendingin  radiator membutuhkan komponen yang cukup banyak Lalu bagaimana dengan efek tutup radi

thumbnail

Dampak Negatif Oli Gardan Mobil Tidak Pernah Diganti

2022-01-30

Di dalam mesin mobil, terdapat berbagai macam komponen. Yang mana ada beberapa komponen yang sangat penting untuk diganti secara berkala. Oli gardan termasuk di dalamnya, Tapi bagaimana jika oli ga

thumbnail

Cara Cepat Jual Mobil Online agar Laku dengan Harga Tinggi

2021-08-06

Mobil merupakan jenis kendaraan yang bernilai mahal, sekitar ratusan juta rupiah untuk versi baru. Kendaraan jenis ini juga rentan dijual kembali terutama ketika pemilik

thumbnail

4 Cara Cek Pajak Kendaraan Jakarta Online Terbaru 2024

2024-02-15

Di tahun 2024 ini, perkembangan teknologi sudah merambah ke beberapa aspek, termasuk pada pengembangan sistem pembayaran pajak kendaraan. Bagi para warga Jakarta, tidak perlu lagi mengantri ke Sams