Logo Daihatsu
Menu

Bahaya Pakai Koil Busi Imitasi

Otomotif

2022-05-22

koil busi imitasi

Performa kendaraan yang Anda miliki sudah semestinya dijaga dan dirawat dengan baik. Kendaraan yang memiliki performa kurang bagus akan mengakibatkan kerusakan dalam jangka waktu yang relatif lama. Untuk menjaga performa kendaraan tetap bagus, maka Anda jangan pernah memilih menggunakan koil busi imitasi.

Busi palsu memang dapat menjadikan performa kendaraan Anda semakin menurun. Memang tidak akan berdampak  secara langsung dalam waktu yang dekat. Namun dalam jangka waktu yang lama performa kendaraan Anda akan semakin menurun.

Jangan Anggap Remeh, Inilah Bahaya Koil Busi Imitasi Pada Kendaraan

Busi merupakan salah satu komponen kendaraan yang memiliki fungsi penting. Jika tidak menggunakan busi yang terbaik maka bisa menyebabkan performa kendaraan Anda mengalami masalah. Untuk itu pemilihan busi kendaraan harus Anda pertimbangkan dengan baik.

Saat ini sudah banyak ditemukan koil busi imitasi. Menggunakan barang imitasi seperti ini tentunya bisa mengurangi performa kendaraan Anda. Bahkan kini busi imitasi dengan yang asli cukup sulit untuk dibedakan.

Menggunakan koil busi imitasi ini tak hanya menjadikan performa kendaraan kurang bagus, melainkan juga cukup berbahaya apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama. Ini bisa menyebabkan komponen kendaraan Anda kinerjanya menjadi berkurang.

Pada busi palsu biasanya menggunakan besi sehingga pada jangka waktu lama memiliki titik leleh yang lebih kuat. Busi palsu yang terbuat dari material besi jika semakin panas akan meninggalkan residu karena lelehannya.

Sedangkan busi asli terbuat dari material ceramic alumina meskipun dalam keadaan yang panas tidak akan meninggal residu. Hal ini menyebabkan ruang pembakaran tetap terjaga kebersihannya.

Adanya lelehan busi palsu yang menjadi residu ini dalam jangka waktu lama akan menjadikan kendaraan Anda akan mengalami masalah. Residu yang dibiarkan menumpuk ini dampaknya akan menjadi deposit yang akan melekat pada dinding silinder atau permukaan piston.

Dalam jangka waktu yang lama, residu tersebut bisa dipastikan dapat menyebabkan gangguan pada ruang pembakaran di kendaraan Anda. Dengan begitu, proses pembakaran pada kendaraan tidak bisa bekerja secara maksimal dan menimbulkan gejala yang tidak nyaman pada kendaraan Anda.

Gejala yang ditimbulkan karena menggunakan koil busi imitasi berupa tarikan kendaraan yang mulai terasa berat. Kemudian penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros dari yang seharusnya. Hingga tenaga kendaraan yang semakin loyo karena dampak dari kompresi yang sudah tidak normal lagi.

Namun yang paling fatal adalah seringnya menimbulkan knocking. Jika hal ini terjadi, maka semakin besar peluang terjadinya piston blong atau jebol. Keadaan seperti ini bisa terjadi dalam jangka yang panjang. Pada awalnya kendaraan mungkin terasa seperti normal.

Namun pada waktu yang lama gejala tersebut bisa semakin parah. Sudah bisa dipastikan masalah yang besar seperti ini memiliki biaya perbaikan yang tidak sedikit. Akan lebih baik jika Anda menggunakan busi asli.

Busi asli memang memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan busi palsu. Harganya yang jauh lebih murah inilah menjadikan masyarakat tergiur untuk menggunakan busi palsu. Hal ini tentunya tidak sebanding dengan biaya perbaikan yang akan Anda keluarkan nantinya jika kendaraan mengalami kerusakan akibat busi palsu.

Baca Juga: Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak

Untuk itu hindari penggunaan koil busi imitasi dan selalu pilihlah busi asli. Jika Anda merasa kendaraan sudah tidak normal, maka segera bawa ke bengkel resmi Daihatsu untuk diperbaiki. Ini perlu Anda lakukan sebelum kerusakan semakin parah. Dapatkan informasi seputar otomotif yang menarik dan bermanfaat dengan mengunjungi www.daihatsu.co.id.


Tag

Otomotif

Share This