Logo Daihatsu
Menu

Beberapa Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Pasang Subwoofer

Otomotif

2022-07-06

Pertimbangan Sebelum Pasang Subwoofer

Apa itu subwoofer? Subwoofer yakni suatu alat pendukung rangkaian instalasi audio mobil dengan fungsi lebih spesifik dibanding speaker biasa. Pasalnya, subwoofer mampu menghasilkan suara bass yang lebih halus dan jernih. Jika Anda tertarik untuk memasangnya, ada beberapa pertimbangan sebelum pasang subwoofer yang perlu diketahui.

Subwoofer dapat  menghasilkan bunyi dengan frekuensi yang lebih rendah terutama nada-nada di bawah bass. Dengan frekuensi antara 10-200 Hertz, subwoofer dilengkapi dengan sebuah kotak pelindung khusus di bagian luar untuk menjaga kualitas suara bas yang dihasilkan. 

5 Pertimbangan Sebelum Pasang Subwoofer

Pertimbangan sebelum pasang subwoofer harus dilakukan secara matang agar hasilnya maksimal. Jangan sampai Anda salah pasang atau kembali membeli subwoofer yang baru karena tidak sesuai harapan. Komponen ini memiliki tampilan berukuran lebih kecil daripada woofer atau speaker biasa. 

Pada instalasi audio mobil, ada beberapa jenis subwoofer yang umum dipakai. Diantaranya driver woofer berukuran 12 inci, driver woofer berukuran 10 atau bahkan 8 inci. Instalasi woofer berukuran kecil umumnya diletakkan di bagian buritan mobil. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum pasang subwoofer mobil :

1. Kenali Kebutuhan Audio

Sebelum membeli subwoofer mobil, sebaiknya konsultasikan pada penjual terkait jenis musik yang Anda diminati. Setiap orang memiliki selera musik yang berbeda-beda, ada yang suka jazz, dangdut, rock, reggae, pop dan lainnya. Lantas, jenis musik apa yang Sahabat minati? 

Musik yang disukai bisa tonjolkan, misal ingin lebih nge-bass, agak gemericik atau natural saja. Jadi saat menyetel musik favorit, audio yang dihasilkan akan terdengar lebih jelas. Penting untuk memahami kebutuhan audio diri sendiri agar tidak menyesal nantinya. Sahabat juga bisa mengkonsultasikan ke installer audio tentang hal ini.

2. Pilih Sesuai Jenisnya

Sahabat harus memahami jenis subwoofer yang ingin diinstal sebelum memasangnya. Terdapat dua jenis subwoofer yakni aktif dan pasif. Bagi Anda yang memiliki budget lebih, subwoofer pasif bisa menjadi opsi yang tepat. Subwoofer aktif biasanya termasuk subwoofer kolong yang sudah tertanam power atau amplifier di dalamnya 

Sedangkan subwoofer pasif  masih membutuhkan tambahan box dan power amplifier agar bisa digunakan. Anda juga bisa mendesain box subwoofer yang sesuai dengan ukuran mobil. Bicara soal kelistrikan, Anda disarankan memilih power amplifier yang bagus dan dayanya sesuai dengan subwoofer yang akan dipasang.

3. Pilih Lokasi yang Tepat

Sahabat juga harus pilih lokasi sesuai dengan ukuran subwoofer. Untuk subwoofer aktif biasanya sudah bundle, tinggal diletakkan di tempat yang diinginkan lalu sambungkan subwoofer dengan sumber listrik mobil. Subwoofer model box tipis biasanya diletakkan di kolong jok depan.

Sedangkan model tabung diletakkan dibagasi karena berukuran lebih besar. Jika ingin memasang subwoofer aktif di lantai mobil, pastikan permukaannya rata. Gunakan double tape, baut atau bracket khusus bawaan produk subwoofer aktif untuk memasangnya.

4. Periksa Ukurannya

Ada yang memiliki mobil sekedar untuk gaya, ada yang memang fungsional buat kebutuhan sehari-hari. Sebelum beli subwoofer, cek ukurannya agar box subwoofer tidak makan tempat terlalu banyak. Jika Anda menyukai tampilan seperti bawaan pabrik, sebaiknya memilih subwoofer yang kecil saja, namun menghasilkan suara yang cukup memuaskan.

Jika kebutuhan Sahabat untuk sekedar bergaya dan show off, bisa memilih ukuran subwoofer yang cukup besar. Mobil pilihan ini biasanya bukan tipikal mobil yang dipakai sehari-hari yang mengangkut penumpang atau barang belanjaan, melainkan mobil untuk kebutuhan koleksi dan modifikasi.

5. Cek Spesifikasi dan harganya

Pastikan Sahabat memperhatikan spesifikasi dan harga subwoofer sebelum memasang. Hal ini dikarenakan setiap subwoofer memiliki konsumsi daya yang berbeda-beda. Supaya sistem kelistrikan mobil tidak terganggu, pilih subwoofer dengan spesifikasi yang tepat. 

Jika butuh tambahan catu daya, maka harus menambahkan sumber listrik (accu) lagi agar subwoofer bisa berfungsi dengan baik dan tidak mudah rusak. Sebaiknya pilih subwoofer yang sesuai budget yang ingin dikeluarkan. Pasalnya impian untuk memiliki subwoofer bagus dan sesuai keinginan harus siap menyediakan budget yang kadang tidak sedikit. 

Itulah informasi tentang beberapa pertimbangan sebelum pasang subwoofer. Hal ini penting diperhatikan agar Sahabat bisa menemukan subwoofer mobil yang cocok dan sesuai keinginan. 

Selain instalasi subwoofer, untuk menunjang performa dan kenyamanan berkendara sebaiknya lakukan service secara berkala. Dapatkan layanan service terbaik dan perawatan mobil Daihatsu Anda disini!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Balik Nama Mobil : Cara Mengurus, Syarat, dan Biaya

2022-07-06

Sahabat baru beli mobil bekas? Mengurus dokumen balik nama mobil adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Balik nama mobil adalah proses mengganti data kepemilikan pada dokumen yang sah ke pemi

thumbnail

Mengenal Engine Mounting: Mulai dari Fungsi Sampai Cara Menggantinya

2022-07-06

Salah satu komponen penting yang ada pada mesin mobil adalah engine mounting. Komponen satu ini sangat penting lantaran kemampuannya yang mampu menahan getaran mesin. De

thumbnail

Apa Itu Tilt Steering dan Fungsinya pada Mobil?

2022-07-06

Tilt steering merupakan salah satu dari 4 jenis steering wheel (roda kemudi) yang ada pada sebuah mobil. Roda kemudi ini adalah komponen penting bagi sebuah mobil karena fungsinya yang menentukan j

thumbnail

Lima Jenis Aki Mobil yang Wajib Kamu Ketahui

2022-07-06

Mobil membutuhkan listrik. Tanpa arus listrik, lampu mobil Sahabat tidak bisa menyala, AC tidak berfungsi, bahkan, mobil Sahabat tidak akan bisa nyala, apalagi berjalan.