Logo Daihatsu
Menu

Cara Menyetir Mobil Manual di Tanjakan Macet Agar Tidak Mundur

Tips & Trick

2022-10-21

Cara Menyetir Mobil Manual di Tanjakan Macet

Bagi  pengendara mobil manual pemula, kondisi macet saat di tanjakan bisa membuat berkeringat dan panas dingin. Saking paniknya, mobil justru mundur dan menabrak mobil di belakangnya. Jika salah menginjak pedal, akan keluar bau kampas kopling yang sangat menyengat. Jangan sampai Sahabat panik, ikuti cara menyetir mobil manual di tanjakan macet dibawah ini, ya!

Saat terjadi antrian di gedung parkir bertingkat, mobil Sahabat tiba-tiba mundur atau macet. Terlebih mobil yang Sahabat kendarai bertransmisi manual, ditambah Sahabat seorang pengendara pemula. Jangan panik dulu, Sahabat dapat mengikuti tips mengemudi mobil manual saat macet, terlebih saat berada di tanjakan. 

Penasaran bagaimana caranya? Simak informasi selengkapnya dibawah ini!

8 Cara Menyetir Mobil Manual Saat Macet di Tanjakan

Menyetir mobil manual memang membutuhkan keahlian dan kesabaran ekstra. Sahabat harus mampu mengatur kecepatan dengan sering mengoper gigi. Apalagi ketika Sahabat harus menyetir di jalanan yang menanjak. Keadaan makin diperparah dengan kemacetan yang terjadi, sehingga mobil  harus diberhentikan. 

Nah, langsung saja ikuti langkah-langkah cara menyetir mobil manual saat macet di tanjakan, berikut ini :

1. Pastikan tingkat kemiringan tanjakan

Hal pertama yang harus Sahabat pastikan ketika berkendara di jalanan menanjak adalah tingkat kemiringan medan.

Sahabat bisa memilih persneling sedang jika kemiringan medan yang dilalui tidak terlalu ekstrem. Jika medan yang Sahabat lalui memiliki kemiringan yang ekstrem, Sahabat dapat memakai persneling gigi rendah.

Baca Juga :  Cara Menyetir Mobil Matic Saat Macet yang Benar dan Tetap Aman

2. Terjadi kemacetan pada kondisi menanjak

Ketika Sahabat mengemudi dan melewati jalanan menanjak, sedangkan di area tersebut terjadi kemacetan, Kamu harus siap-siap memakai rem dan posisikan gigi rendah. Sahabat bisa menerapkan tiga metode pengereman.

Sahabat bisa mencoba metode ini dimulai dengan rem tangan, lalu rem kaki dan memakai 'setengah' kopling kalau naik mobil manual. Kamu harus sering berlatih supaya bisa menerapkan metode ini, karena memang sulit untuk dilakukan.

3. Melakukan handbrake untuk menghadapi kemacetan panjang

Ketika Sahabat sedang berkendara dan menemui kemacetan di posisi menanjak, pilih teknik mengerem tangan daripada rem kaki dan memakai setengah kopling.

Hal ini akan mengantisipasi kalau kaki lelah untuk menekan rem. Sahabat juga harus dalam kondisi prima saat mengemudi mobil, khususnya dalam perjalanan jarak jauh.

4. Gunakan rem kaki saat berhenti dalam waktu yang singkat

Kaki yang sering menempel di pedal kopling bisa membuat kopling aus, sehingga dibutuhkan teknik pengereman kaki yang dikombinasikan dengan permainan pedal gas dan kopling, terlebih jika Sahabat di kondisi lalu lintas yang tak terlalu macet.

Jika keadaan tidak macet total, Sahabat harus mahir memainkan buka-tutup gas, hingga arus lalu lintas lancar kembali. 

5. Beri jarak dengan kendaraan lain

Untuk keamanan, selalu beri jarak yang ideal dengan kendaraan lain saat berkendara di tanjakan. Jarak sebisa mungkin tidak terlalu dekat atau jauh.

Hal ini akan mengantisipasi Sahabat dari tabrakan, karena tidak mengetahui apakah mobil di depan atau di belakang siap menghadapi hal-hal tak terduga. Dengan memberikan jarak, maka Sahabat memiliki lebih banyak waktu untuk bereaksi pada suatu kondisi berbahaya.

