Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Bohlam Lampu Mobil Sering Putus

Otomotif

2022-01-10

Bohlam Lampu Mobil Sering Putus

Ada yang pernah mengalami bohlam lampu mobil sering putus? Meski terbilang cukup sepele, tetapi hal seperti ini sangat menyebalkan. Apalagi jika terjadi di tengah perjalanan jauh dan pada malam hari. 

Pada dasarnya, bohlam mati karena filamen pada lampu tersebut terputus, sehingga tidak ada daya listrik yang mengalir. Mobil tetap bisa melaju dengan baik, tetapi cukup berbahaya karena tidak ada penerangan. Lalu apa saja penyebab bohlam lampu pada  mobil sering putus ? Untuk itu, cek artikel di bawah ini! 

Penyebab Bohlam Lampu Mobil Sering Putus

Proses pemutusan filamen pada lampu tidak terjadi begitu saja, tetapi ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Berikut penyebabnya : 

1. Kualitas Lampu Buruk

Label dengan harga murah pada lampu yang mampu bersinar terang memang sangat menggiurkan. Sayangnya, harga tak menjamin kualitas dari sebuah produk, tidak terkecuali lampu mobil.

Mungkin lampu tersebut memang bisa memancarkan cahaya yang lebih terang, tetapi bagaimana dengan daya tahannya? Percuma saja jika Anda mengeluarkan biaya murah, tetapi lampu cepat mati. Ujung-ujungnya, Anda harus membeli lampu baru lagi.

2. Tegangan Berlebih

Umumnya, tegangan aki pada kendaraan pribadi hanya sebesar 12 Volt saja. Namun saat mesin hidup, tegangan tersebut bisa saja tiba-tiba melonjak ke angka 14 Volt. Akibatnya, sistem kelistrikan juga akan mengalami peningkatan tegangan. 

Lampu memang akan tampak lebih terang, tetapi bisa saja memutus filamen pada bohlam, terutama pada mobil tipe lama. Pasalnya, untuk tipe mobil injeksi kini sudah dilengkapi dengan voltage stabilizer.

3. Akibat Korsleting

Kehadiran sekring pada mobil berfungsi sebagai pengaman rangkaian listrik dari berbagai permasalahan. Saat terjadi korsleting pada sistem kelistrikan, maka sekring akan terputus secara otomatis.

Tujuan pemutusan sekering ialah untuk mencegah terjadinya kebakaran. Namun, kondisi tersebut juga bisa menyebabkan lampu mobil menjadi mati. Sebagai langkah awal, cobalah untuk mengecek sekring terlebih dahulu, sebelum mengganti lampu.

4. Sekring Terlalu Besar

Sama seperti yang digunakan di rumah, sekring pada mobil juga mempunyai kapasitas yang berbeda-beda. Apabila kapasitas sekringnya terlalu tinggi, maka arus listrik yang mengalir ke lampu juga semakin besar.

Jika kondisi tersebut terjadi secara terus-menerus, maka akan menyebabkan filamen pada bohlam menjadi terputus. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah memasang sekring lampu sesuai kapasitas yang dianjurkan. 

5. Soket Meleleh

Memang tidak ada larangan khusus untuk memasang lampu yang terlalu terang. Hanya saja Anda tidak boleh lupa, bahwa selain menghasilkan cahaya lampu bohlam juga memicu suhu panas. 

Semakin terang, maka arus listrik yang mengalir dan energi panasnya juga semakin besar. Kondisi tersebut bisa melelehkan bagian soket dan seal karet yang tidak terlalu tahan terhadap panas.

Akibatnya, soket meleleh dan membuat cengkeraman lampu tersebut kurang kencang. Dalam kasus lebih lanjut, kondisi ini juga bisa menyebabkan koneksi terminal menjadi kendor dan memicu korsleting.

6. Cara Pemasangan Salah

Pemasangan lampu pada mobil memang tampak sangat mudah, yakni tinggal masukkan dan putar. Namun faktanya, cara pemasangan yang salah bisa menjadi penyebab bohlam lampu pada mobil sering putus. 

Misalnya saja saat Anda mengganti lampu, kemudian tidak sengaja memegang bagian bohlam. Tidak hanya berbekas pada tangan, tetapi lemak dan kotoran akan menempel pada bagian lampu tersebut. 

Baca Juga: Tips Menjaga Lampu Halogen Tetap Awet

Saat lampu menyala, kotoran tersebut akan berkumpul menjadi satu, sehingga panas pada permukaan lampu tidak tersebar secara merata. Selain menyebabkan lampu kurang terang, kondisi ini juga memicu pecahnya bohlam.

Apabila Anda memang kurang memiliki pengalaman mengenai sistem kelistrikan mobil, sebaiknya serahkan tugas ini kepada ahlinya atau Anda bisa membaca informasi di website kami.Dengan mekanik andal, bohlam lampu mobil sering putus akan teratasi dengan baik. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Merk Sabun Cuci Mobil yang Bagus Agar Mobil Terlihat Mengkilap

2022-01-10

Sabun cuci dapat berpengaruh pada penampilan mobil Anda. Maka dari itu, penting sekali untuk memilih sabun cuci dengan kualitas yang bagus agar mobil terlihat mengkilap.

thumbnail

Perbaiki Bodi Mobil Penyok Dan Keropos, Intip 5 Cara Dempul Mobil Yang Tepat

2022-01-10

Membeli mobil bekas kerap menjadi opsi banyak orang. Pasalnya, pembelian mobil bekas dianggap lebih praktis dan cenderung lebih murah. Akan tetapi ada beberapa kekuranga

thumbnail

Apa Bedanya Wiper Hybrid dan Wiper Frameless?

2022-01-10

Beda wiper hybrid dan wiper frameless menjadi pembicaraan yang sering dipertanyakan oleh pemilik kendaraan mobil. Mengapa? Karena kedua hal tersebut memiliki kemampuan y

thumbnail

Kenali Bahaya dan Pencegahan Radiator Mobil Bocor

2022-01-10

Radiator mobil menjadi salah satu komponen penting yang harus dilakukan perawatan serius. Radiator berperan sebagai pendingin mesin mobil sehingga tidak mudah panas atau