Logo Daihatsu
Menu

Berikut Tanda-tanda belt Transmisi CVT Akan Putus

Otomotif

2022-04-23

Belt Transmisi CVT Putus

Semua komponen yang ada pada motor sudah seharusnya dijaga dengan baik. Bahkan saat terdapat kerusakan harus segera diperbaiki atau diganti dengan yang baru. Hal ini berlaku juga pada belt transmisi CVT. Akan sangat membahayakan pengendara jika belt transmisi CVT putus.

Belt transmisi CVT ini memiliki fungsi penting yaitu sebagai salah satu bagian yang digunakan sebagai penghantar daya mesin ke sistem penggerak. Tentunya komponen ini memiliki masa kadaluarsa. Jika tidak segera diganti dengan yang baru maka bisa membahayakan Anda saat mengendarai motor.

Tanda Belt Transmisi CVT Putus

Komponen berupa belt transmisi CVT ini bisa membahayakan. Pada saat putus, maka motor bisa langsung berhenti mendadak, meskipun dalam kondisi motor hidup. Agar hal ini tidak terjadi pada Anda, maka saat terdapat tanda-tanda bahwa belt akan segera putus dan segera ganti belt yang baru.

Selain itu Anda jangan terlalu malas untuk mengecek kondisi motor sebelum digunakan. ini dilakukan agar keadaan motor dalam kondisi terbaik sebelum digunakan. Anda sebaiknya mengetahui apa saja tanda saat belat transmisi CVT putus. Simak ulasannya berikut ini.

1. Muncul Bunyi

Pertanda belt akan putus, biasanya muncul bunyi pada bagian boks CVT saat akselerasi awal. Selain itu juga muncul bunyi berupa decitan pada sesaat setelah motor Anda dijalankan. Bunyi seperti ini tidak akan terjadi saat kondisi motor Anda dalam kondisi terbaik. Jika motor Anda mengalami bunyi tersebut, maka segera periksa bagian beltnya.

2. Tarikan Motor Terasa Kaku

Kondisi motor yang normal, tarikannya akan terasa mulus dan normal. Namun berbeda halnya jika beltnya akan putus, maka Anda akan merasa tarikannya kaku dan kasar tidak seperti biasanya. Selain itu, tarikan motor Anda juga akan terasa seperti baru keluar dari rendaman banjir.

Hal seperti ini dapat menjadikan Anda merasakan kurang nyaman dan was-was saat mengendarai motor. Agar tidak membahayakan Anda, maka segera periksa sebelum belt benar-benar putus saat motor Anda pakai.

3. Motor Terasa Kurang Mulus

Pada saat mengendarai motor, Anda pastinya akan memacunya dalam kecepatan tertentu. Pertanda belt akan putus umumnya pada kecepatan yang tinggi, jalannya motor akan terasa sulit dan tidak lagi mulus.

Saat kondisi ini terjadi, motor akan terasa seperti kampas kopling sudah mencapai titik penghabisan. Selain itu, RPM akan mengalami kenaikan dalam waktu singkat, namun kecepatan motor Anda tidak mengalami penambahan.

4. Terdapat Getaran Pada Motor

Pertanda terakhir yang bisa dijadikan sebagai patokan adalah dengan mendeteksi adanya getaran pada motor Anda. akan tetapi, getaran pada motor yang disebabkan belt akan putus tidak dapat dijadikan sebagai patokan utama. Hal ini dikarenakan getaran bisa saja menghilang dalam beberapa waktu saja.

Itulah beberapa tanda belt transmisi CVT putus yang perlu Anda waspadai. Jika mengalami beberapa tanda di atas, maka langsung periksa bagian beltnya. Apabila terdapat kondisi belt yang terlihat akan putus. Segera diperbaiki dan jangan gunakan motor tersebut sebelum belt diganti dengan yang baru.

Informasi otomotif seperti ini bisa menambah wawasan Anda semakin luas. Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya dengan mengunjungi web resmi Daihatsu

Dengan mengunjungi dealer kami, kendaraan Anda juga akan mendapatkan penanganan yang tepat. Ada banyak informasi seputar otomotif yang bisa Anda baca, bahkan informasi ini akan terus diupdate secara berkala. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Cara Mengemudi Mobil Manual Di Tanjakan

2022-04-23

Melenggang di jalan perkotaan yang cenderung mulus dan rata mungkin adalah pekerjaan sederhana bagi sebagian orang, namun bagaimana jika Anda harus menempuh rintangan be

thumbnail

Pelanggaran Lalu Lintas: Pengertian, Jenis, Pasal, dan Dendanya

2022-04-23

Pelanggaran lalu lintas adalah salah satu problema yang terjadi di kota-kota besar di Indonesia. Bentuknya bisa beraneka ragam. Mulai dari menerobos lampu merah, tidak membawa surat-surat penting s

thumbnail

Cara Merakit Subwoofer untuk Mobil yang Baik

2022-04-23

Subwoofer merupakan salah satu jenis speaker yang berfungsi untuk menerima musik dengan frekuensi rendah. Jenis speaker satu ini dinilai sangat nikmat jika digunakan unt

thumbnail

Cara Memperbaiki Subwoofer yang Mati

2022-04-23

Subwoofer merupakan salah satu komponen di dalam mobil yang dibutuhkan untuk membuat suasana mobil lebih hidup. Ketika subwoofer rusak, rasanya mobil menjadi sepi. Ada y