Logo Daihatsu
Menu

Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil

Otomotif

2020-12-03

ukuran ban mobil

Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang mampu membaca dan memahami arti pada kode ban. Kode ini bisa dilihat pada dinding ban di sebelah paling luar.

Pada kode ban yang tertera Sahabat bisa melihat keterangan berupa dimensi, tekanan udara, suhu maksimal berputar, tahun produksi dan banyak lainnya. Kode ini berupa susunan huruf sekaligus pula angka. Adanya keterangan berupa tahun pembuatan ban juga penting karena ban memiliki masa kadaluarsa. Masa kadaluarsa ban adalah berkisar tiga tahun setelah tanggal pembuatan maupun setelah jarak tempuh 60 ribu km.

Arti Dari Ukuran Dalam Ban Mobil

Untuk memudahkan cara pembacaan dan pemahaman terkait kode ban, misalkan saja ada ban dengan kode P 185 / 70 / R14 88S. Setiap huruf dan angka tersebut memiliki makna susunannya masing-masing sebagai berikut.

1. Maksud dari Huruf P Paling Depan

Huruf P memiliki arti passenger (P) yang menunjukkan tujuan penggunaan ban tersebut untuk kendaraan apa. Jika logo yang tertera adalah P alias passenger atau penumpang, artinya ban tersebut dipakai untuk mobil jenis penumpang dan bukan mobil barang. Mobil penumpang yang termasuk seperti SUV, City Car dan MPV. Selain logo P, masih ada lagi logo lainnya seperti ST alias Special Trailer, T alias temporary dan LT alias Light Truck. Lambang T alias temporary ditujukan sebagai ban cadangan.

2. Maksud dari Angka 185

Angka 185 setelah logo P menunjukkan lebar dari tapak ban dalam satuan milimeter. Untuk angka 185 menunjukkan bahwa lebar tapak ban mobil tersebut adalah 185 mm. Lebar tapak ban memiliki pengaruh yang besar terhadap kenyamanan berkendara pengemudi. Ban dengan tapak yang lebar akan membuat mobil memiliki daya cengkram yang baik. Selain itu, akselerasi mobil juga terpengaruh oleh lebar tapak ban.

3. Maksud dari Angka 70

Angka 70 setelah P 185 menunjukkan profil dari ban mobil tersebut secara menyeluruh. Angka profil ban ini tidak tertentu alias tidak khusus untuk lebar tapak ban tertentu. Sahabat bisa saja menemukan ban dengan angka profil atau besar keseluruhan ban 70 untuk lebar tapak hanya 165. Sebaliknya, Sahabat juga bisa menemukan angka profil atau besar keseluruhan ban 70 untuk lebar tapak 195.

Lantas, bagaimanakah perhitungan angka profil ban ini terhadap lebar tapak? Caranya adalah dengan mengalikan profil ban dalam persen ke angka lebar tapak. Untuk 185 dengan profil 70 artinya profil ban sebesar 70% dikali 185 mm sehingga didapat 129,5 mm.

4. Maksud dari Kode R14

Spesifikasi ban yang Anda pilih juga harus mengikuti ukuran velg yang terpasang pada mobil Sahabat. Hal ini dikarenakan ukuran velg sudah tertentu dan setiap mobil memiliki ukuran velg yang berbeda – beda. Kode R14 ini menunjukkan kode untuk ukuran velg yang tepat. Artinya ban dengan R14 hanya bisa dipasang untuk velg mobil berukuran 14 juga dan tidak bisa selainnya. Oleh karenanya, sesuaikan ukuran velg dan juga ban mobil Sahabat.

5. Maksud dari Angka 88

Angka 88 yang tertulis setelah kode R14 untuk ukuran velg menunjukkan indeks beban berat maksimal yang dapat ditumpu oleh ban tersebut. Angka ini hanya berlaku untuk satu jenis ban saja. Untuk kode 88 sendiri menunjukkan bahwa ban tersebut mampu menumpu ukuran beban berat sebesar 450 hingga 580 kg. 

6. Maksud dari Huruf S

Spesifikasi ban juga mencakup batas kecepatan yang dapat ditempuh oleh ban tersebut. Oleh karenanya bisa disimpulkan bahwa tidak semua ban memiliki batas kecepatan yang sama. Untuk kode batas kecepatan sendiri dituliskan dengan satu buah huruf setelah angka indeks beban berat. Untuk huruf S menunjukkan bahwa batas maksimum kecepatan berkendara adalah 180 km/jam. Di pasaran, ada 9 jenis kode batas kecepatan.

