Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Gigi 1 2 3 4 5 Mobil Manual & Perbedaannya

Otomotif

2022-08-22

Fungsi Gigi 1 2 3 4 5 Mobil Manual & Perbedaannya

Harus diakui, menyetir kendaraan yang menggunakan transmisi manual memang tidak mudah untuk semua orang. Lebih-lebih jika Anda merupakan pemula yang sekarang baru belajar mengemudi. Tentu butuh latihan hingga berkali-kali untuk mengoperasikan gigi mobil manual. 

Fungsi gigi mobil harus diatur saat mengubah laju kendaraan, antara tangan serta kaki harus sinkron sehingga mobil tidak tersentak saat memindahkan gigi. Oleh sebab itu, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan, berikut penjelasan mengenai gigi mobil. 

Baca Juga : RPM yang Tepat untuk Pindah Gigi, Bisa untuk Mengirit BBM!

Fungsi Gigi Mobil Manual

Cara perpindahan gigi mobil manual yang halus menjadi sebuah aspek penting yang harus Anda perhatikan dengan baik. Hal ini disebabkan karena tidak sedikit pengemudi yang tidak memahami kapan waktu memindah gigi. 

Jika perpindahan gigi dilakukan tidak sesuai dengan putaran mesin, hal ini bisa menyebabkan kerusakan mesin transmisi, khususnya untuk plat kopling. Idealnya, perpindahan gigi ini tidak dilakukan sampai putaran mesin tinggi. 

Pada dasarnya, bergantung dari kebutuhan serta kondisi. Pada jalanan yang datar serta kondisi normal. Idealnya berada di angka 2000 sampai 3000 rpm. Sebaliknya, jika perpindahan dilakukan di putaran mesin tinggi, dikhawatirkan bisa merusak plat kopling. 

Tetapi, khusus pada kondisi jalanan yang menanjak ekstrim, perpindahan pada putaran mesin tinggi dapat dilakukan, karena ketika situasi tersebut, mobil memerlukan torsi besar serta napas mesin yang panjang. 

Bukan hanya mengacu putaran mesin, perpindahan gigi di mobil manual juga dapat disesuaikan dengan kecepatan mobil. Berikut fungsi dari gigi 1, 2, 3, 4, 5 pada mobil manual beserta perbedaanya, antara lain: 

Gigi 1

Gigi 1 digunakan di kecepatan 0 hingga 20 km/jam. Sehingga, gigi 1 digunakan ketika mobil berada di posisi diam sampai berjalan di kecepatan 20 km/jam. 

Gigi 2

Kemudian, jika Anda ingin menaikkan kecepatan mobil, gigi bisa dipindahkan dari gigi 1 ke gigi 2. Fungsi yang dimiliki gigi 2 ialah mengemudikan kendaraan di kecepatan 15 km/jam hingga 35 km/jam. 

Gigi 3

Sebenarnya, fungsi yang dimiliki gigi 1 2 3 4 5 yang utama ialah untuk menyesuaikannya dengan kecepatan kendaraan. Jika Anda menyetir di kecepatan 30 km/jam hingga 60 km/jam, persneling dapat dipindahkan di posisi gigi 3. 

Gigi 4

Ketika sedang berkendara di jalanan yang lengang seperti di jalan tol, terdapat batas kecepatan yang harus diikuti, yaitu antara 60 km/jam hingga 80 km/jam. 

Oleh sebab itu, Anda harus menyesuaikan tuas gigi di posisi 4 dengan kecepatan 50 km/jam hingga 80 km/jam. 

Baca Juga : Penyebab Persneling Mobil Matic yang Tidak Bisa Pindah Gigi

Gigi 5

Terakhir adalah gigi 5. Gigi 5 merupakan kecepatan maksimal yang dapat dipacu saat menggunakan kendaraan bertransmisi manual. Jika berada di posisi ini, umumnya mobil dapat melaju kencang hingga berada di kecepatan 80 km/jam.

Selain mengetahui masalah perpindahan gigi mobil manual, hal lain yang harus Anda ketahui adalah perawatan mobil.

Pastikan melakukan perawatan mobil secara berkala sehingga kondisi mobil selalu prima dan dapat digunakan untuk mengakomodasi mobilitas Anda. 

Agar mobil di service dengan baik, Anda dapat melakukan service berkala di bengkel atau dealer Daihatsu resmi. Ditangani oleh mekanik yang berpengalaman, seluruh masalah mobil Anda akan dapat ditangani dengan baik. 

Bukan hanya itu, ketika penggantian suku cadang dilakukan, Anda juga akan memperoleh suku cadang asli, sehingga tidak perlu khawatir.

Tidak memiliki waktu luang untuk service berkala? Anda dapat menghemat waktu dengan cara melakukan booking service terlebih dahulu. Sehingga Anda akan datang ke bengkel sesuai waktu yang sudah ditentukan. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Mengecat Mobil untuk Pemula yang Wajib Diketahui

2021-01-06

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, bila cat bodi kendaraan roda empat akan tampak kusam seiring berjalannya waktu dan seringnya pemakaian. 

thumbnail

Tips Memilih Mobil Box Terbaik

2021-01-05

Mobil box merupakan tipe kendaraan niaga yang fungsinya sebagai alat transportasi yang dikhususkan untuk mengangkut barang. Kehad

thumbnail

Tips Menjaga Transmisi CVT Agar Awet

2022-04-23

Menjaga transmisi CVT awet tak mem

thumbnail

Perbedaan Kaca Tempered dan Kaca Laminated untuk Mobil

2020-12-03

Ada dua jenis kaca mobil yang dikenal di dunia otomotif. Namanya, kaca tempered dan kaca laminated. Dua-duanya ini mampu meminimalkan c