Logo Daihatsu
Menu

Apa Itu Sudut Toe, Fungsi, dan Masalahnya

Otomotif

2021-12-10

sudut toe mobil

Apa itu sudut toe, fungsi, dan masalahnya? Pemilik mobil harus paham. Selain berkaitan dengan kenyamanan mengemudi, juga berpengaruh pada keselamatan.

Kondisi kemudi yang kurang nyaman dan tidak sesuai tentu sangat mengganggu. Setir bisa terbanting ke kanan maupun ke kiri yang dapat berakibat fatal. Sudut toe merupakan indikator terkait hal ini

Apa Itu Sudut Toe, Fungsi, Dan Masalahnya Bagi Mobil

Pemilik, terutama yang sering mengendarai mobil harus paham hal ini. Bagi yang sudah berpengalaman, adanya pergeseran pada toe dari kondisi normal akan sangat terasa. Jika terjadi masalah harus segera diatasi teknisi berpengalaman.

Sudut toe adalah kondisi yang menggambarkan posisi roda baik kanan maupun kiri. Lebih jelasnya, sudut ini menunjukkan kelurusan roda terhadap bidang horizontal jika mobil dilihat dari posisi atas.  Jika bermasalah maka setir akan tertarik ke kiri atau kanan.

  • Jenis Sudut Toe

Berdasarkan kondisi roda baik kiri maupun kanan dibanding bidang horizontal, terdapat tiga jenis sudut toe. Jika kendaraan mengalami masalah ini, maka sangat beresiko. Jenisnya adalah:

  • Toe in disebut juga positive toe, dimana kondisi roda depan miring ke arah garis tengah bodi kendaraan.
  • Toe out atau negative toe, kondisi dimana roda belakang miring keluar dari bodi kendaraan.
  • Toe netral - Kemiringan roda berada pada satu posisi garis sumbu aksis jika dilihat dari atas mobil.

Kondisi toe yang tidak sesuai berdampak besar pada stabilitas dan kenyamanan dalam mengendarai mobil. Selain itu berpengaruh pada ban yang menyebabkan cepat aus.

  • Fungsi Toe

Kemiringan toe berpengaruh sangat besar. Bukan hanya pada awet atau tidaknya sparepart tetapi juga keselamatan. Sebaiknya cek secara berkala kondisinya sehingga tetap dalam keadaan standar. Fungsi toe adalah: 

  1. Sebagai penentu kesimetrisan atau kelurusan arah roda
  2. Kemiringan toe sangat terasa pada track lurus. Jika tidak sesuai dengan standar maka laju roda tidak stabil yang dapat menyebabkan terpelanting ke kiri atau kanan
  3. Bagian penting dalam mengoreksi sudut camber dan caster. Jika seimbang dengan tepat maka dapat memperpanjang umur pakai ban, rem dan suspensi mobil
  • Masalah Pada Sudut Toe

Kondisi kemiringan toe yang tidak sesuai standar dapat menimbulkan berbagai masalah pada kendaraan. Kesalahan dalam penyetelan dapat berakibat fatal. Setelah diservice, coba dulu. Jika kurang nyaman segera sampaikan pada teknisi.

  • Toe In

Masalah toe in atau out berlebih sama-sama berdampak negatif. Kemiringan yang lebih ke dalam pada roda depan menyebabkan kendaraan terseret ke sisi luar. Selain itu juga lebih sensitif terhadap putaran kemudi.

Akibat toe in respon kendaraan terhadap gerak belok lambat. Pada tikungan, toe in berubah menjadi toe out untuk mengurangi scrub ban. Hal in terjadi akibat roda bagian dalam berbelok melalui interval kecil jika dibandingkan roda luar.

  • Toe Out

Efek toe out menjadikan tingkat respon kemudi tinggi. Pengaturannya yang tepat membuat cengkraman ban depan lebih kuat sehingga meningkatkan akselerasi. Tetapi mengakibatkan ban kurang awet. Selain itu juga berpengaruh pada  rem dan understeer.

Akibat dari toe out adalah stir kehilangan arah dan susah dikendalikan. Oleng kanan dan kiri dapat terjadi sehingga menyebabkan kecelakaan. Spooring dan balancing dapat mengatasi masalah pada sudut toe.

Baca Juga: Fungsi Poros Engkol Pada Kendaraan

Sebelum berkendara, pastikan bahwa kendaraan dalam keadaan prima. Pilih kendaraan handal seperti produk dari Daihatsu agar perjalanan semakin menyenangkan. Apa itu sudut toe, fungsi dan masalahnya dapat diatasi dengan melakukan tune up secara berkala.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Wajib Tahu! Begini Cara Reset Remote Mobil dengan Mudah

2020-12-29

Agar lebih mudah mengoperasikan sebuah kendaraan, produsen biasanya menghadirkan remote control. Dengan adanya benda tersebut, pengguna bisa mengoperasikan kendaraannya

thumbnail

Apa Itu Kaliper? Inilah Fungsi dan Cara Kerjanya Pada Mobil

2023-12-20

Sistem pengereman pada suatu mobil bisa dibilang bagian dari sistem keselamatan untuk pengguna mobil. Pada sistem pengereman terbagi menjadi dua sistem yaitu sistem

thumbnail

Fungsi Master Silinder dan Cara Kerjanya, Yuk Simak!

2023-11-22

Master silinder merupakan komponen mobil yang memiliki fungsi penting dalam sistem pengereman mobil. Komponen ini memiliki cara kerjanya yang sederhana dalam menjala

thumbnail

Penyebab Dinding Ban Mobil Benjol

2022-01-30

Dinding ban benjol dapat terjadi kapan saja. Bukan hanya mengganggu kenyamanan dalam berkendara, tetapi juga tidak aman.  Konstruksi ban sebenarnya dibuat sesuai untuk segala medan dan