Logo Daihatsu
Menu

Daihatsu Taruna 101: Spesifikasi, Kelebihan, dan Kisaran Harganya

Otomotif

2021-03-17

daihatsu taruna

Salah satu small SUV yang cukup populer di Indonesia adalah Daihatsu Taruna. Mobil ini dianggap sebagai pengganti Daihatsu Feroza yang sempat beken di era 1970 hingga 2000-an.

Taruna sendiri pertama kali diproduksi di Indonesia pada 1999. Saat itu, Taruna hadir dengan tipe C-Series. Tipe ini punya ciri khas berupa kapasitas mesinnya yang mencapai 1.600 cc.

Tipe tersebut lantas dibagi lagi menjadi beberapa varian. CL, CX, CSX adalah beberapa varian itu. Selepas C-Series, Taruna mulai memproduksi dua tipe yang tak kalah menarik. Dua tipe adalah F-Series dan OXXY.

Sayangnya, produksi untuk mobil ini sudah diberhentikan pada 2006 silam. Kini, mobil tersebut digantikan oleh mobil Daihatsu lainnya, Daihatsu Terios. Walau begitu, Sahabat masih bisa mendapatkan mobil ini di sejumlah showroom atau tempat jual beli mobil online.

Spesifikasi Daihatsu Taruna

Seperti mobil lainnya, Daihatsu Taruna punya beberapa spesifikasi. Mulai dari interior, eksterior, dan juga mesin. Pada sub judul ini, kami akan membahas spesifikasi Taruna dari ketiga aspek tersebut (interior, eksterior, dan mesin).

Interior Daihatsu Taruna

Kita bahas dulu soal interior. Pada umumnya, interior Daihatsu Taruna tergolong sederhana. Biasanya, interior mobil ini dilengkapi dengan beberapa fitur sederhana. Mulai dari tape, AC, serta kursi berkapasitas 5 sampai 7 penumpang. 

Khusus untuk C-Series, jumlah kursi hanyalah lima buah. Namun, bisa ditambah dua kursi di bagian belakang. Sayangnya, dua kursi tambahan itu hanya cocok penumpang anak-anak dan remaja saja.

Untuk F-Series, interior bagasi di dalamnya cukup luas. Sehingga, Sahabat bisa menyimpan barang dalam jumlah banyak di sana.Luasnya bagasi itu tak lepas dari panjangnya bodi tipe Taruna satu ini.

Eksterior Daihatsu Taruna

Kini kita beralih ke aspek eksterior. Dari segi ini, Taruna punya eksterior yang terkesan sporty. Khusus untuk tipe OXXY, tipe ini punya beberapa fitur menarik dari segi eksteriornya. Fitur-fitur itu adalah velg 16 inch, rear stop lamp, serta foglamp yang bisa menerangi di kala sore.

Hal menarik bisa Sahabat temukan pada eksterior tipe F-Series. Pada tipe tersebut, eksteriornya sudah dilengkapi spion elektrik dengan two tone sebagai warna utamanya.

Mesin Daihatsu Taruna

Dari segi mesin, semua tipe Daihatsu Taruna memiliki mesin berkapasitas 1.500 cc - 1.600 cc. Adapun yang menjadi pembeda adalah material mesin itu sendiri. Pada tipe C-Series, mesin yang dipakai masih berbahan karburator.

Namun, pada F-Series dan OXXY, mesin yang dipakai sudah berbasis injeksi. Entah itu injeksi biasa maupun full injeksi. Untuk tenaga, semua mesin pada Taruna bisa menghasilkan tenaga sekitar 94 HP/5.700 RPM. Adapun torsinya sendiri adalah 127 Nm/4.800 RPM.

Kelebihan Daihatsu Taruna

Daihatsu Taruna punya beberapa kelebihan yang bikin dia unggul. Beberapa kelebihan tersebut adalah:

Harga yang Terjangkau

Bagi Sahabat yang punya budget terbatas, Daihatsu Taruna adalah pilihan tepat. Pasalnya, mobil satu ini punya harga yang terjangkau. Walau begitu, kualitasnya masih terjamin, lantaran mobil ini punya desain dan fitur yang bagus. Kendati fiturnya tak secanggih mobil lain yang sejenis.

Harga Jual yang Tidak Terlalu Jauh

Walau punya harga murah, harga jual mobil satu ini tidaklah terlalu jauh drastis. Peminat mobil satu ini cukup banyak, kendati sudah tidak diproduksi lagi. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa harga jual mobil ini tidak terlalu jauh. Disarankan untuk merawat mobil ini secara berkala, agar harga jualnya tidak terlalu jauh.

Plat Bodinya yang Tebal

Ada satu ciri khas Daihatsu Taruna yang lupa kami sebutkan sebelumnya. Ciri tersebut adalah plat bodinya yang tebal. Plat tersebut rupanya tak cuma sekadar ciri khas, namun juga kelebihan. Kehadiran plat bodi yang tebal bikin bodi mobilnya lebih kuat dibanding mobil lainnya. Kehadiran plat bodi tebal itu juga bikin mobil ini tidak mudah penyok.

