Logo Daihatsu
Menu

Apa Saja Fungsi Bumper pada Sistem Suspensi? Simak di Sini!

Otomotif

2023-10-06

Apa Saja Fungsi Bumper pada Sistem Suspensi? Simak di Sini!

Berbicara tentang kenyamanan berkendara, tidak terlepas dari peran sistem suspensi. Seperti diketahui, sistem tersebut dirancang untuk meredam segala getaran yang diakibatkan oleh jalanan ketika mobil melaju. Agar sistem suspensi bekerja dengan baik, tentunya membutuhkan komponen-komponen lainnya seperti pegas, shock absorber, ball joint, komponen arm, strut bar hingga bumper. Komponen-komponen tersebut memiliki peranannya masing-masing dalam menunjang kinerja suspensi mobil. 

Namun, pada pembahasan kali akan dijelaskan secara detail mengenai fungsi bumper pada suspensi mobil. Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa Saja Fungsi Bumper pada Sistem Suspensi Mobil?

Sebagai salah satu komponen dari sistem suspensi, bumper mobil memiliki beberapa fungsi penting pada sistem tersebut. Berikut fungsi selengkapnya.

1. Melindungi komponen lainnya pada sistem suspensi

Pada sistem suspensi mobil, bumper memiliki fungsi utama yakni melindungi komponen-komponen suspensi mobil. Ketika mobil melintasi jalanan yang rusak, sudah dipastikan akan timbul guncangan dan efek kejut. Besarnya guncangan tersebut tergantung dari kondisi jalanan yang rusak. Apabila kondisi jalanan rusak parah, maka guncangan tersebut dapat merusak komponen sistem suspensi lainnya. 

Namun, hal tersebut dapat dicegah dengan adanya bumper karena komponen ini mampu meredam guncangan dan efek kejut yang kuat tersebut dengan baik. Jika dilihat dari jenisnya, bumper dibagi menjadi dua jenis yakni bounding bumper dan rebounding bumper. Bounding bumper sendiri berfungsi untuk menahan tumbukan ketika suspensi dalam kondisi mengembang. 

Sedangkan, ketika suspensi dalam keadaan mengerut maka tumbukan tersebut ditahan oleh rebounding bumper. Bumper juga dapat mencegah adanya kontak langsung antara per atau kerangka mobil dengan komponen suspensi sehingga dapat memperpanjang usia keausan mobil.

2. Mengurangi kerusakan komponen suspensi lainnya

Bumper mobil juga dapat meminimalkan risiko kerusakan pada komponen lain seperti sistem knuckle, rem, ataupun roda. Ketika terjadi guncangan ekstrem pada mobil, maka bumper akan melindungi komponen-komponen tersebut untuk saling bergesekan.

3. Meningkatkan tingkat kendali mobil

Bumper mobil juga bisa meningkatkan kendali mobil terutama saat mengontrol pergerakan suspensi yang cukup ekstrem. Bumper akan menjaga antara permukaan jalanan dengan traksi ban ketika terjadi guncangan. Bumper juga bisa mengurangi efek perpindahan berat mobil serta pengereman yang berlebihan ketika melewati jalanan yang rusak. 

4. Meningkatkan stabilitas laju mobil

Bumper berfungsi untuk meningkatkan stabilitas laju mobil. Ketika mobil melakukan manuver dengan kecepatan yang sangat tinggi, maka bumper akan membatasi pergerakan suspensi. Dengan begitu, gerak suspensi tidak akan bergerak secara berlebihan sehingga laju mobil tetap stabil.

5. Meningkatkan kenyamanan berkendara

Selain mampu menjadi peredam guncangan dari jalanan ke bagian suspensi. Bumper juga bisa meredam guncangan dan efek kejut tersebut agar tidak sampai ke bagian kabin. Dengan begitu, penumpang dan pengemudi mobil tidak akan merasakan getaran yang mengganggu sehingga perjalanan tetap nyaman sampai tujuan. 

Selain berperan penting terhadap kinerja sistem suspensi, ternyata bumper juga berfungsi mencegah kerusakan bodi mobil dari tabrakan kendaraan lain ketika kecelakaan terjadi. Melihat banyaknya manfaat yang diberikan bumper, sudah semestinya Anda merawat komponen ini dengan rutin. Anda bisa memeriksa secara rutin kondisi mur dan baut yang tertera pada bumper. Pastikan semuanya terpasang dengan kencang, agar tidak renggang. 

Namun, apabila bumper dan sistem suspensi Anda mengalami permasalahan yang serius, Anda perlu mengunjungi bengkel Daihatsu terdekat untuk melakukan servis. Sebab servis di bengkel Daihatsu merupakan pilihan yang tepat. Anda bisa mendapatkan pelayanan servis terbaik dari mekanik yang kompeten di bidangnya, peralatan yang mumpuni, hingga suku cadang dijamin original. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Mesin Mobil Pincang Saat RPM Rendah dan Solusinya

2023-09-29

Mesin mobil pincang saat RPM rendah membuat kenyamanan berkendara terganggu. Permasalahan tersebut, kerap kali membuat panik para pengemudi khususnya pengemudi pemul

thumbnail

Fungsi Dwell Tester : Cara Perawatan & Menggunakannya

2022-08-10

Bicara soal pemeliharaan kendaraan, tentu tidak lepas dari penggunaan alat ukur untuk membantu proses perbaikan salah satunya menggunakan dwell tester. Salah satu fungsi dwell tester

thumbnail

Apa itu Kompresi pada Mobil? Ini Daftar Rasionya!

2022-12-15

Kompresi secara bahasa artinya adalah pemampatan. Dalam proses kompresi tentu saja menimbulkan tekanan. Oleh karena itu dalam dunia otomotif, kompresi adalah pemampa

thumbnail

10 Perpaduan Warna Jok Mobil yang Bagus dan Elegan

2022-09-26

Ketika Anda ingin berniat memodifikasi mobil Anda, ada salah satu peranti mobil yang tidak boleh dilupakan, yaitu warna jok mobil yang bagus. Dengan