Logo Daihatsu
Menu

Beli Mobil Bekas di Showroom, Kasih Pengalaman Unik dan Beda!

Otomotif

2020-11-19

pengalaman beli mobil bekas di showroom

Beli mobil bekas di showroom merupakan satu langkah tepat kalau Sahabat masih bingung menentukan pilihan. Banyaknya variasi merek mobil dan harga kompetitif bisa Sahabat temukan di showroom. 

Meski saat ini sudah banyak kemudahan yang ditawarkan, misalnya beli mobil bekas melalui online. Tapi pengalaman beli mobil bekas di showroom ga bakal ada duanya dan pasti lebih untung. 

Mau tahu apa saja keuntungannya kalau Sahabat beli mobil bekas di showroom? Simak ulasannya di bawah ini.  

1. Banyak pilihan 

Showroom mobil bekas biasanya punya banyak pilihan mobil yang ditawarkan. Sahabat hanya tinggal menyesuaikan saja dengan budget dan keinginan. Selain itu, Sahabat juga bisa melihat dan mengecek langsung kondisi mobil bekas yang mau dibeli. 

2. Dibantu staf showroom 

Kalau Sahabat masih awam dengan dunia otomotif, staf karyawan di showroom bisa membantu Sahabat dalam menentukan pilihan mobil mana yang sesuai kebutuhan. Tanyakan saja langsung spesifikasi, kelengkapan surat-surat sampai kondisi mobil pada staf showroom. Mereka akan senang hati menjawab pertanyaan calon pembeli. 

3. Ada garansi showroom 

Keuntungan lainnya adalah Sahabat bisa mendapat garansi dari showroom atas pembelian mobil bekas itu. Garansi tersebut tentunya bisa membuat pembeli yakin kalau kondisi mobil masih dalam keadaan prima. Lain cerita kalau Sahabat beli mobil perorangan, garansi semacam ini belum tentu ada. 

4. Kelengkapan surat 

Beli mobil bekas di showroom dapat dipastikan semua kelengkapan mobil termasuk surat-suratnya terjamin asli. Bukan berarti perorangan nggak bisa kasih keunggulan ini, namun perlu waspada kalau saja ada pihak yang tak bertanggung jawab memalsukan dokumen atau bahkan suratnya tidak lengkap. Biasanya dalam menjual mobil bekas, showroom akan lebih terbuka dan teliti soal kelengkapan surat kendaraan. 

Baca juga: Cara Menawar Mobil Bekas

5. Pilihan pembayaran yang variatif 

Showroom mobil biasanya memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Apalagi untuk mobil bekas, Sahabat bisa melakukan transaksi baik tunai maupun kredit. Sahabat tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget. 

6. Bisa cek kondisi mobil langsung

Mungkin kalau lihat katalog online, Sahabat masih kurang puas karena nggak bisa langsung lihat mobilnya. Lain hal kalau Sahabat datang ke showroom, kondisi eksterior dan interior mobil bisa langsung dicek apakah kondisinya sesuai keinginan atau tidak. 

Tips membeli mobil bekas di showroom 

Pengalaman beli mobil bekas di showroom bakal lebih berkesan ketimbang online atau perorangan. Meski menawarkan sejumlah keuntungan, Sahabat juga perlu membekali diri dengan tips berikut ini agar tidak merasa rugi di kemudian hari. 

1. Riset soal mobil incaran 

Sebelum datang ke showroom, Sahabat perlu riset dulu soal mobil incaran di internet. Pastikan merek, harga dan spesifikasinya sesuai dengan budget dan kebutuhan. Informasi ini bisa jadi bekal Sahabat jika mau ada yang ditanyakan pada staf showroom. 

2. Tanyakan histori mobil

Jangan lupa dengan tips yang satu ini. Sahabat perlu tahu soal histori kendaraan. Tanyakan pula soal alasan mobilnya dijual, histori kerusakan, bukti servis dan lain sebagainya. Dengan mengetahui histori kendaraan, Sahabat akan lebih paham dengan kondisi mobil yang sebenarnya. 

3. Minta test drive 

Biar lebih yakin sama mobilnya, coba minta test drive langsung. Dengan begitu, Sahabat bisa merasakan kenyamanan dan mengidentifikasi kondisi mobil ketika melaju di jalan. 

4. Periksa dokumen kendaraan 

Kelengkapan dokumen kendaraan merupakan hal penting. Saat ingin membeli mobil bekas incaran, Sahabat perlu menanyakan soal kelengkapan dokumen, mencocokkan nomor mesin di rangka dan keterangan surat hingga soal pajak kendaraan. 

Demikian beberapa tips yang bisa membantu Sahabat dalam merasakan pengalaman berkesan beli mobil bekas di showroom dan pastinya lebih untung. Jangan lupa agar lebih teliti sebelum beli mobil bekas, meski bagaimanapun, Sahabat pasti berharap kalau mobil bekasnya bisa dipakai jangka panjang bukan?

Penulis: Dinno Baskoro


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengenal Lebih Dekat Fungsi Ignition Coil dan Cara Kerjanya pada Mobil

2021-01-14

Dalam melakukan kerjanya, biasanya komponen engine dalam kendaraan roda empat khususnya bermesin bensin memerlukan sistem pengapian. Adanya percikan api yang dimunculkan

thumbnail

Tips Menjaga Tabung Reservoir Radiator Tetap Awet

2022-06-29

Ada begitu banyak komponen dalam kendaraan yang perlu untuk diperhatikan agar perjalanan Anda senantiasa menyenangkan. Salah satunya adalah keadaan reservoir radiator ya

thumbnail

Ban Mobil Semi Slick untuk Harian: Kelebihan dan Cara Perawatannya

2023-09-29

Ban mobil semi slick untuk harian apakah bisa? Pertanyaan yang satu ini kerap kali ditanyakan para pecinta mobil di forum diskusi otomotif. Seperti diketahui, ban mo