Daftar Angka Indeks Berat Beban untuk Ban Mobil

Ada sepuluh indeks berat beban yang diterapkan pada ban mobil sebagai berikut:

1. Angka 62

Pada ban dengan indeks berat beban 62 menunjukkan bahwa beban maksimal yang dapat ditumpu oleh ban tersebut sebesar 265 kg.

2. Angka 63

Pada ban dengan indeks berat beban 63 menunjukkan bahwa beban maksimal yang dapat ditumpu oleh ban tersebut sebesar 272 kg.

3. Angka 64

Pada ban dengan indeks berat beban 64 menunjukkan bahwa beban maksimal yang dapat ditumpu oleh ban tersebut sebesar 285 kg.

4. Angka 66

Pada ban dengan indeks berat beban 66 menunjukkan bahwa beban maksimal yang dapat ditumpu oleh ban tersebut sebesar 300 kg.

5. Angka 68

Pada ban dengan indeks berat beban 68 menunjukkan bahwa beban maksimal yang dapat ditumpu oleh ban tersebut sebesar 315 kg.

6. Angka 70

Pada ban dengan indeks berat beban 70 menunjukkan bahwa beban maksimal yang dapat ditumpu oleh ban tersebut sebesar 335 kg.

7. Angka 73

Pada ban dengan indeks berat beban 73 menunjukkan bahwa beban maksimal yang dapat ditumpu oleh ban tersebut sebesar 365 kg.

8. Angka 75

Pada ban dengan indeks berat beban 75 menunjukkan bahwa beban maksimal yang dapat ditumpu oleh ban tersebut sebesar 387 kg.

9. Angka 80 sampai 89

Pada ban dengan indeks berat beban 80 sampai 89 menunjukkan bahwa beban maksimal yang dapat ditumpu oleh ban tersebut sebesar 450 hingga 580 kg.

10. Angka 90 sampai 100

Pada ban dengan indeks berat beban 90 sampai 100 menunjukkan bahwa beban maksimal yang dapat ditumpu oleh ban tersebut sebesar 600 sampai 800 kg.

Daftar Kode Batas Maksimal Kecepatan Ban Mobil

Ada sembilan kode batas maksimal kecepatan diterapkan pada ban mobil sebagai berikut:

1. Huruf Q

Menunjukkan batas kecepatan maksimal ban mobil sebesar 160 km/jam

2. Huruf S

Menunjukkan batas kecepatan maksimal ban mobil sebesar 180 km/jam

3. Huruf T

Menunjukkan batas kecepatan maksimal ban mobil sebesar 190 km/jam

4. Huruf U

Menunjukkan batas kecepatan maksimal ban mobil sebesar 200 km/jam

5. Huruf H

Menunjukkan batas kecepatan maksimal ban mobil sebesar 210 km/jam

6. Huruf V

Menunjukkan batas kecepatan maksimal ban mobil sebesar 240 km/jam

7. Huruf W

Menunjukkan batas kecepatan maksimal ban mobil sebesar 270 km/jam

8. Huruf Y

Menunjukkan batas kecepatan maksimal ban mobil sebesar 300 km/jam

9. Huruf Z

Menunjukkan kecepatan ban mobil di atas 240 km/jam

Memahami arti dari ukuran dalam ban mobil sangat penting agar Sahabat tidak sampai salah pilih ketika membeli ban. Selain itu, menentukan spesifikasi ban yang sesuai akan menjamin keamanan dan kenyamanan Sahabat selama berkendara menggunakan kendaraan.

Baca juga : Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil

 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ciri-Ciri Kabel Busi Bocor dan Cara Mengatasinya

2023-11-22

Kabel busi mobil bocor merupakan permasalahan yang kerap kali tidak disadari oleh pemilik mobil. Bahkan terkadang dianggap remeh, padahal kebocoran tersebut dapat me

thumbnail

Info Lengkap Pemutihan Pajak Kendaran Medan 2023, Cek Jadwalnya!

2023-10-30

Bagi warga Medan, sebaiknya rasanya harus tahu kapan waktu pemutihan pajak kendaraan Medan terbaru. Pasalnya, pemutihan dapat mengurangi atau bahkan menghapus denda

thumbnail

5 Penyebab Lampu Indikator Injeksi Mobil Menyala Terus

2022-08-26

Pada dashboard mobil biasanya akan dilengkapi dengan berbagai lampu indikator, mulai dari speedometer, lampu sein, termasuk lampu injeksi atau check engine. Biasanya, nyalanya lampu

thumbnail

Mobil MPV Terbaik Daihatsu: dari Sigra hingga Xenia

2021-01-05

Mobil MPV terbaik adalah pilihan yang harus diambil, jika hendak memiliki mobil MPV berkualitas. Saat ini, hampir semua brand punya mobil MPV terbaik. Daihatsu adalah sa