Sparepart-nya Bisa Ditemukan di Berbagai Tempat

Kalau Sahabat concern soal sparepart, jangan khawatir. Daihatsu Taruna memiliki sparepart yang bisa Sahabat temukan di berbagai tempat. Baik di bengkel resmi maupun di bengkel lainnya. Jadi, saat Sahabat membutuhkan sparepart tambahan untuk mobil ini, Sahabat tinggal mencari sparepart-nya di sejumlah tempat.

Model Eksteriornya Masih Cukup Modern

Daihatsu Taruna memang termasuk mobil jadul. Namun, Sahabat jangan malu untuk membelinya. Kendati jadul, model eksteriornya masih cukup modern. Bahkan, di beberapa tipe, mode eksteriornya juga agak sedikit sporty. Agar model eksteriornya makin ciamik, Sahabat bisa mempermaknya sedikit, setelah membeli mobil satu ini.

Bodi yang Ramping dan Panjang

Walaupun mobil SUV, bodi Daihatsu Taruna tergolong ramping. Rampingnya bodi mobil ini bisa bikin mobilnya melewati berbagai jenis medan. Termasuk jalan gang yang tergolong sempit.

Khusus pada tipe F-Series, bodi mobil satu ini cukup panjang. Panjangnya bodi tipe Taruna itu bikin kabinnya jadi lebih luas, begitupun dengan bagasinya.

Kabin yang Tergolong Luas

Di poin sebelumnya, sudah disebutkan kalau Taruna punya kabin yang luas. Luasnya kabin Taruna tak hanya berlaku pada F-Series saja. Tipe OXXY pun juga memilikinya.

Tak hanya luas, kabin Taruna juga cukup nyaman, serta punya desain yang modern. Sahabat dijamin bakal nyaman berada di dalam kabin mobil satu ini.

Memiliki Ground Clearance yang Tinggi

Kendati termasuk SUV jadul, ground clearance pada Taruna tergolong tinggi. Hal itu membuat jarak antara bodi terendah dengan tanah cukup jauh. Sehingga, saat mobil ini melewati medan yang berbatu atau tidak rata, bagian bodi terendahnya tak akan terkena batu ataupun guncangan.

Masih Bisa Diisi Pertalite

Selain memiliki ground clearance yang tinggi, Daihatsu Taruna pun juga bisa diisi dengan berbagai macam BBM. Pertalite termasuk salah satunya. 

Sebagaimana mobil lainnya yang diproduksi di Indonesia, Taruna juga telah didesain agar bisa mengkonsumsi bahan bakar dengan oktan tidak terlalu tinggi. Termasuk pertalite tentunya. Agar pemakaian bahan bakarnya optimal, Sahabat bisa memakai alat khusus untuk meningkatkan oktan bahan bakar pada mobil ini. 

Perawatannya Cukup Mudah

Kelebihan terakhir pada Daihatsu Taruna ada pada perawatannya. Dari segi tersebut, bisa dibilang kalau Taruna cukup mudah buat dirawat. Sahabat bisa melakukan perawatan mobil ini di mana pun. Entah di bengkel resmi maupun umum. Sahabat hanya pilih saja tempat yang sekiranya nyaman dan cocok dengan budget Sahabat.

Kisaran Harga (Baru dan Bekas)

Dari segi harga, Daihatsu Taruna memiliki kisaran diantara 40 juta sampai 120 juta. Untuk yang baru, Daihatsu Taruna dibanderol dengan harga Rp 120 juta. Adapun untuk yang bekas, Sahabat bisa membelinya dengan kocek sekitar Rp 40 juta - Rp 94 juta.

Saat ini, Daihatsu Taruna yang beredar mayoritas adalah Taruna bekas. Hal ini tentu tak lepas dari tidak diproduksinya mobil ini sejak 2006 silam.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

3 Rekomendasi Mobil Hatchback Daihatsu Terbaik & Harganya

2024-01-28

Beberapa tahun terakhir, mobil hatchback begitu diminati di Indonesia khususnya masyarakat perkotaan dan mahasiswa. Mobil hatchback didefinisikan sebagai kendaraan p

thumbnail

Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir Beserta Estimasi Biaya Servisnya

2020-11-17

Mobil terendam banjir adalah masalah serius yang harus bisa diselesaikan. Jika tidak, mobil Sahabat bisa mengalami sejumlah dampak buruk. Walau memerlukan estimasi biaya yang banyak, mengatasi mobi

thumbnail

Jenis Pelanggaran Lalu Lintas dan Dendanya

2020-12-03

Pelanggaran lalu lintas masih sering terjadi. Masyarakat dirasa masih memiliki kesadaran yang rendah tentang pentingnya menaati peraturan lalu lintas. Padahal, perbuatan

thumbnail

Cara Mudah Pasang Antena Sirip Hiu pada Mobil, Yuk Praktikkan!

2023-05-17

Keberadaan antena di mobil terbilang cukup menarik perhatian, karena dapat menghadirkan kesan menarik dan nyentrik salah satunya sirip hiu. Cara pasang antena sirip