Logo Daihatsu
Menu

Bahaya Kerikil Menyelip di Telapak Ban Mobil dan Cara Menanganinya

Otomotif

2022-06-24

Kerikil Selip di Telapak Ban

Mobil menjadi kendaraan yang Anda pilih untuk mobilitas kegiatan sehari - hari? Sudahkah Anda menjaga kondisinya agar selalu dalam keadaan baik dengan performa yang maksimal? Kondisi mobil haruslah dalam keadaan yang stabil, baik dari sisi mesin maupun dari sisi komponen vital di luarnya.

Ketika mobil Anda gunakan di jalanan yang berbatu, pernahkah kerikil selip di telapak ban mobil Anda? Jika hal itu terjadi, jangan sampai dianggap enteng. Resiko yang besar bisa saja terjadi karena Anda mengabaikan kerikil tersebut.

Berikut Dampak Mengabaikan Kerikil Selip di Telapak Ban

Kerikil memang tidak akan berdampak signifikan pada performa mobil. Tapi tidak baik jika membiarkan kerikil yang terselip di dalam ban. Apalagi jika sudah dalam waktu yang lama. Kerusakan ban bisa saja terjadi dan membuat ban tidak berumur panjang.

Selain  itu hal ini juga bisa mengurangi kenyamanan berkendara hingga menyebabkan keselamatan terancam. Berikut adalah beberapa hal yang bisa terjadi jika membiarkan kerikil menempel di telapak ban. Simaklah!

Mengiris Karet Ban

Dampak yang paling sering terjadi ialah karet ban yang teriris batu. Ketika ban berputar dan batu yang terselip menyentuh permukaan jalan, sudah pasti akan tertekan dan mengiris permukaan dari karet ban. Keadaan ini juga bisa memburuk ketika dalam keadaan basah, seperti terkena genangan, terkena hujan, atau saat proses mencuci mobil.

Ban Mengempis Perlahan

Ketika karet ban sudah mulai teriris, bisa jadi kerikil akan terus masuk sampai ke casing ban. Tekanan udara dalam ban akan mulai mengempis dengan perlahan - lahan. Ban mobil Anda yang kempis akan mudah terkena benda keras dan tajam. Ban pun bisa dengan mudah bocor bahkan pecah saat digunakan.

Mengurangi Fungsi Pembuangan Air (Drainase)

Menempel dan menancapnya kerikil di telapak ban juga bisa membuat berkurangnya fungsi pembuangan air saat ban mobil melintasi jalanan yang basah. Ketika hal ini terjadi, ban akan mudah mengalami hydroplaning. Ban akan kehilangan gripnya saat berada di atas genangan air.

Keausan Telapak Ban Tidak Rata

Keausan pada ban mobil juga bisa menjadi dampak dari kerikil yang terselip. Ketika itu terjadi, permukaan ban akan mudah tidak merata (uneven wear). Keausan seperti ini bisa menyebabkan kebisingan (irregular noise) terjadi. Kenyamanan saat berkendara pun akan sangat berkurang. Begitu pula dengan keselamatan berkendara.

Cara Atasi Kerikil Selip di Telapak Ban

Banyaknya dampak atas kerikil yang dibiarkan terselip pada ban mobil sangatlah banyak dan beresiko ketika dibiarkan. Anda harus segera mengatasinya agar tidak menimbulkan masalah yang lebih besar.

Caranya tidaklah sulit, Anda hanya perlu lebih memperhatikan ban mobil dan membersihkannya secara berkala. Tidak bisa hanya dengan mencuci mobil hingga bannya. Anda harus mencungkil kerikil-kerikil tersebut dengan alat bantu. Obeng minus bisa Anda jadikan alat bantu untuk mengeluarkannya.

Jangka seminggu sekali sangatlah tepat untuk Anda pilih dalam mencungkil kerikil-kerikil tersebut. Selanjutnya, coba cungkil sambil mencuci mobil hingga ban-bannya minimal sebulan sekali. Jika perlu bawa mobil ke bengkel.

Anda bisa mempercayakan masalah kerikil selip di telapak ban dengan layanan service yang kami sediakan di bengkel Daihatsu. Teknisi yang handal dan sudah ahli dalam bidangnya akan membantu Anda menyelesaikan masalah tersebut. Untuk informasi lengkap mengenai Daihatsu, kunjungi laman berikut! Segera datang dan dapatkan layanan service kami sekarang juga!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Data Pelanggaran Lalu Lintas 2020: Jumlahnya Terus Menurun

2020-12-03

Pelanggaran lalu lintas merupakan bentuk perbuatan yang melanggar aturan atau tindak pidana yang bersifat ringan. Meski begitu, dampak akibat

thumbnail

Ternyata, Ini 4 Penyebab Lampu Senja Mobil Mati

2021-01-12

Ketika langit berwarna jingga mulai menyapa, setiap pengendara mobil diwajibkan untuk menyalakan lampu senja sebagai lampu penerangannya. Selain berfungsi sebagai lampu

thumbnail

5 Rekomendasi AC Mini Portable, Ada yang Cocok buat di Mobil Nih!

2021-01-04

AC mini portable merupakan alat pendingin ruangan yang bentuknya praktis, ringkas dan mudah dibawa ke mana saja. AC jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil daripada A

thumbnail

Cara Pasang Relay Lampu Foglamp Tambahan Mobil

2022-07-29

Foglamp atau lampu kabut mobil menjadi salah satu fitur keselamatan yang berguna untuk membantu menerangi pandangan pengemudi ketika terjadi gangguan cuaca seperti hujan deras, asap tebal sampai da