Baca Juga : 4 Cara Mengendarai Mobil Matic Di Tanjakan Macet

6. Cara menggunakan rem tangan

Ketika Sahabat memutuskan untuk menggunakan rem tangan, posisikan kaki kiri Sahabat pada pedal kopling dengan menginjaknya secara full.

Sedangkan kaki kanan tetap bersiaga menginjak pedal gas, sementara tangan kiri bersiap mengendalikan tuas rem tangan.

Ketika mobil sedang berhenti, tarik rem tangan dan injak pedal kopling hingga mobil tertahan di tanjakan namun mesin masih hidup. Posisikan selalu gigi mobil Sahabat ada pada posisi 1.

Ketika mobil akan jalan, tekan lock pada tuas rem tangan dan secara perlahan turunkan rem tangan. Kemudian secara bersamaan, injak pedal gas hingga sekitar 2000 RPM disertai mengangkat kopling hingga posisi setengah (jangan lepas keseluruhan).

Karena Sahabat memilih menggunakan sistem setengah kopling, jagalah RPM mesin di atas 2000 RPM dengan kecepatan mobil yang tidak terlampau tinggi.

Ketika mobil di depan Sahabat kembali berhenti, langsung angkat tuas rem tangan dan injak pedal kopling. Perlu Sahabat ingat, lakukan langkah pengaturan rem tangan dan kopling bersamaan agar mobil tidak mundur.

7. Cara menggunakan pedal rem

Jika Sahabat ingin menggunakan teknik ini, disarankan untuk yang sudah expert mengendalikan mobil manual. Ketika mobil terhenti di tanjakan, injak kopling dengan kaki kiri dan injak pedal rem dengan kaki kanan.

Saat akan jalan, pindahkan kaki kanan ke pedal gas sambil langsung menekannya hingga RPM sekitar 2000 dengan cepat. Secara bersamaan, angkat pedal kopling pada posisi setengah agar mobil tidak mundur ke belakang.

8. Cara menginjak pedal rem dan kopling bersamaan

Teknik ini hanya bisa dilakukan ketika mobil Sahabat memiliki pedal kopling dan rem yang berdekatan. Saat berhenti di tanjakan, injak dua pedal sekaligus, yakni pedal rem dan kopling menggunakan kaki kiri, otomatis mobil berhenti dan mesin masih hidup. Gunakan transmisi di posisi gigi 1.

Ketika mobil akan jalan, injak pedal gas hingga sekitar 2000 RPM dan secara bersamaan, angkat kaki kiri untuk mengangkat kopling dan rem secara perlahan hingga posisi setengah.

Gunakan teknik setengah kopling namun pedal rem juga telah stand by, dan ketika mobil di depan berhenti, Sahabat langsung menekan kaki kiri untuk memberhentikan mobil tanpa mematikan mesin.

Sebelum Sahabat benar-benar mengalami kondisi macet saat di tanjakan, terlebih Sahabat menggunakan mobil manual, ikuti cara menyetir mobil manual saat macet, pelajari caranya, dan praktekkan secara langsung tentunya dengan simulasi.

Jika Sahabat benar - benar mengalami kondisi tersebut di jalanan, jangan panik dan ikuti petunjuk sebagaimana ketika Sahabat belajar mengemudi.

Baca juga : Cara Menyetir Mobil Manual Saat Banjir dengan Mudah 


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Cara Merawat Mobil yang Jarang Digunakan dalam Waktu yang Lama

2020-10-25

Banyak orang dengan berbagai kesibukan membuat mereka jarang menggunakan mobil pribadinya. Biasanya alasan paling utama karena sedang diluar kota atau beraktivitas denga

thumbnail

7 Fakta Sejarah dan Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

2021-01-14

Momen bersejarah pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia selalu ditandai oleh pembacaan teks proklamasi. Berbeda dari upacara bendera yang biasa dilakukan secara rutin,

thumbnail

7 Dampak Sampah Plastik di Laut yang Berbahaya Bagi Kehidupan

2020-11-13

Indonesia masih menjadi negara kedua yang memproduksi sampah terbanyak di dunia. Hal ini bukan hanya menjadi perhatian negara, tapi juga masyarakat internasional. Tidak sedikit pihak-pihak yang ber

thumbnail

Cara Membuat Pewangi Mobil Alami dan 5 Jenis Bahannya

2021-01-14

Bagian kabin mobil menjadi area yang perlu dirawat dengan baik agar kualitas udaranya tetap bersih dan nyaman. Ada beberapa orang yang tidak nyaman dengan aroma zat kimi