Logo Daihatsu
Menu

Apa Itu Shift Kit, Fungsi pada Mobil Matic, dan Perawatannya?

Otomotif

2022-05-22

Shift Kit Mobil Matic

Bagi Anda pengguna transmisi matic mungkin masih awam dengan komponen shift kit mobil matic. Pasalnya, shift kit ini memiliki peran yang penting dalam perpindahan gigi pada transmisi matic.

Dengan mengetahui kinerja shift kit di mobil matic, Anda akan mengetahui mengapa mobil matic yang Anda kendarai nyaman saat digunakan.

Untuk mengenal lebih dalam mengenai komponen shift kit, fungsi dan bagaimana perawatannya. Simak pembahasannya dibawah ini.

Apa itu Shift Kit Mobil Matic?

Shift kit merupakan sekumpulan komponen pada mobil yang bertujuan untuk menghasilkan perpindahan kendaraan antar gigi yang lebih efisien. Baik transmisi otomatis maupun manual keduanya dikelola oleh kit.

Mungkin Anda pernah mendengarnya namun masih mengabaikan dan kurang memahami mengapa shift kit dibutuhkan.

Padahal, shift kit mobil matic ini dapat meningkatkan waktu perpindahan transmisi, meningkatkan kekencangan transmisi hingga ketahanan komponen transmisi.

Hal semacam ini diperlukan, karena terkadang pabrikan mobil membiarkan terlalu banyak perpindahan gigi yang akhirnya berada di kedua gigi sekaligus ketika ingin meningkatkan kelancaran perpindahan gigi.

Ada istilah “slush box” atau “kotak lumpur” yang akhirnya tercipta untuk menggambarkan transmisi otomatis ini karena terasa sangat halus hingga tidak terhubung.

Adanya tumpang tindih dari perpindahan gigi yang diperpanjang, akan membuat perpindahan gigi lebih halus, sehingga dapat mengurangi daya tahan transmisi yang membuat permukaan gesekan bekerja lebih keras.

Gesekan tersebut menciptakan panas yang berlebih hingga membuat seal serta kopling aus sebelum pada waktunya.

Peran shift kit disini dapat mengurangi kejadian tumpang tindih dan meningkatkan tindakan pemindahan gigi keseluruhan lebih cepat hingga mengefisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Fungsi Shift Kit Mobil Matic

Secara umum, shift kit tersedia dalam berbagai macam jenis dengan serangkaian fungsinya sendiri. Yaitu diantaranya:

1. Meningkatkan Pemindahan Gigi

Ada shift kit yang berorientasi pada kinerja yang bertujuan untuk meningkatkan pemindahan gigi melalui aliran cairan transmisi melalui badan katup. Jika shift kit semakin konsisten maka semakin besar juga peningkatan kinerjanya.

2. Memperpanjang Umur Transmisi Otomatis

Shift kit ternyata dapat memperpanjang umur transmisi otomatis Anda. Pasalnya, shift kit ini dapat mengurangi gejala pada slip kopling sehingga membuat perpindahan gigi lebih sigap.

Apabila gejala slip teredam, maka otomatis akan mempengaruhi usia pakai mobil transmisi matic jadi lebih panjang. Gejala slip yang berkurang bisa membuat girboks semakin awet

Bagaimana dengan Perawatannya?

Apabila transmisi matic mobil Anda dipasang shift kit, maka Anda harus melakukan penyesuaian atau perawatan.

Pasalnya shift kit merupakan komponen yang dapat membuat perpindahan gigi lebih sigap sehingga dapat meningkatkan tekanan oli transmisi.

Oleh sebab itu, diperlukan perawatan dengan cara melakukan kontrol kualitas oli yang lebih intens. Anda harus mengganti oli transmisi lebih cepat setengahnya dari interval normal.

Kalau biasanya mengganti oli transmisi matic setiap 50.000 kilometer, maka gantilah menjadi setiap 25.000 kilometer. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas oli transmisi tetap dalam kondisi baik.

Pada dasarnya, peningkatan tekanan oli transmisi yang dihasilkan, membutuhkan kualitas oli yang bagus.

Dapat disimpulkan bahwa perawatan shift kit sebenarnya sangat mudah, yakni dengan mengganti oli lebih cepat dari pada biasanya, hal ini diberlakukan bagi Anda yang menggunakan shift kit agar mobil matic selalu dalam kondisi baik.

Jika Anda pengguna mobil Daihatsu dan ingin memasangkan shift kit mobil matic segeralah berkunjung ke layanan Daihatsu terdekat.


Tag

Otomotif

Share This