Logo Daihatsu
Menu

Aturan Ganjil Genap Selama PSBB Jakarta

Otomotif

2020-12-11

ganjil genap saat psbb jakarta

Aturan Ganjil Genap Selama PSBB Jakarta - Pemprov DKI Jakarta kembali memberlakukan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi yang tadinya berakhir pada 22 November 2020. Mengingat kasus penyebaran Covid-19 di Ibu Kota masih tinggi, PSBB transisi pun diperpanjang sampai 6 Desember 2020. Kebijakan ini turut memengaruhi aturan berlalu lintas lainnya seperti Ganjil Genap. 

Ganjil Genap merupakan pembatasan kendaraan bermotor dengan pelat ganjil atau genap untuk melintas di ruas jalan tertentu Ibu Kota. Angka ganjil genap diambil lewat nomor akhir pelat kendaraan dan disesuaikan dengan tanggal pada hari tersebut. 

Misalnya kendaraan punya Sahabat berplat B 2084 PFJ. Nah, kalau dilihat dari angka terakhir nomor plat yaitu 4, mobil Sahabat bisa melintas di tanggal genap. 

Aturan ganjil genap sudah disosialisasikan sejak pertengahan 2016. Sistem ini dibuat untuk menggantikan kebijakan jalur 3 in 1 (three in one) untuk mengurai kemacetan di Ibu kota. 

DKI Jakarta baru mengefektifkan sistem ganjil genap saat Jakarta menjadi tuan Rumah Asian Games pada 2018. Awalnya, ada 9 ruas Jakarta yang menerapkan sistem ganjil genap. Seiring waktu berganti, aturan ini disesuaikan hingga kini ada 25 ruas jalan yang memberlakukan sistem ganjil genap. 

Berikut adalah ruas jalan DKI Jakarta yang diberlakukan sistem ganjil genap:

* Jalan Jendral Ahmad Yani dengan permulaan pemberlakuan ganjil genap mulai dari persimpangan Jalan Perintis Kemerdekaan dan berhenti hingga persimpangan di Jalan Bekasi Timur Raya

* Jalan Jenderal S Parman (sebagian). Pada ruas jalan ini diberlakukan peraturan ganjil genap mulai dari ujung persimpangan Jalan Tomang Raya hingga persimpangan di Jalan KS Tubun

* Jalan HR Rasuna Said

* Jalan Jenderal MT Haryono

* Jalan Medan Merdeka Barat

* Jalan DI Panjaitan

* Jalan MH Thamrin

* Jalan Jenderal Sudirman

* Jalan Gatot Subroto

* Jalan Kramat Raya

* Jalan Pramuka

* Jalan Senen Raya

* Jalan Salemba Raya

* Jalan Gunung Sahari

* Jalan Tomang Raya

* Jalan Suryopranoto

* Jalan Kyai Caringin

* Jalan Balikpapan

* Jalan RS Fatmawati (sebagian) diberlakukan dari persimpangan Jalan Ketimun 1 hingga mencapai persimpangan di Jalan TB Simatupang

* Jalan Panglima Polim

* Jalan Gajah Mada

* Jalan Sisingamangaraja

* Jalan Pintu Besar Selatan

* Jalan Majapahit

* Jalan Hayam Wuruk

Waktu penerapan sistem ganjil genap terbagi atas dua shift pagi dan sore. Waktu tersebut dianggap sebagai puncak arus kendaraan yang melintas di kawasan Ibu kota alias jam berangkat dan pulang kantor. 

Ganjil genap berlaku pada pagi hari pukul 06.00-10.00 WIB dan sore 16.00-21.00 WIB. Sistem ini tidak berlaku pada Sabtu-Minggu dan hari libur. 

Ganjil Genap Selama PSBB Jakarta 

Pemerintah DKI Jakarta menerapkan PSBB pertama kali sejak 10 April 2020. Pembatasan ketat diperpanjang sampai tiga putaran. Kemudian diperpanjang dua putaran yang mana dalam satu putaran berlangsung selama dua minggu dan disebut PSBB Transisi. 

Masa transisi PSBB pun terus berlanjut sampai 6 Desember 2020. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan bahwa kebijakan ganjil genap ditiadakan selama masa PSBB Jakarta. 

Kebijakan itu merupakan instrumen pengganti pembatasan mobilitas warga selama pandemi Covid-19. Meski ganjil genap tidak berlaku, masyarakat diimbau agar mematuhi protokol kesehatan dalam berlalu lintas selama PSBB transisi.

Pengendara mobil diwajibkan dengan konfigurasi dua orang setiap baris, kecuali satu domisili maka bisa diisi penuh. Saat berkendara juga tetap wajib menggunakan masker, dan setelah menggunakan kendaraan wajib melakukan penyemprotan disinfektan.

Ojek online dan pangkalan juga tak ada perubahan, masih diizinkan membawa penumpang serta tetap menerapkan protokol kesehatan. Pengemudi tetap dilarang berkerumun lebih dari lima orang, serta harus menjaga jarak saat menunggu antar pengemudi dan parkiran motor minimal satu meter.

Penulis: Dinno Baskoro


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Inilah Penyebab Radiator Mobil Cepat Panas & Cara Mengatasinya

2023-01-06

Memahami penyebab radiator mobil panas sejak dini dapat menghindarkan

thumbnail

Kenali Perbedaan BEV, HEV, PHEV, dan FCEV pada Mobil di Sini!

2023-09-29

Apa perbedaan HEV, PHEV. BEV, dan FCEV? Anda pasti sudah tidak asing dengan pertanyaan tersebut. Beberapa tahun terakhir, pertanyaan tersebut kerap kali ditanyakan s

thumbnail

Info Lengkap Pemutihan Pajak Kendaraan Bekasi 2023, Cek Jadwalnya!

2023-10-07

Warga Bekasi perlu berbahagia atas diperpanjangnya Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bekasi 2023. Ternyata program ini tidak berakhir di penghujung bulan Agustus. La

thumbnail

Ketahui Syarat Bawa Mobil Naik Kapal Laut, Yuk Simak!

2023-01-13

Membawa kendaraan besar menyeberangi pulau terasa sangat merepotkan, namun dengan menggunakan transportasi kapal laut akan terasa mudah. Terdapat syarat yang harus d