Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Benarkah Isi Bensin Saat Malam Lebih Baik Daripada Siang? Ini Faktanya!
31 Agustus 2021
isi bensin

Apakah benar jika mengisi bensin saat malam hari lebih baik atau akan mendapat BBM lebih banyak daripada saat siang hari? Atau sebenarnya isi bensin siang atau malam itu sama saja? Masih banyak yang belum mengetahui fakta tentang hal ini sehingga kami akan menyampaikan informasi lebih tepatnya untuk Anda.

Mitos yang masih beredar dan dipercaya oleh masyarakat saat ini adalah mengisi bensin di malam hari dianggap lebih baik. Hal ini karena saat isi bensin siang hari, bensin akan menguap karena suhu panas dari terik matahari. Nah, untuk mengetahui faktanya, simak penjelasan berikut ini.

Inilah Fakta Isi Bensin Siang Atau Malam

Beragam karakter seseorang yang berbeda-beda saat mengisi bensin menimbulkan kebiasaan tersendiri. Seperti misalnya memilih mengisi bensin di malam hari karena dianggap lebih baik daripada siang hari. Selain itu banyak yang percaya jika isi bensin malam hari, isinya akan lebih banyak.

Menaggapi hal tersebut, Reza Sukarja, Head of Affiliation Lembaga Minyak dan Gas Bumi (Lemigas), Kebayoran Lama menyatakan bahwa penyataan yang dipercaya masyarakat adalah mitos. 

“Sudah jelas itu adalah mitos, karena mau isi bensin siang atau malam volume pada tangki tetap sama,” ungkapnya. 

Selain itu Reza juga menekankan bahwa penempatan tangki BBM di SPBU telah dirancang khusus agar tidak terpengaruh dengan suhu udara luar atau akibat sinar matahari.

Hal ini karena material pada tangki penyimpanan BBM terbuat dari polikarbonat dan logam khusus. Sehingga material tersebut tidak akan mudah terpengaruh oleh perubahan suhu luar. Serta membuat aliran bahan bakar dari tangki penyimpanan hingga ke tangki mobil tetap mengalami suhu yang sama dan stabil. 

Sebaiknya Isi Bensin Siang Atau Malam

Seringkali banyak masyarakat yang percaya dengan mitos isi bensin siang atau malam tersebut. Namun perlu diingat bahwa Anda harus tetap berfikir secara rasional dan sesuai faktanya. 

Mitos tersebut memang banyak diyakini kebenarannya, namun mengisi bensin baik siang atau malam hari, keduanya sama saja. Yang paling utama saat melakukan pengisian bensin adalah saat bensin sudah mau habis agar kendaraan bisa tetap digunakan.

Menaggapi perihal mitos tersebut, Eko Kristiawan selaku Unit Manager Communication Relations dan CSR Pertamina MOR III, memberikan sedikit penjelasannya. Menurut Beliau, penguapan bensin bisa saja terjadi tapi tidak dalam jumlah yang banyak.

Oleh karena itu volume bensin saat melakukan pengisian di siang atau malam hari relatif sama. Tidak ada perbedaan yang signifikan isinya masih sama-sama menguntungkan sesuai nominal saat Anda beli.

“Asumsi terkait penguapan itu tidaklah signifikan. Jadi Anda bisa mengisi BBM jika memang sudah habis dan waktunya mengisi lagi, tentunya agar tidak terjadi kendala saat melakukan aktivitas,” ucap Eko.

Eko juga menambahkan apabila pengisian BBM yang baik itu tidak sesuai dengan waktunya baik siang atau malam hari. Melainkan ditentukan oleh kualitas BBM seperti Research Octane Number (RON).

Nilai RON yang semakin tinggi biasanya memiliki kualitas BBM yang lebih baik. BBM yang berkualitas dan ramah lingkungan diantaranya adalah Pertamax, Pertamax Turbo, dan Pertamina Dex.

Nah, itulah berbagai penjelasan mengenai fakta isi bensin siang atau malam. Jika Anda ingin memiliki kendaraan mobil yang awet bensin, Anda bisa beli mobil dari Daihatsu. Kunjungi website resmi kami, Daihatsu, untuk mengetahui informasi lengkapnya. 

Dan selalu kunjungi bengkel resmi kami jika Anda ingin melakukan perawatan rutin terhadap mobil yang Anda miliki. Dengan perawatan rutin dari pihak Daihatsu, nantinya mobil akan tetap terus awet dan juga bisa dikendarai dengan baik. Yuk segera kunjungi bengkel kami sesegera mungkin!

Tips Sahabat Lainnya
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor