Logo Daihatsu
Menu

Begini Cara Membuat Daihatsu Taruna Irit Bahan Bakar

Otomotif

2021-03-20

cara membuat daihatsu taruna irit bahan bakar

Walaupun punya banyak kelebihan, Daihatsu Taruna punya satu kekurangan yang mesti diantisipasi. Penggunaan bahan bakarnya yang kurang irit adalah kekurangan tersebut.

Kekurangan tersebut tergolong wajar, mengingat Taruna merupakan mobil yang cukup jadul. Tak seperti mobil pabrikan terbaru yang pemakaian BBM-nya sudah diatur seirit mungkin.

Bagi Sahabat yang memiliki Daihatsu Taruna, jangan khawatir. Di sini, kami akan berikan beberapa cara yang bisa dilakukan agar Daihatsu Taruna Sahabat irit bahan bakar. Beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut!

Rutin Membersihkan Throttle Body Injektor

Bagi Sahabat yang memiliki Daihatsu Taruna tipe C-Series, cara pertama ini bisa dilakukan. Throttle body injektor sendiri merupakan komponen yang memadukan udara dan bahan bakar. Perpaduan keduanya bisa bikin penggunaan bahan bakar efisien bahkan lebih hemat.

Bila komponen itu kotor, maka aliran bahan bakar mobil akan terganggu. Akibatnya, ban bakar pun sulit tercampur dengan udara, serta bikin pemakaian bahan bakar kurang efisien. Untuk itulah, penting rasanya untuk melakukan pembersihan terhadap throttle body injektor.

Melakukan Perawatan Pada Nosel

Kalau yang satu ini cocok dilakukan pada tipe F-Series dan OXXY. Pasalnya, kedua tipe mobil tersebut berbasis injeksi, serta tentunya memiliki nosel di dalamnya. Nosel sendiri punya fungsi yang hampir sama dengan throttle body injektor.

Salah satu cara merawat komponen tersebut adalah membersihkannya secara rutin. Melakukan hal tersebut sangatlah penting. Jika sampai kotor, nosel akan sulit menyuplai bahan bakar. Kalaupun bisa, jumlah bahan bakarnya harus ditambah lebih banyak. Kalau dibiarkan saja, hal itu tentu akan membuat pemakaian bahan bakar semakin boros.

Cara lain untuk merawat komponen tersebut adalah dengan menggantinya jika sudah mulai rusak. Salah satu ciri nosel yang layak diganti adalah sulit dibersihkan. Ciri lainnya adalah mudah keluar asap. Terutama, jika nosel yang dipakai adalah nosel khusus mobil diesel.

Memakai Bahan Bakar yang Tepat

Pemakaian bahan bakar juga berpengaruh dalam pengiritan bahan bakar itu sendiri. Untuk Daihatsu Taruna, kami sarankan untuk memakai bahan bakar yang oktannya sesuai dengan kompresi mesin.

Apa pun bahan bakar yang dipilih, pastikan untuk memakai bahan bakar tersebut terus-menerus. Jangan sekali-kali mengganti bahan bakarnya. Apalagi, mencampur bahan bakar tersebut.

Banyak yang beranggapan kalau mengganti atau mencampur bahan bakar bisa menghemat pemakaian bahan bakar. Namun, hal itu keliru. Melakukan hal tersebut hanya akan mengurangi fungsi dari bahan bakar itu sendiri.

Hindari Jalanan yang Rawan Macet

Cara membuat Taruna irit bahan bakar juga bisa dilakukan saat berkendara. Saat berkendara, hindarilah berkendara di jalanan yang rentan macet. Jalanan macet akan membuat mobil mengeluarkan bahan bakar dalam jumlah banyak. 

Sekalipun mobil dalam keadaan diam karena macet. Kalau itu sampai terjadi, tentu saja akan membuat pemakaian bahan bakar jadi boros.

Sebagai gantinya, Sahabat bisa berkendara di jalan yang relatif lenggang. Sahabat juga bisa berkendara melewati jalan tikus. Kalaupun harus melewati jalan yang rawan macet, pastikan untuk melewatinya di luar jam sibuk atau jam kerja. Jalanan macet biasanya akan mengalami kemacetan di jam-jam tersebut.

Lakukan Perawatan Mobil Secara Rutin

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah melakukan perawatan mobil secara rutin. Melakukan cara ini bisa membuat mobil Sahabat terhindar dari kerusakan beberapa komponen. Terutama, komponen yang membantu pemakaian bahan bakar.

Perawatan sendiri bisa Sahabat lakukan di berbagai macam bengkel. Mulai dari bengkel resmi hingga bengkel umum.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ternyata, Begini Cara Kerja Rem Tromol Mobil

2020-12-01

Tidak dapat dipungkiri, sebuah kendaraan tidak akan berfungsi dengan sempurna tanpa adanya sebuah rem. Menjadi salah satu komponen yang memegang peranan penting, rem mem

thumbnail

Tips dan Cara Merawat agar Transmisi CVT Panjang Umur

2021-04-19

Siapa memang yang tidak nyaman dengan kendaraan bertransmisi CVT? Transmisi yang tidak menggunakan gearbox sehingga lebih ringan itu memang banyak digemari oleh p

thumbnail

Tips Mengetahui Metal Duduk Mobil Mulai Aus dan Penyebabnya

2022-03-19

Metal duduk yang sudah aus biasanya akan memberikan pertanda tertentu yang perlu Anda waspadai. Artikel ini akan membahasnya dengan lebih lengkap beserta penyebabnya, se

thumbnail

Perbedaan VVTI Dan Non VVTI yang Harus Diketahui

2021-07-22

Seiring perkembangan teknologi, sudah banyak produk kendaraan roda empat yang mengandalkan mesin VVTI namun juga ada yang masih belum menggunakannya.