Logo Daihatsu
Menu

Bingung Cara Berhenti di Lampu Merah pada Mobil Manual? Simak di Sini!

Otomotif

2023-10-30

Bingung Cara Berhenti di Lampu Merah pada Mobil Manual? Simak di Sini!

Cara berhenti di lampu merah mobil manual lebih sulit daripada mobil matik. Pasalnya mobil dengan transmisi manual memiliki sistem pengoperasian yang lebih kompleks dibandingkan mobil transmisi matik. Hal ini karena mobil transmisi manual memiliki tiga pedal, yakni pedal rem, pedal gas, dan pedal kopling. Agar kenyamanan dan keamanan berkendara terjaga, pengemudi harus fasih dalam mengoperasikan ketiga pedal tersebut. 

Cara Berhenti di Lampu Merah untuk Mobil Manual

Ketika Anda bepergian menggunakan mobil manual, ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan ketika hendak berhenti di lampu merah. Berikut cara selengkapnya.

1. Menjaga kecepatan

Ketika Anda hendak berhenti di lampu merah menggunakan mobil manual, Anda perlu menjaga kecepatan mobil. Apalagi jika Anda sedang melakukan perjalanan di daerah yang kurang familiar atau di persimpangan jalan. 

2. Melepas pedal gas secara perlahan

Ketika Anda melihat rambu yang menunjukkan bahwa akan ada persimpangan. Maka Anda harus bersiap-siap untuk melepas pedal gas secara perlahan. Langkah ini perlu Anda lakukan agar perputaran mesin berkurang sehingga mobil dapat melaju lebih lambat dan pelan. Anda bisa memindahkan kaki kanan Anda ke area pedal rem untuk menyesuaikan keadaan. Hindari mengerem secara mendadak apabila tidak tidak diperlukan karena dapat membuat mobil Anda menabrak kendaraan lain yang berada di depan mobil Anda. 

3. Menginjak pedal rem secara perlahan

Apabila persimpangan atau lampu merah sudah terlihat semakin dekat, Anda perlu menginjak pedal rem secara perlahan. Pastikan tekanan injakan pedal rem selaras dengan tekanan pedal kopling agar putaran mesin dapat diimbangi. 

4. Hindari memaksakan diri berada di posisi terdepan

Ketika jarak lampu merah sudah sangat dekat, Anda dilarang untuk memaksakan diri berada di posisi terdepan. Sebab, jika ada kendaraan lain yang berada di depan mobil Anda, bisa berisiko mobil Anda menabrak kendaraan tersebut. Carilah posisi yang aman, Anda bisa berhenti sejenak di belakang kendaraan tersebut dengan rapi dan jaga jarak.

Hindari juga untuk memaksakan diri pindah lajur apabila lampu merah dalam keadaan ramai. Sebaiknya, Anda kurangi gigi transmisi mobil Anda, pastikan berada pada gigi transmisi 1.Hal tersebut perlu dilakukan agar torsi mobil sesuai dengan kebutuhan mobil ketika hendak melaju. 

5. Kendalikan kopling dengan tepat

Apabila durasi pemberhentian di lampu merah terbilang lama, Anda bisa memindahkan tuas transmisi ke posisi netral. Tekan kopling secara penuh pada kondisi tersebut sebelum melepaskannya. Pastikan rem tangan dalam kondisi aktif ketika mobil dalam keadaan netral selama lampu merah berlangsung. 

Namun, apabila durasi lampu merah terbilang singkat, maka Anda hanya perlu menekan kopling hingga lampu merah tersebut berubah menjadi lampu hijau. Pastikan tuas transmisi berada pada gigi 1 ketika menginjak penuh pedal kopling. Ketika lampu sudah berubah warna dari merah ke hijau, Anda tinggal melepas secara perlahan pedal kopling. Kemudian, Anda injak pedal gas secara perlahan. Hindari mendahului kendaraan yang berada di depan mobil Anda. Hindari juga menyalakan klakson apabila tidak diperlukan. 

Baca Juga : Cara Menyetir Mobil Manual di Tanjakan Macet Agar Tidak Mundur

Demikian beberapa cara yang bisa Anda contoh ketika berhenti di lampu merah menggunakan mobil manual. Agar kenyamanan dan keselamatan Anda terjaga, Anda perlu menaati semua rambu lalu lintas. Dan jangan lupa untuk melakukan servis secara rutin dan berkala di bengkel resmi Daihatsu sebelum melakukan perjalanan jauh. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengenal Komponen Rem Cakram Mobil: Mulai dari Kaliper hingga Minyak Rem

2020-12-22

Komponen rem cakram mobil adalah bagian-bagian pada rem cakram mobil yang bikin rem tersebut maksimal fungsinya. Fungsi rem cakram sendiri tak lain adalah memperpendek j

thumbnail

Wajib Tahu! Ini Cara Pasang Audio Mobil Bagi Pemula yang Benar

2021-03-24

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang banyak diminati masyarakat. Beberapa orang bahkan ada yang menganggap mobil sebagai rumah kedua sehingga perlu dilengkapi denga

thumbnail

Cara Balik Nama Motor, Biaya dan Syarat Terbaru 2023

2023-01-17

Membeli kendaraan bermotor second atau bekas kini sudah menjadi tren di berbagai kalangan. Mengingat harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kendaraan yang masih hangat keluar dari pabri

thumbnail

ETLE Tilang: Sistem Elektronik yang Membuat Tilang Lebih Efisien

2023-10-30

Pada tahun 2023 ini, ETLE Tilang serentak diselenggarakan di seluruh Indonesia. Meski begitu tidak semua pengguna kendaraan bermotor memahami sistem tilang terbaru i