Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Begini Cara Mudah Mencari Kerja Online
16 Desember 2020
job search

Cara mencari kerja online adalah aktivitas yang banyak dilakukan orang di masa pandemi seperti ini. Pasalnya, banyak sekali pengurangan tenaga kerja dan  pengurangan gaji yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengurangi pengeluaran.

Banyak cara untuk mendapatkan pekerjaan secara online. Berikut ini adalah beberapa cara mencari kerja online yang bisa Sahabat lakukan. Beberapa orang berhasil mendapatkan pekerjaan dengan cara-cara ini, beberapa lagi gagal.

Pahami Kemampuan Sendiri

Sebelum Sahabat mencoba melamar pekerjaan, coba Sahabat pahami kemampuan yang Sahabat punyai. Jika Sahabat sudah menemukan Sahabat jago di bidang mana, di sana lah Sahabat optimasi dan cari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan.

Jika Sahabat jago dalam hal administrasi, maka lamarlah menjadi admin. Jika perusahaan menggantinya menjadi bagian produksi, jangan diambil karena bukan kemampuan Sahabat. Mengambil yang bukan keahlian kita, akan membuat kita tersiksa dan tidak bisa menikmati pekerjaan.

Ikuti Grup Facebook Lowongan Kerja

Setelah memahami kemampuan sendiri, Sahabat bisa mulai bergerilya mencari info pekerjaan melalui grup lowongan kerja di Facebook. Apakah ada? Justru banyak sekali. 

Jika bergabung grup usahakan yang lokasinya cocok atau dekat dengan domisili Sahabat. Misal Sahabat berada di Surabaya, maka carilah grup lowongan kerja Surabaya atau grup lowongan kerja Jawa Timur. Memilih seperti ini lebih besar peluangnya.

Cari Situs Lowongan Kerja yang Terkenal

Banyak sekali situs lowongan kerja online yang bisa Sahabat dapatkan dengan hanya mengetikkan kata kunci “situs loker” di Google. Tinggal pilih mana yang cocok.

Ada beberapa situs lowongan kerja yang berbayar, namun banyak juga yang gratis. Biasanya yang berbayar ini lebih tersaring dan lebih menjanjikan. Sahabat bisa melihat JobStreet, JobsDB, Karir.ID, dan sebagainya.

Ikuti Platform Kerja Online

Selain melalui situs loker online, Sahabat bisa mendaftar ke beberapa platform kerja online. Banyak sekali dari yang asli Indonesia maupun luar negeri.

Untuk desainer, biasanya mereka bergabung dengan platform kerja online internasional seperti: Fiverr, Upwork, 99designs, dan sejenisnya. Untuk lokal, Sahabat bisa bergabung dengan Projects.co.id, Fastwork, dan sejenisnya. Banyak sekali platform sejenis itu jika Sahabat mau menelusurinya sendiri.

Subscribe Email di Situs Lowongan Kerja

Cara lain yang bisa mendatangkan info lowongan kerja adalah dengan subscribe email ke situs lowongan kerja. Meski Sahabat tidak langsung mengunjungi situs tersebut, Sahabat bisa mendapatkan kesempatan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat Sahabat.

Salah satu situs yang sering merekomendasikan pekerjaan dengan minat dan lokasi yang terjangkau adalah LinkedIn. Sering kali di sana ada tawaran lowongan kerja yang menarik dan sesuai dengan kemampuan.

Langsung Tanya Teman

Jika cara di atas masih belum menghasilkan, Sahabat bisa menggunakan jalur tanya teman. Sahabat tidak perlu malu jika harus tanya lowongan pekerjaan ke teman. Karena terkadang teman kita lupa memberitahukan info di kantornya terkait kebutuhan lowongan pegawai baru. Dengan Sahabat menanyakannya langsung, dia akan ingat.

Meskipun saat Sahabat tanya belum ada lowongan, suatu saat ketika teman ada mendapatkan info, dia akan menghubungi Sahabat.

Cara ini bisa Sahabat lakukan dengan langsung bertanya di grup WhatsApp angkatan SMP, SMA, maupun kuliah. Ini akan efektif karena biasanya mereka akan lebih peduli dengan teman satu angkatan yang belum mendapatkan pekerjaan.

Itu beberapa tips cara mencari kerja online yang bisa Sahabat coba. Semoga tips ini bisa segera membuahkan hasil yah.

Baca juga: Jadikan CV-mu Kunci Menuju Kesuksesan

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku