Logo Daihatsu
Menu

Berapa Biaya Perpanjang SIM A 2023? Ini Info Lengkap & Cara Membuatnya

Otomotif

2023-08-01

Berapa Biaya Perpanjang SIM A? Ini Info Lengkap & Cara Membuatnya

Berapa biaya perpanjang SIM A 2023? Apakah sama dengan tahun sebelumnya? Yuk ketahui info selengkapnya di bawah ini.

Berapa Biaya Perpanjangan SIM A di Tahun 2023? 

Biaya perpanjang SIM A di tahun 2023 masih sama dengan tahun sebelumnya, yakni Rp80.000. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 76. Th 2020 mengenai tarif biaya perpanjang SIM. Adapun biaya tambahan seperti biaya registrasi sebesar Rp5.000, biaya cek kesehatan sebesar Rp25.000 dan biaya asuransi sebesar Rp30.000. Jadi total biaya untuk perpanjangan SIM A Rp140.000.

Syarat Perpanjangan  SIM

Jika Anda berniat hendak memperpanjang masa berlaku SIM yang akan habis, Anda perlu melengkapi beberapa persyaratan berikut.

  • Melampirkan SIM lama yang masih berlaku (maksimal masa berlaku SIM H-1 dari masa kedaluwarsa SIM) beserta fotokopinya. Apabila Anda melakukan perpanjangan SIM melebihi batas kedaluwarsa SIM, maka SIM dinyatakan hangus atau mati. Jadi Anda wajib melalukan pembuatan SIM baru lagi.
  • Melampirkan KTP beserta fotokopiannya.
  • Surat keterangan sehat dari dokter yang bekerja sama dengan pihak Satpas. Anda bisa bisa mendapatkan surat tersebut dengan melakukan tes kesehatan di Satpas, atau di Simling, bahkan SIM corner. Untuk  Anda yang melakukan perpanjangan SIM secara online, Anda bisa mendapatkan surat keterangan sehat tersebut secara online melalui situs atau aplikasi e-Rikkes.
  • Surat keterangan lulus tes psikologi. Surat ini bisa Anda dapatkan setelah Anda melakukan uji tes psikologi secara offline melalui Satpas, SIM Corner, atau mobil Simling. Anda juga bisa melakukan tes psikologi tersebut secara online melalui situs ePPsi SIM atau aplikasi ePPSi SIM.
  • Mengisi formulir permohonan pengajuan perpanjangan SIM. Formulir ini bisa Anda isi secara langsung saat mengunjungi Satpas, SIM Corner, hingga Simling. Jika Anda melakukan perpanjangan SIM secara online, formulir ini bisa Anda dapatkan melalui situs resmi yang telah disediakan oleh Korlantas Polri seperti http://sim.korlantas.polri.go.id

Baca Juga : SIM Mati Apa Bisa Diperpanjang? Ini Cara Mengurus Terbaru

Cara Perpanjangan SIM

Cara perpanjangan SIM ada dua cara yaitu secara offline dan online. Berikut cara selengkapnya.

1. Cara perpanjangan SIM secara offline

Cara pertama, bisa Anda lakukan secara offline. Berikut langkah-langkahnya.

  • Kunjungi Satpas, SIM Corner atau Simling terdekat di wilayah domisili Anda.
  • Pastikan Anda sudah melengkapi seluruh persyaratan perpanjangan SIM.
  • Isi formulir permohonan pengajuan perpanjangan SIM.
  • Lakukan pembayaran perpanjangan SIM sesuai dengan jenis SIM yang Anda perpanjang.
  • Lakukan perekaman sidik jari dan foto.
  • Tunggu sebentar, hingga petugas memberikan SIM. Apabila blanko SIM kosong, maka Anda akan di informasikan kembali mengenai jadwal pengambilan SIM.

2. Cara perpanjangan SIM secara online

Adapun cara perpanjangan SIM secara online sebagai berikut.

  • Buka halaman pencarian di smartphone Anda lalu kunjungi situs http://sim.korlantas.polri.go/devregi. Jika Anda ingin melakukan perpanjangan SIM online melalui aplikasi, Anda tinggal mengunduh aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR) melalui Playstore.
  • Lakukan registrasi SIM online dengan klik menu register atau pendaftaran dan pilih “Perpanjang SIM” pada menu yang tersedia.
  • Isi semua informasi yang diminta pada kolom formulir dan isi kode verifikasi sesuai kolom verifikasi. Lalu klik “kirim”.
  • Tunggu sebentar hingga email Anda mendapatkan notifikasi telah melakukan registrasi beserta kode tagihan pembayaran perpanjangan SIM.
  • Lakukan pembayaran, jangan lupa simpan bukti pembayaran tersebut untuk Anda berikan ke petugas.
  • Kunjungi Satpas, SIM Corner, atau Simling untuk melakukan pengambilan SIM. Jangan lupa bawa seluruh berkas persyaratan perpanjangan SIM,  beserta bukti pembayaran dan registrasi. Serahkan semua berkas tersebut ke petugas, lalu lakukan perekaman sidik jari dan foto SIM. 
  • Tunggu hingga petugas memanggil nama Anda untuk melakukan pengambilan SIM yang sudah Anda perpanjang.

Bagaimana? Cara di atas sangat mudah bukan. Yuk cobain sekarang juga!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Harga Daihatsu Charade, Mobil Klasik untuk Koleksi Terbaik

2021-03-15

Memburu mobil klasik merupakan hobi yang cukup menyenangkan. Salah satu yang menjadi incaran para kolektor adalah Daihatsu Charade, baik versi turbo atau standar. Harga

thumbnail

5 Cara Membersihkan Radiator Mobil agar Senantiasa Awet Tahan Lama

2021-08-01

Pada sebuah mobil, radiator berperan penting sebagai unit penstabil suhu di dalamnya. Inilah mengapa bagian yang satu ini harus senantiasa dirawat dan dibersihkan. Cara

thumbnail

E-Tilang – Cek Info dan Cara Pembayaran

2020-12-03

E-Tilang atau tilang elektronik adalah sistem tilang yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan CCTV pada lampu lalu lintas sebagai pengawas menggantikan petug

thumbnail

Anti Ribet, Yuk Simak 4 Cara Membuat Cetakan Bumper Mobil Dari Fiber

2021-01-06

Sering kali tampilan mobil standar dirasa agak kurang memuaskan bagi pemilik mobil. Tak ayal, mereka pun melakukan perbaikan bumper untuk mengubah tampilan mobil. Bahkan