Logo Daihatsu
Menu

Apakah Oil Sludge Bisa Terjadi pada Mobil Matic?

Otomotif

2022-05-22

Oil Sludge di Mobil Matic

Oil sludge merupakan istilah untuk menyebut lumpur oli atau kotoran yang berasal dari hasil oksidasi maupun pencemaran pada oli mesin. Hal ini mungkin saja terjadi pada semua jenis kendaraan, termasuk oil sludge di mobil matic.

Hasil dari pencemaran tersebut akan mengendap atau mengental, sehingga oli berubah bentuk menjadi seperti bubur maupun cokelat panas. Kira-kira, bagaimana hal seperti ini bisa terjadi?

Penyebab dan Ciri-ciri Oil Sludge di Mobil Matic

Oil sludge seolah sudah menjadi penyakit mobil bekas, terutama yang pemiliknya jarang sekali melakukan ganti oli. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab maupun ciri-ciri mobil yang mengalami oil sludge.

Apakah Oil Sludge di Mobil Matic Mungkin Terjadi?

Kabar baiknya, bagi pemilik kendaraan matic bisa agak berbesar hati. Pasalnya, kemungkinan mobil matic mengalami oil sludge itu sangatlah kecil, dibandingkan dengan transmisi manual atau gigi. Ada beberapa faktor penyebabnya, yakni:

  1. Oli pada karter mobil matik nyaris tidak pernah terjadi pengentalan, karena gesekan yang terjadi pada transmisi matik tidaklah sebesar mesin
  2. Gesekan tersebut juga meminimalisir residu kotoran yang bisa memicu endapan atau penumpukan pada gearbox.
  3. Suhu pada mobil matik juga cenderung lebih stabil, sehingga oli cukup jarang terpapar panas mesin yang tinggi.
  4. Gearbox pada transmisi mobil matik didesain lebih melandai, sehingga pengendapan jarang terjadi.
  5. Tampungan oli mesin pada mobil matik lebih merata, akibatnya sirkulasi tetap bisa berlangsung secara menyeluruh.
  6. Kontaminasi udara yang berasal dari luar hampir tidak pernah terjadi, karena gearbox memiliki konsep kedap.

Penyebab Oil Sludge

Meski demikian, oil sludge di mobil matic tetap mungkin saja terjadi. Sebab, kondisi tersebut tidak hanya bergantung pada kondisi gearbox saja, tetapi juga dipengaruhi oleh hal-hal berikut ini:

  1. Pemilik mobil malas untuk mengganti oli mesin, sehingga sudah melebihi batas maksimal penggunaan., yakni 10 ribu kilometer. Saat sudah melewati batas masa pakai, keefektifan oli sebagai pelumas akan jauh berkurang.
  2. Salah memilih oli mesin yang cocok sesuai spesifikasi kendaraan. Hal ini dikarenakan tingkat kerapatan pada mesin mobil tidak selalu sama, tergantung spesifikasi dari pabrikan.
  3. Menjadi korban penipuan, karena oli yang digunakan ternyata palsu.
  4. Tidak pernah mengganti filter oli, sehingga kemampuannya untuk menyaring kotoran menjadi berkurang.

Ciri-ciri Mobil Mengalami Oil Sludge

Sayangnya, oli tersebut berada di dalam mesin, sehingga cukup sulit untuk mengenali tanda-tanda terjadinya oil sludge. Meski begitu bukan berarti tidak ada jalan, berikut beberapa cara pengecekannya:

  1. Bukalah tutup gearbox, lalu colek menggunakan jari pada bagian belakang tutupnya. Seandainya ada endapan seperti jelly berarti sudah terjadi oil sludge.
  2. Intip melalui lubang gearbox, apabila tampak endapan atau seperti agar-agar, segera ganti olinya. Agar tampak lebih jelas, gunakan senter untuk menyoroti bagian dalam gearbox.
  3. Running mesin selama beberapa saat, lalu lakukan pengecekan menggunakan dipstick. Apabila ada kotoran yang menempel pada dipstick tersebut, besar kemungkinan sudah terjadi oil sludge di bagian dalam.

Cara Mengatasi Oil Sludge

Langkah pertama untuk mengatasi oil sludge tentu saja dengan menghindari beberapa penyebab di atas. Tidak hanya dengan melakukan pengecekan secara rutin, pastikan mobil juga mendapatkan perawatan yang benar.

Jangan lupa untuk mengganti oli, setiap masa berlaku sudah habis atau mesin mobil terasa kurang nyaman. Jika oil sludge ternyata sudah terlanjur terjadi,pemilik bisa membersihkan mesin atau biasa disebut dengan engine conditioner atau engine flush.

Tujuannya untuk membersihkan semua kotoran atau endapan, bukan hanya pada bagian gearbox saja, tetapi juga yang lainnya. Meski demikian, jangan melakukan flush oli sendiri.

Apabila memang tidak memiliki pengetahuan lebih mengenai mesin, lebih baik serahkan saja kepada ahlinya. Untuk menghindari antri saat service, Anda bisa membuat janji temu melalui link berikut ini.

Tidak hanya mampu mengatasi oil sludge di mobil matic, mekanik andalan kami siap melakukan perawatan sesuai standar yang berlaku. Untuk mobil kesayangan, berikan perawatan yang terbaik.


Tag

Otomotif

Share This