Logo Daihatsu
Menu

Beberapa Penyebab Bohlam Lampu Utama Cepat Putus

Otomotif

2022-05-22

bohlam lampu utama cepat putus

Lampu mobil menjadi salah satu unsur penting saat berkendara. Apalagi ketika di malam hari. Bohlam lampu ini berfungsi untuk penerangan. Namun pernahkah Anda mengalami lampu mobil tiba – tiba putus sehingga tak berfungsi? Tentunya hal ini membuat Anda tak nyaman, karena ketika berkendara, Anda bisa jadi tak bisa melihat jalanan didepan, apalagi jika penerangan jalan sangat terbatas. Tapi  tahukah Anda penyebab bohlam lampu utama cepat putus? 

Ada banyak penyebab bohlam lampu cepat putus, mulai dari kualitas lampu bohlam, hingga arus listrik yang terlalu tinggi. Lalu apa saja penyebab lainnya? Untuk itu, simak informasi dibawah ini sampai selesai ya! 

Inilah 5 Penyebab Bohlam Lampu Utama Cepat Putus

1. Tegangan Listrik pada Bohlam Terlalu Tinggi

Penyebab lampu bohlam pada mobil cepat putus adalah karena tegangan listrik yang terlalu. Perlu diketahui bahwa umumnya tegangan aki pada kendaraan sebesar 12 volt. Namun tegangan ini bisa naik hingga 14 volt, jika mesin dalam keadaan hidup. 

Tegangan yang tinggi ini ternyata bukan tanpa sebab, karena sistem pengisian pada mobil sedang mengisi daya baterai. Akibat naiknya tegangan listrik inilah, semua listrik yang terhubung akan berpengaruh dan lampu akan lebih terang.  

2. Kualitas Lampu Jelek

Penyebab lampu bohlam cepat putus juga bisa disebabkan karena kualitas lampu yang jelek. Hal ini karena ada pemilik kendaraan yang lebih memilih bohlam lampu yang bisa menghasilkan lampu terang, namun harga yang murah, tanpa memperhatikan kualitasnya. 

Akibatnya adalah cepat putus. Karena kualitas dari lampu bohlam juga bisa dipengaruhi oleh harga yang relatif tinggi. Dengan memperhatikan kualitas inilah, bohlam bisa lebih awet dan tahan lama. Tentunya Anda tak perlu sering mengganti bohlam. 

3. Soket Lampu Meleleh

Penyebab lain bohlam lampu pada mobil cepat putus karena soket lampu yang meleleh. Soket lampu ini terbuat dari plastic dan karet. Soket ini meleleh akibat terkena panas. Panas ini berasal dari lampu bohlam sendiri. Semakin terang lampu, maka semakin besar daya yang dibutuhkan. Dan ini yang menimbulkan panas sekitar soket sehingga meleleh. 

4. Adanya Korsleting

Selain karena kondisi lampu yang jelek, rangkaian lampu yang terputus pada sekring juga bisa membuat lampu bohlam putus. 

Jadi, jika lampu bohlam mobil yang tiba – tiba terputus, cara yang bisa Anda lakukan coba cek sekeringnya, ya! 

Anda bisa mengecek disepanjang rangkaian lampunya. Bisa saja karena kabel yang terkelupas, atau karena kondisi soketnya. 

5. Fuse dengan Tegangan Terlalu Besar

Sekring atau fuse memiliki fungsi sebagai pengaman rangkaian listrik dari aliran listrik yang besar yang bisa menyebabkan kebakaran. Didalam fuse atau sekring ini menggunakan kawat tipis dengan batas kekuatan tertentu. Sehingga kawat ini akan putus, apabila ada arus listrik yang memiliki aliran listrik yang melebihi batas kekuatan aliran listriknya. 

Baca Juga: Penyebab Bohlam Lampu Mobil Sering Putus

Jadi, jika lampu bohlam mobil Anda putus. Jangan langsung diganti, namun cek terlebih dahulu apakah tegangan listrik pada box sekring. Kemudian Anda bisa mencocokkan apakah tegangan pada box sekring dengan sekring sendiri memiliki tegangan yang sama atau bukan. Apabila fuse atau sekring memiliki tegangan listrik yang terlalu besar, maka Anda bisa menggantinya.

Demikian informasi mengenai penyebab bohlam lampu utama cepat putus. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan Anda tentang dunia otomotif. Bagi Anda yang membutuhkan berbagai jenis mobil dengan lampu bohlam terbaik, maka Anda bisa mendapatkannya di Daihatsu


Tag

Otomotif

Share This