Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Input Shaft pada Mobil dan Cara Kerjanya, Yuk Pahami

Otomotif

2023-05-23

Fungsi Input Shaft pada Mobil dan Cara Kerjanya, Yuk Pahami

Memahami apa saja fungsi input shaft pada mobil beserta cara kerjanya merupakan sebuah keharusan. Terutama bagi pemilik mobil dengan jenis transmisi manual. Sebab komponen transmisi ini memiliki peranan yang cukup penting. Lantas apa saja fungsinya? Dan bagaimanakah cara kerjanya? Untuk mengetahuinya, mari perhatikan ulasan berikut ini.

Fungsi Input Shaft pada Mobil 

Input shaft memiliki fungsi penting dalam mobil, yaitu sebagai komponen pembantu yang membantu memutar gigi di dalam gearbox mobil. Seperti diketahui, input shaft merupakan sumbu atau poros yang terhubung dengan kopling. Nantinya tenaga mesin yang berasal dari kopling akan dialirkan ke bagian input shaft, dan tenaga tersebut akan diteruskan ke bagian gearbox (roda gigi).

Cara Kerja Input Shaft pada Mobil

Cara kerja input shaft pada mobil bisa dibilang cukup sederhana. Ketika pengemudi melakukan perpindahan tuas transmisi atau perpindahan gigi, maka input shaft baru bisa mulai bekerja. Mengapa demikian? Sebab input shaft merupakan komponen yang terhubung langsung dengan bagian gigi. Ketika Anda mengganti gigi mobil Anda, maka input shaft merupakan komponen yang pertama dan otomatis bersinggungan dengan perpindahan gigi. Dengan begitu, perpindahan gigi akan terasa lebih halus, sehingga mobil dapat dikendalikan dengan mudah.

Komponen-Komponen Lain yang Membantu Kinerja Input Shaft

Agar sistem transmisi mobil dapat bekerja dengan optimal, tentu input shaft membutuhkan bantuan dari komponen transmisi lainnya. Berikut beberapa komponen pembantu kinerja input shaft yang perlu Anda ketahui. 

1. Output shaft

Berfungsi sebagai wadah persneling mobil. Output shaft nantinya akan memudahkan perpindahan torsi dari bagian transmisi mobil menuju gigi terakhir mobil.

2. Counter gear

Berfungsi sebagai penghasil torsi yang berasal dari gigi input ke gigi percepatan.

3. Reverse gear

Berfungsi sebagai pengubah putaran output shaft sehingga mobil mudah dikendalikan saat mundur.

4. Speedometer gear

Berfungsi sebagai indikator kecepatan mobil. Dengan begitu pengemudi mobil dapat memantau kecepatan berkendara sehingga pengemudi bisa tahu kapan kecepatan harus ditambah dan dikurangi.

5. Synchronizer

Berfungsi sebagai pemindah gigi transmisi ketika mobil sedang bermanuver. Dengan begitu, gigi dapat dipindahkan dengan aman, dan mudah walaupun mobil dalam kondisi melaju.

6. Hub slave

Berfungsi untuk menyesuaikan atau mengunci gigi percepatan sehingga dapat mengatur fungsi output shaft untuk berhenti atau berputar. 

7. Main bearing

Berfungsi sebagai peredam gesekan antar komponen transmisi. Gesekan yang besar tersebut akan dikurangi sehingga tidak merusak permukaan komponen transmisi yang saling bergesek. Dengan begitu usia komponen transmisi lebih panjang dan tidak mudah aus.

8. Bak transmisi

Berfungsi sebagai wadah penyimpanan oli transmisi dan bantalan bearing beserta porosnya. 

9. Shift linkage (tuas penghubung)

Berfungsi menghubungkan shift fork (garpu pemindah) dengan tuas transmisi. 

10. Shift fork (garpu pemindah)

Berfungsi sebagai pemindai gigi dari porosnya, sehingga proses pemindahan gigi transmisi menjadi mudah.

11. Gigi transmisi

Berfungsi mengubah input tenaga mesin mobil menjadi torsi ketika dikeluarkan. Perpindahan gigi transmisi ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi. Apabila mobil perlu melaju dengan kecepatan yang lebih tinggi, biasanya gigi transmisi akan diubah ke gigi yang lebih tinggi.

12. Tuas transmisi

Berfungsi sebagai pusat kendali transmisi, apabila pengemudi ingin mendapatkan gigi yang lebih tinggi maka pengemudi menggerakkan tuas ke posisi gigi yang lebih tinggi.

Demikian ulasan mengenai input shaft beserta komponen transmisi manual lainnya. Mengingat fungsi transmisi manual yang cukup penting dalam mengendalikan tenaga mesin dan torsi. Sebaiknya, Anda selalu mengecek kondisi komponen transmisi secara rutin dan berkala. Jika komponen tersebut aus, segera lakukan perbaikan di bengkel Daihatsu terdekat. Sebab bengkel Daihatsu memiliki mekanik yang profesional, peralatan perbaikan yang lengkap, serta menyediakan suku cadang yang terjamin keasliannya. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mau Beli Mobil Bekas, Perhatikan 5 Hal Ini

2020-12-03

Banyak orang yang memilih mobil bekas dengan alasan murah. Namun untuk membeli mobil bekas harus memiliki beberapa pertimbangan. Mengingat bukan kondisi baru, jadi kita

thumbnail

Tanda Platina Mobil Rusak yang Perlu Diwaspadai

2020-12-02

Mobil tak bisa nyala, mati mendadak sampai terasa tak bertenaga merupakan tanda platina mobil rusak. Sahabat harus memahami soal tanda-tanda ini biar nggak terjadi kerusakan mesin yang cukup parah.

thumbnail

Sabuk Pengaman Penting untuk Mengurangi Risiko Kecelakaan

2021-02-18

Siapa yang masih mengabaikan pentingnya sabuk pengaman untuk keselamatan dalam berkendara? Semoga kamu bukan salah satunya, ya, Sahabat. Sabuk pengaman merupakan benda y

thumbnail

Yuk Cari Tahu Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil

2021-01-02

Di masa sekarang, AC mobil adalah komponen