Tips Sahabat

Inilah Cara Kerja Transmisi Manual Mobil, Wajib Tahu!

09 April 2025
Inilah Cara Kerja Transmisi Manual Mobil, Wajib Tahu!

Setiap pemilik mobil dengan sistem transmisi manual sudah seharusnya mengetahui bagaimana cara kerja transmisi manual. Sebab dengan mengetahui cara kerjanya, Anda dapat mengoperasikan transmisi tersebut dengan baik beserta cara perawatannya yang tepat. Lantas bagaimana cara kerjanya? Untuk selengkapnya perhatikan ulasan berikut. 

Komponen-Komponen Transmisi Manual pada Mobil

Sebagai pemilik mobil dengan sistem transmisi manual tentunya Anda penasaran dengan bagaimana cara kerja transmisi tersebut. Namun, sebelum masuk ke pembahasan yang lebih lanjut mengenai cara kerja transmisi tersebut, alangkah baiknya Anda mengetahui komponen-komponen transmisi manual mobil. Hal tersebut perlu Anda ketahui untuk memudahkan, Anda dalam memahami cara kerja transmisi manual tersebut. Adapun komponen selengkapnya sebagai berikut. 

1. Gear shift lever (tuas transmisi)

Komponen ini berbentuk tuas yang berfungsi sebagai pemindah gigi. Komponen ini biasanya langsung terhubung dengan sistem pemindahan gigi. Apabila gear shift lever (tuas transmisi) digeser atau dipindahkan dari transmission input shaft (poros transmisi)maka tuas tersebut akan memberikan sinyal instruksi pada shift fork (garpu pemindah) untuk memindahkan gigi. 

2. Shift linkage (tuas penghubung)

Sesuai dengan namanya, shift linkage berfungsi menghubungkan bagian gear shift lever (tuas transmisi) dengan shift fork (garpu pemindah). Dengan adanya shift linkage, pengemudi bisa memilih gigi sesuai dengan kebutuhan berkendara. 

3. Shift fork (garpu pemindah)

Komponen ini berfungsi memindahkan gigi sesuai dengan instruksi pengemudi saat menggerakkan gear shift lever.

4. Transmission input shaft (poros input transmisi)

Fungsi dari transmisson input shaft biasanya menyalurkan tenaga yang diterima dari mesin menuju komponen pada sistem transmisi manual khususnya bagian gigi transmisi.

5. Gear transmission (gigi transmisi)

Komponen ini berfungsi mengatur rasio kecepatan antara input shaft (poros masuk) dan output shaft (poros keluar). Pada kendaraan dengan sistem transmisi manual, biasanya terdapat beberapa gigi. Untuk gigi pertama atau kedua biasanya berfungsi untuk meningkatkan torsi atau tenaga mesin. Sedangkan untuk gigi ketiga hingga terakhir berfungsi untuk menstabilkan putaran mesin sehingga kenyamanan berkendara terjaga dan menghemat bahan bakar. 

6. Synchronise gear (gear penyesuaian)

Komponen ini berfungsi menyesuaikan kecepatan gigi yang dipilih dengan kecepatan input shaft ataupun output shaft sehingga perpindahan gigi menjadi halus karena benturan antar permukaan gigi transmisi dapat dicegah.

Cara Kerja Transmisi Manual pada Mobil  

Setelah Anda memahami komponen-komponen yang terdapat pada sistem transmisi manual mobil. Selanjutnya, Anda perlu mengetahui cara kerja dari transmisi tersebut. Adapun cara kerja selengkapnya sebagai berikut. 

1. Menggunakan tuas transmisi untuk mengatur perpindahan gigi 

Cara kerja transmisi manual pada mobil, dimulai dari pemindahan tuas transmisi atau tuas persneling oleh pengemudi. 

Pada mobil dengan sistem transmisi manual biasanya memiliki tiga hingga enam percepatan gigi dan satu gigi untuk mundur (R/Reverse gear). 

Gigi satu berfungsi untuk menggerakkan mobil pada kecepatan 0-20 km/jam. Gigi dua berfungsi untuk menggerakkan mobil pada kecepatan 20-35 km/jam. Kedua gigi tersebut biasanya digunakan saat mobil mulai dijalankan atau untuk meningkatkan torsi. Sedangkan gigi tiga berfungsi untuk menggerakkan mobil pada kecepatan 35-45 km/jam. Dan untuk gigi keempat dan kelima berfungsi untuk meningkatkan kecepatan laju mobil antar 65-100 km/jam saat melintasi jalan tol. 

Baca Juga: Penyebab Persneling Mobil Matic yang Tidak Bisa Pindah Gigi

2. Menggerakkan pedal kopling dan gas dengan selaras

Agar sistem transmisi manual dapat bekerja dengan baik, maka pengemudi harus menggerakkan pedal kopling untuk menyambungkan atau memutuskan tenaga dari mesin menuju sistem transmisi. Bersamaan dengan hal tersebut, gas juga harus disesuaikan dengan tenaga dan torsi yang dibutuhkan saat berkendara. 

Demikian ulasan mengenai cara kerja transmisi manual mobil. Apabila transmisi mobil Anda bermasalah segera servis di bengkel resmi Daihatsu

Tips Sahabat Lainnya
Berapa Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil? Ini Estimasi dan Cara Gantinya
Berapa Biaya Ganti Kampas Kopling Mobil? Ini Estimasi dan Cara Gantinya
Kampas kopling merupakan komponen penting dalam mobil transmisi manual yang berfungsi untuk memungkinkan perpindahan gigi. Seiring dengan lamanya pemakaian, kampas kopling akan mengalami aus dan memer
perbedaan spooring dan balancing
Perbedaan Spooring dan Balancing, Fungsi, serta Biayanya
Spooring dan balancing menjadi salah satu tindakan perawatan mobil yang penting untuk dilakukan. Perawatan ini bertujuan untuk menjaga kaki-kaki mobil agar bekerja dengan baik dan op
Cara Membuka Blokir ETLE, Mudah dan Cepat!
Cara Membuka Blokir ETLE, Mudah dan Cepat!
Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau yang biasa disebut tilang elektronik merupakan sistem yang dibuat untuk mempermudah kepolisian menemukan pelanggaran-pelanggaran lalu lintas di
Cara Klaim Santunan Jasa Raharja, Ini Syarat dan Prosedurnya
Cara Klaim Jasa Raharja Kecelakaan, Ini Syarat dan Prosedurnya
Korban kecelakaan bisa mendapatkan santunan Jasa Raharja dari pemerintah. Program santunan ini diberikan kepada korban kecelakaan, baik itu yang meninggal dunia, mengalami cacat tetap, maupun yang luk
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami