Logo Daihatsu
Menu

Cara Baca Ukuran Ban Mobil dengan Benar, Ini Panduan Mudahnya!

Otomotif

2023-10-30

Cara Baca Ukuran Ban Mobil dengan Benar, Ini Panduan Mudahnya!

Sebagai salah satu komponen terpenting dalam kendaraan, Anda perlu tahu bagaimana cara baca ukuran ban mobil dengan tepat. Hal tersebut dikarenakan dapat membantu ketika hendak membeli ban baru agar sesuai spesifikasi kendaraan. Berikut adalah pembahasan lengkapnya.

Cara Baca Ukuran Ban Mobil dengan Tepat

Pada dasarnya, terdapat beberapa kode ukuran ban mobil dengan makna berbeda-beda. Jadi, pastikan untuk menyimak secara detail agar tidak salah membacanya.

1. Tiga digit awal

Pertama, silakan perhatikan bagian tiga digit awal. Kode tersebut merujuk pada lebar ban. Sebagai contoh, kode akan tertulis 200/60R12 80H. Dari rangkaian tersebut, angka 200 merupakan lebar atau ketebalan ban dalam satuan milimeter. Code ini akan membantu ketika hendak membandingkan bahan paling tebal untuk kendaraan.

2. Dua digit setelah garis miring

Setelah tiga digit di awal, maka dapat dilihat tanda garis miring dan diikuti 2 digit berikutnya. Angka tersebut merupakan kode dari rasio ban. Dalam contoh di atas, rasionya adalah 60. Lalu, apa fungsi dari elemen ini? Salah satu fungsi paling dasar adalah menunjukkan persentase tinggi ban atas ketebalannya.

3. Huruf setelah rasio

Di susunan berikutnya, akan ada selipan huruf ditulis dalam format kapital. Huruf tersebut menunjukkan code konstruksi dari produk. Pada contoh tersebut, R merupakan singkatan dari Radial. Selain itu, masih ada berbagai macam kode lain, silakan cari di sumber referensi lain baik itu offline maupun online.

4. Dua digit setelah huruf

Kemudian, urutan selanjutnya akan kembali ke angka lagi dalam 2 digit, sesuai contoh di atas adalah 12. Arti angka 12 di sini merujuk pada kode diameter velg dalam satuan inci. Jadi, apabila hendak mengecek ukuran velg, Anda cukup melihat 2 digit tertera setelah huruf di tengah. Apabila angka semakin besar, artinya ukuran velg juga semakin besar.

5. Dua digit terakhir

Setelah code terkait ukuran velg, bisa dilihat terdapat 2 digit angka lagi dipisahkan oleh spasi. Lalu, apa makna dari kode tersebut? Jawabannya adalah indeks beban. Indeks beban merupakan gambaran atau informasi terkait seberapa besar beban dapat ditanggung oleh setiap ban. Berikut adalah beberapa code paling sering ditemui.

  • 70 beban maksimal 335 kg
  • 74 beban maksimal 387 kg
  • 80 beban maksimal 450 kg
  • 90 beban maksimal 600 kg

6. Satu huruf terakhir

Terakhir, akan terlihat satu huruf sebagai penutup. Makna dari huruf tersebut adalah berkaitan dengan kecepatan. Code H merujuk pada speed rating. Ada berbagai macam kode lainnya seperti Q, S, T, V, W, Y, dan sebagainya. Informasi terkait hal tersebut bisa dicari di sumber referensi lainnya.

Baca Juga : Ketahui Arti Kode Kecepatan Ban Mobil dan Batasnya, Cek Disini!

Tips Membeli Ban Secara Tepat

Agar tidak salam dalam membeli, silakan ikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Sesuaikan ketebalan dan ukuran dengan kendaraan

Setiap mobil pasti memiliki spesifikasi khusus terkait pemasangan ban. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih produk sesuai dengan kendaraan. Apabila ukuran tidak sesuai, baik itu terlalu kecil maupun besar, maka risikonya cukup besar seperti mobil berpotensi mengalami kerusakan dan sebagainya.

2. Pilih desain sesuai kendaraan

Selain ukuran, Anda juga akan melihat produk dengan desain atau pola berbeda-beda. Perlu diketahui bahwa desain tersebut tidak semata-mata hanya hiasan saja, melainkan ada fungsi lebih penting terutama dalam keamanan berkendara. Jadi, silakan pilih desain secara bijak dan pastikan memiliki daya cengkeram baik di jalan.

Dari penjelasan di atas, kini Anda sudah tahu bagaimana cara baca ukuran ban mobil secara tepat. Dengan pengetahuan tersebut, maka seharusnya tidak akan ada lagi kasus salah memilih ukuran produk. Jadi, budget tidak akan terbuang secara sia-sia.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Kerja Evaporator AC Mobil & Kenali Penyebab Kebocoran

2022-07-22

Evaporator merupakan sebuah komponen yang bekerja di sistem pendingin AC mobil. Umumnya, evaporator berada di katup ekspansi serta kompresor AC. Lantas, bagaimana cara kerja evaporator ini?P

thumbnail

Apa Itu Sudut Toe, Fungsi, dan Masalahnya

2021-12-10

Apa itu sudut toe, fungsi, dan masalahnya? Pemilik mobil harus paham. Selain berkaitan dengan kenyamanan mengemudi, juga berpengaruh pada keselamatan.

thumbnail

Cara Ampuh Menghilangkan Bau Apek Pada Mobil

2022-08-23

Menghilangkan bau apek pada mobil memang menjadi PR yang tidak mudah bagi pemilik kendaraan. Bau apek yang begitu menyengat di mobil harus diatasi sesegera mungkin. Langkah menghilangkan bau apek i

thumbnail

Tips Menyetir Mobil Saat Hujan di Malam Hari yang Aman

2023-11-21

Memasuki musim hujan, para pengendara kendaraan termasuk mobil diminta untuk berhati-hati karena jalanan licin. Pasalnya menyetir saat hujan terlebih di malam hari t