Logo Daihatsu
Menu

Begini Cara Pasang APAR di Mobil yang Mudah Dipraktekkan

Otomotif

2021-02-26

memasang apar

Salah satu alat keselamatan yang wajib ada di dalam mobil adalah Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Alat satu ini bisa membantu Sahabat untuk memadamkan api secara mandiri. Terutama, jika mobil Sahabat mengalami kebakaran.

Untuk bisa memaksimalkan pemakaian APAR, Sahabat harus bisa memasangnya di mobil dengan tepat. Kesalahan pemasangan hanya akan membuat APAR tak berfungsi, dan mungkin justru membuat mobil jadi rusak.

Pada artikel kali ini, akan kami beritahukan beberapa cara memasang APAR di mobil. Cara-cara yang akan kami bagikan nanti adalah cara-cara yang relatif mudah dipraktekkan. Jadi, Sahabat pun bisa melakukannya sendiri saat di rumah. Cara-cara tersebut bisa disimak sebagai berikut!

Pilihlah Jenis APAR Powder

Cara pertama yang mesti dilakukan adalah memilih jenis APAR yang tepat. APAR sendiri punya beragam jenis. Khusus untuk mobil, jenis APAR powder adalah jenis APAR yang paling cocok untuk dipilih. Dikatakan cocok karena jenis APAR ini mampu meredam kebakaran pada mobil yang lazim disebabkan oleh zat cair. Semisal oli dan bensin. 

APAR powder sendiri merupakan jenis APAR yang terbuat dari kombinasi dua macam serbuk kimia. Ammonium sulphate dan mono amonium adalah dua macam serbuk tersebut.

Selain jenis APAR, ukuran APAR yang hendak dipakai juga patut dipertimbangkan. Sebagai saran, pilihlah APAR powder dengan ukuran 1 kg. APAR berukuran tersebut tergolong kecil dan ringan. Sehingga, Sahabat pun bisa menyimpan dan membawanya dengan mudah.

Simpanlah APAR di Tempat yang Mudah Dijangkau

Setelah memilih jenis APAR yang mesti dipakai, Sahabat bisa langsung menyimpan APAR-nya di mobil. Simpanlah APAR di tempat yang mudah dijangkau. Sebagai saran, simpanlah APAR di bawah jok kemudi mobil.

Untuk menyimpannya, pastikan APAR disimpan dalam posisi horizontal. Agar APAR tidak mudah terguncang, Sahabat bisa memasangnya bersama dengan bracket.

Caranya, pasang dulu bracket di bawah jok kemudi mobil. Pasangi bracket itu dengan baut agar melekat kuat di bawah jok kemudi mobil itu. Lapisi bracket dengan kain tebal. Kain tebal sendiri nantinya bisa membantu meredam benturan pada tabung APAR. Kalau kain tebal sudah terpasang, Sahabat bisa langsung memasang APAR-nya ke bracket. 

Selain di bawah jok kemudi, Sahabat juga bisa memasang APAR di bagasi mobil. Di bagasi mobil, Sahabat bisa menyimpan APAR-nya dalam posisi vertikal maupun horizontal.

Kalau Sahabat punya mobil berkapasitas 7 orang, Sahabat bisa menempatkan APAR-nya di beberapa tempat. Ruang di antara deret kursi kedua dan ketiga adalah salah satu tempat yang cocok.

Pasang Stiker Khusus di Tempat APAR Disimpan

Cara terakhir yang mesti dilakukan adalah memasang stiker khusus di tempat APAR disimpan. Stiker yang dipakai sendiri biasanya berbentuk segitiga terbalik dan berwarna merah. Di tengahnya, terdapat tulisan “Alat Pemadam Api”, serta gambar APAR dan tanda panah ke bawah.

Dengan adanya stiker tersebut, Sahabat pun jadi lebih mudah menemukan tempat APAR berada. Pemasangan stiker khusus sendiri sudah diatur pemerintah mulai dari tahun ini. TAk hanya untuk mobil pribadi, pemasangan stiker khusus APAR juga berlaku untuk mobil umum dan komersial.

Kehadiran APAR di dalam mobil sangatlah penting. Alat tersebut bisa membantu Sahabat untuk memadamkan api saat mobil mengalami kebakaran. Jangan sampai salah dalam memasangnya, jika Sahabat ingin bisa memaksimalkan penggunan APAR di mobil.

Sahabat bisa memakai cara-cara yang telah kami bagikan. Semoga berbagai cara yang telah kami bagi itu bisa Sahabat praktekkan sendiri.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa itu Polimer Pada Pembuatan Ban Mobil? Intip Disini!

2022-08-12

Polimer yang merupakan karet sintetis pada pembuatan ban mobil adalah polipropilena. Pada dasarnya, produksi ban tidak mempergunakan karet sembarangan.Terdapat jenis polimer yang dipergunaka

thumbnail

3 Penyebab Ketidakstabilannya Standar RPM Mobil Injeksi

2021-01-06

Ketika membicarakan otomotif pada kendaraan bermotor, pada bagian spesifikasinya Anda pasti akan menemukan istilah rpm. Meski begitu banyak orang yang masih belum mengen

thumbnail

Smart SIM – Cara Daftar, Biaya, Top Up, Kelebihan

2020-10-28

Untuk mendukung kualitas kinerja Korlantas Polri yang lebih baik, diluncurkanlah smart SIM yang merupakan inovasi dari Korlantas Polri. Diharapkan keberadaan SIM pintar

thumbnail

Begini Prosedur Serah Terima Mobil Baru dari Dealer yang Benar dan Aman bagi Konsumen

2021-12-20

Membeli mobil dari dealer bukan jaminan bahwa kemudian urusan Anda selesai. Namun, masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan terjadi prosedur serah terima