Logo Daihatsu
Menu

Cara Merawat Mobil Saat Musim Hujan Tiba

Otomotif

2020-11-17

merawat mobil saat musim hujan

Merawat mobil saat musim hujan adalah keharusan. Melakukan hal tersebut sama dengan menyelamatkan mobil Sahabat dari kerusakan jangka panjang. Ada sejumlah cara yang bisa Sahabat lakukan saat hendak merawat mobil kala musim hujan tiba. Cara-cara itu adalah:

Keringkan Mobil Sesegera Mungkin

Bila mobil Sahabat terkena air hujan, segeralah untuk mengeringkan mobil Sahabat itu. Melakukan hal itu bisa bikin cat pada mobil Sahabat terjaga. Pasalnya, air hujan mempunyai kandungan zat asam yang bisa bikin cat pada mobil Sahabat terkelupas.

Jangan biarkan air hujan mengering sendiri di mobil Sahabat. Hal itu justru malah berpotensi bikin cat mobil Sahabat mengelupas. Adapun cara mengeringkan mobil yang tepat adalah dengan menggosokkan spons halus ke bodi mobil. Pastikan tidak ada satu pun sisa air hujan saat nanti Sahabat melakukan pengeringan.

Lakukan Perawatan Pada Wiper Mobil Sahabat

Wiper merupakan komponen mobil yang bermanfaat kala hujan tiba. Komponen ini bisa membantu Sahabat untuk menghapus air hujan yang menempel pada kaca mobil. Oleh karenanya, penting bagi Sahabat untuk merawat komponen mobil tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa Sahabat lakukan guna merawat wiper mobil. Salah satunya adalah mengecek bagian karetnya. Pastikan bagian itu tidak getas atau menipis. Jika hal itu terjadi, Sahabat harus segera menggantinya.

Lakukan Juga Perawatan Pada Kaca Mobil

Tak hanya wiper, kaca pada mobil juga harus kamu rawat. Pastikan kaca pada mobil bersih sepenuhnya dari sisa air hujan. Air hujan yang dibiarkan berlama-lama pada kaca akan bikin kacanya rentan berjamur.

Perhatikan pula bagian pinggir kacanya. Pastikan bagian itu tidak kotor sama sekali. Pinggiran kaca yang kotor akan membuat kacanya berkarat dan mudah rusak. Jika dibiarkan, hal itu bisa mengakibatkan kebocoran dan membuat air hujan mudah masuk ke kabin mobil.

Lakukan Pembersihan Pada Kolong Mobil

Kolong mobil seringkali terkena cipratan hujan. Apalagi, jika Sahabat membawa mobilnya ke jalanan dalam keadaan hujan. Untuk itu, rajinlah melakukan pembersihan kolong mobil bila terkena cipratan air hujan.

Kolong mobil yang tidak dibersihkan akan bikin bagian mobil tersebut berkarat. Jika dibiarkan terus, maka usia kolong mobil akan kian pendek dan rentan mengalami kerusakan. Sahabat bisa membaca cara menghilangkan karat pada mobil untuk tips pembersihan kolong mobil yang berkarat.

Membersihkan kolong mobil sendiri tidaklah sulit. Sahabat tinggal membersihkannya dengan air dan sabun setelah mobil dipakai.

Lapisi Bagian Luar Mobil dengan Cairan Rain Repellent

Cairan repellent adalah cairan yang mampu melindungi bagian luar mobil dari air hujan. Cara memakai cairan ini tidaklah rumit. Sahabat tinggal menyemprotkan cairan itu ke badan mobil, lalu dilap dengan kain microfiber.

Pastikan cairan repellent yang Sahabat semprot membentuk efek serupa daun talas. Saat cairan ini menempel di bodi mobil, air hujan yang jatuh tak akan menempel di bodi mobil. Sebaliknya, malah jatuh meluncur ke bawah. Selain melindungi badan mobil, cairan repellent juga mencegah terjadinya penjamuran pada badan mobil.

Parkirkan Mobil di Tempat Tertutup

Jika Sahabat sedang tidak memakai mobil Sahabat sama sekali, maka parkirkan mobil Sahabat di tempat tertutup. Semisal garasi atau tempat parkir indoor kantor Sahabat.

Pastikan ruangan tertutup yang dipakai tidak bocor, agar ruangannya tidak mudah dimasuki air hujan. Jika terpaksa diparkirkan di luar, Sahabat bisa menutup mobilnya dengan cover mobil.

Itulah cara-cara yang bisa Sahabat pakai untuk merawat mobil saat musim hujan. Semoga bisa dipraktekkan langsung, ya!

Penulis: Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Sebagai Tanda Bahaya, Kenali Komponen Lampu Hazard

2020-11-18

Lampu Hazard identik dengan tanda bahaya. Ia mempunyai tanda segitiga merah. Fungsi inilah yang membuatnya tidak boleh ditekan sembarang. Pengendara harus memastikan kon

thumbnail

Apa yang Dilakukan oleh Bengkel Ketok Magic? Berikut Jawabannya!

2021-01-20

Apa yang dilakukan oleh bengkel ketok magic adalah hal yang mungkin terbayang di benak Sahabat. Terutama, jika melihat jasa ketok magic, serta orang-orang yang mengandal

thumbnail

Telat Perpanjang SIM? Ini Cara Mengatasinya, Mudah Kok!

2023-05-11

Telat perpanjang SIM bukanlah permasalahan yang baru bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya mobilitas harian yang terlalu tinggi membuat sebagian masyarakat lupa untuk

thumbnail

Cara Mengatasi Aki Mobil Panas dan Bau serta Faktor yang Menyebabkannya

2020-12-22

Cara mengatasi aki mobil panas dan bau adalah hal yang harus Sahabat ketahui, jika aki mobil mulai panas dan bau. Cara tersebut bisa membuat Sahabat bisa mengatasi masal