Logo Daihatsu
Menu

Butuh Jual Mobil Saat Masih Kredit? Begini Tipsnya!

Otomotif

2021-08-31

kredit mobil

Mempunyai kendaraan pribadi terutama mobil, memberikan keuntungan dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan mobil dinilai lebih efisien ketika pergi bersama keluarga, karena dapat menghemat biaya perjalanan. Kredit mobil akhirnya dijalani banyak orang jika ingin memiliki mobil dengan cepat. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa jual mobil saat masih kredit.

Jika Anda masih bingung bagaimana caranya, berikut kami rangkum ulasannya.

Inilah Caranya Agar Bisa Jual Mobil Saat Masih Kredit

Saat ini banyak sekali orang yang membeli mobil dengan mudah. Bagaimana tidak? Anda bisa melakukan pembayaran secara kredit melalui leasing dengan jangka tenor yang telah ditetapkan. Tentu, jika Anda menggunakan leasing pasti ada resikonya, apalagi jika Anda tidak dapat membayar per bulannya. Pihak leasing akan menegur, bahkan mobil bisa ditarik karena tidak mampu membayar perbulannya. 

Tidak jarang, banyak orang yang pasrah ketika pada akhirnya mobil tersebut diambil oleh pihak leasing. Namun sebenarnya Anda tidak perlu khawatir, karena sekarang ada solusi agar mobil Anda terhindar dari penarikan pihak leasing.

Berikut ini adalah cara agar Anda bisa jual mobil saat masih kredit :

1. Jual ke Tempat Mobil Bekas

Menjual mobil kredit ke tempat mobil bekas menjadi solusi yang tidak banyak orang tahu. Namun dibaliknya, ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui sebagai penjual mobil kredit. Diantaranya yaitu Anda sudah melakukan pembayaran mobil kredit dengan cicilan selama 6 bulan. Perhatikan juga calon pembeli Anda, pastikan harga yang ditawarkan tidak terlalu murah agar nantinya tidak merugi.

Kemudian setelahnya, Anda bisa menghubungi leasing yang sudah tersedia pada prosedur. Jangan sesekali melakukan over kredit tanpa sepengetahuan pihak leasing. Karena nantinya akan merugikan Anda sendiri. Jika nama pemiliknya masih atas nama Anda, maka pihak leasing akan terus mengejar dan menagih cicilan mobil. 

2. Refinancing Kredit Mobil

Cara lain agar bisa jual mobil saat masih kredit adalah dengan refinancing. Maksudnya adalah Anda dapat mengalihkan cicilan mobil ke tempat leasing lain.  Jadi, cicilan yang tersisa di leasing saat ini akan dilunasi dengan leasing yang baru, begitu juga untuk proses selanjutnya. Maka cicilan akan dibayar ke leasing yang baru.  

Ada yang harus diperhatikan jika Anda ingin menggunakan cara ini, yaitu dengan mengetahui suku bunga pinjaman. Anda bisa mendapat keuntungan dengan cara mencari informasi terkait suku pinjaman yang lebih ringan daripada suku pinjaman yang lama. Bisa melalui searching di internet atau bertanya langsung dengan leasing mobil yang lain.

Kabar baiknya, pengajuan refinancing akan jauh lebih mudah jika Anda merupakan nasabah lama yang riwayat cicilan kreditnya selalu tepat waktu tanpa pernah telat. Cara bisa jual mobil saat masih kredit bukan hal yang sulit, tapi Anda harus selalu teliti dan berhati-hati agar terhindar dari risiko kredit macet setelah refinancing.

Bagaimana sahabat, setelah membaca pembahasan tersebut? Jangan khawatir lagi jika mobil kredit Anda tidak bisa dijual. Karena setiap permasalahan pasti ada solusinya. Lakukan cara tersebut agar terhindar dari kerugian. Apalagi sampai mobil ditarik oleh pihak leasing

Jika Anda penasaran terkait berbagai tips lain terkait jual mobil saat masih kredit, bisa langsung menghubungi kami melalui laman resmi dari Daihatsu. Kami juga menyediakan beragam tips lainnya yang bisa bermanfaat untuk Anda. Dan selalu konsultasikan segala masalah terkait mobil Anda sebelum dijual pada pihak kami, ya. Sehingga mobil bisa dijual dengan kondisi hampir seperti baru lagi.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Dampak Negatif Oli Gardan Mobil Tidak Pernah Diganti

2022-01-30

Di dalam mesin mobil, terdapat berbagai macam komponen. Yang mana ada beberapa komponen yang sangat penting untuk diganti secara berkala. Oli gardan termasuk di dalamnya, Tapi bagaimana jika oli ga

thumbnail

Cara Menghitung Biaya Denda Telat Bayar Pajak Mobil [2023]

2023-05-11

Setiap pemilik mobil ataupun kendaraan bermotor lainnya di Indonesia, diwajibkan

thumbnail

Penyebab dan Cara Mengatasi Fan Belt Mobil Bunyi

2023-10-10

Kenyamanan berkendara merupakan impian para pengemudi dan penumpang mobil. Namun, terkadang kenyamanan berkendara menjadi berkurang dan terganggu oleh berbagai hal,

thumbnail

5 Kiat Cerdas untuk Hindari Montir Nakal

2021-05-06

Memiliki mobil pribadi sebagai kendaraan yang setiap hari menemani ke mana pun merupakan sebuah komitmen yang begitu penting. Hal ini dikarenakan memiliki mobil tidak ha