Logo Daihatsu
Menu

Beberapa Penyebab Mur Roda Mobil Rusak

Otomotif

2022-05-22

mur roda mobil rusak

Mur roda mobil rusak, mungkin Anda pernah mengalami hal ini. Namun, tahukah Anda apa penyebab utamanya. Nah, ulasan kali ini akan membahas mengenai beberapa penyebab mur roda pada mobil mengalami kerusakan, patah atau dol.

Secara tidak sadar, mur roda mengalami kerusakan bisa saja karena kelalaian pemilik mobil. Atau bisa juga karena kesalahan pada saat penggantian ban yang Anda lakukan pada bengkel.

Beberapa Penyebab Mur Roda Mobil Rusak, Patah Atau Dol

Pada dasarnya mur adalah pasangan sebuah baut. Bentuknya hexagonal atau segi empat dengan lubang berulir. Termasuk dalam hal ini adalah mur yang ada pada roda mobil. 

Mur roda pada sebuah mobil bisa mengalami kerusakan. Bila mengalami ini pada mobil Anda sebaiknya segera bawa ke bengkel yang terpercaya. 

Misalnya, Anda menggunakan mobil Daihatsu maka bawalah kendaraan Anda yang sedang “tidak sehat” ke bengkel resmi dari Daihatsu. Mengapa, agar kendaraan Anda bisa ditangani dengan benar oleh ahlinya.

Kembali ke masalah mur roda mobil tadi, perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa penyebab mur pada roda mobil rusak atau patah. Bisa juga mur roda tersebut mengalami dol. Beberapa penyebab tersebut antara lain adalah:

1. Memasang Baut Secara Asal - Asalan

Baut tidak boleh Anda pasang secara asal – asalan. Ada cara yang harus Anda patuhi dan ikuti agar mur atau nut tidak mengalami kerusakan. Apabila baut yang Anda pasang terlalu kendur maka akan mengakibatkan roda mobil mudah terlepas.

Begitu juga bila Anda memasang baut terlalu kencang bisa mengakibatkan mur pada roda mobil rusak. Mengapa, karena jika terlalu kencang dapat merusak ulir atau drat hingga mur rusak atau dol.

Sehingga, ada baiknya bila Anda memasang baut dengan mengencangkan mur secukupnya saja. Ibaratnya Anda gunakan ini sebagai pertolongan mobil pada mobil Anda. 

Selanjutnya silakan bawa mobil Anda ke bengkel resmi. Bila Anda menggunakan mobil Daihatsu, Anda bisa mencari informasi tentang bengkel resmi Daihatsu melalui customer service atau website Daihatsu.

Pada bengkel resmi, mintalah bantuan pada mekanik yang ahli untuk mengecek atau mengukur seberapa kencang mur roda yang Anda pasang. Hal ini berguna untuk memastikan mur roda tak lepas dari ikatannya.

Selain itu agar nantinya Anda bisa dengan mudah membuka kembali mur dan baut tersebut.  Dan yang paling penting tentu saja kedua komponen mobil Anda tersebut tidak mengalami kerusakan.

2. Menggunakan Pelek Modifikasi Atau Aftermarket

Memasang pelek modifikasi pada roda kendaraan Anda juga bisa menyebabkan mur pada roda mobil rusak. Mengapa, karena ukuran dudukannya tidak pas atau tak sama dengan ukuran standar.  

Biasanya malah cenderung kekecilan sehingga saat proses memasangnya harus dengan memaksa. Karena itu sebaiknya gunakan pelek original agar baut dan mur roda mobil Anda lebih awet. 

Bila Anda tetap memaksa ingin menggunakan pelek modifikasi maka sebaiknya carilah yang sesuai dengan ukuran ban Anda. 

Misalnya, pelek ukuran standar yaitu 17 inch atau 15 inch harus menggunakan ban yang besar. Bila pelek ukurannya besar yakni 22 inch ke atas maka harus menggunakan ban yang tipis.

3. Adanya Karat Pada Drat Atau Ulir Sehingga Mur Roda Mobil Rusak

Aus atau karat sering muncul pada drat/ulir mur. Penyebabnya adalah proses oksidasi pada sela-sela ulir yang jarang Anda perhatikan. Di samping itu ulir mur juga gampang mengalami aus karena sering Anda paksa saat melepaskannya.

Ada baiknya bila Anda merawat kendaraan dengan rutin. Agar kendaraan Anda tidak mengalami masalah pada komponennya. Dengan begitu kondisi mobil Anda akan tetap prima dan lancar. 

Baca Juga: Manfaat membersihkan mur roda mobil

Itulah ulasan tentang penyebab mur roda mobil rusak. Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai hal ini silakan mengunjungi website https://daihatsu.co.id/. Di sana tersedia  informasi lengkap terkait Daihatsu kesayangan Anda. 


Tag

Otomotif

Share This